Hakikat Pendidikan Matematika

Authors

  • Nur Rahmah STAIN Palopo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/jpmipa.v1i2.88

Keywords:

Hakikat Pendidikan, Matematika.

Abstract

Matematika merupakan salah satu bidang studi yang dijarkan di Sekolah. Baik Sekolah dasar, Sekolah Mengengah Pertama dan Sekolah Menengah Umum. Seorang guru yang akan mengajarkan matematika kepada siswanya, hendaklah mengetahui dan memahami objek yang akan diajarkannya, yaitu matematika. Matematika yang diajarkan di jenjang persekolahan yaitu Sekolah Dasar, Sekolah Menengah Pertama dan Sekolah Menengah Umum disebut Matematika Sekolah. Sering juga dikatakan bahwa Matematika Sekolah adalah unsur-unsur atau bagian-bagian dari Matematika yang dipilih berdasarkan atau berorientasi pada kepentingan kependidikan dan perkembangan IPTEK. Matematika manakah yang dipilih? Matematika yang dipilih adalah matematika yang dapat menata nalar, membentuk kepribadian, menanamkan nilai-nilai, memecahkan masalah, dan melakukan tugas tertentu.

References

Andi Hakim, N. (1980). Landasan Matematika, Jakarta : Bharata Aksara.

Cockroft, W.H. 1986. Mathematics Counts. London: HMSO.

Cooney, T.J., Davis, E.J., Henderson, K.B. 1975. Dynamics of Teaching Secondary School Mathematics. Boston : Houghton Mifflin Company.

Copi, I.M. 1978. Introduction to Logic. New York: Macmillan.

Depdiknas – Pusat Kurikulum – Balitbang. 2002. Kurikulum Berbasis Kompetensi Mata Pelajaran Matematika. Jakarta.

Depdiknas. 2006. Permendiknas Nomor 22 Tahun 2006 Tentang Standar Isi Sekolah Menengah Atas. Jakarta: Depdiknas.

Erman, S dan Winataputra, U.S. (1993). Strategi Belajar Mengajar Matematika, Jakarta :Universitas Terbuka.

Herman, H. (1990). Strategi Belajar Matematika, Malang : IKIP Malang.

Lisnawaty, S. (1992). Metode Mengajar Matematika 1, Jakarta : PT. Rineka Cipta

Ruseffendi, E.T. (1988). Pengajaran Matematika Modern dan Masa Kini Untuk Guru dan SPG,Bandung : Tarsito.

Ruseffendi, E.T. (1988). Pengantar Kepada Membantu Guru Mengembangkan Kompetensinya dalam Pengajaran Matematika Untuk Meningkatkan CBSA, Bandung : Tarsito.

Ruseffendi, E.T, dkk. (1992), Pendidikan Matematika 3, Jakarta : Depdikbud.

Shadiq, Fajar. 2008. Bagaimana Cara Mencapai Tujuan Pembelajaran Matematika di SMK?. Yogyakarta: Pusat Pengembangan Dan Pemberdayaan Pendidik Dan Tenaga Kependidikan Matematika.

Downloads

Published

19-08-2018

How to Cite

Rahmah, N. (2018). Hakikat Pendidikan Matematika. Al-Khwarizmi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 1–10. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v1i2.88

Citation Check