Peningkatan Hasil Belajar IPA Terpadu Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Satap Liukang Tupabbiring
DOI:
https://doi.org/10.24256/jpmipa.v1i2.90Keywords:
Jigsaw, Hasil belajar, IPA terpadu.Abstract
References
Abdurrahman,M., & Totok, B. 2000. Memahami dan Menangani Siswa dengan Problema Dalam Belajar: Pedoman Guru. Jakarta:Proyek Peningkatan Mutu SLTP, Direktorat Pendidikan Menengah Umum. Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah, Departemen Pendidikan Nasional.
Abu Ahmadi dan Joko Tri Prasetyo. 1997. Strategi Belajar Mengajar. Bandung. CV. Maulana
Abimanyu. S. dan Samad S. (eds). 2003. Pedoman Penulisan Skripsi. Makassar, FIP UNM.
Badan Standar Nasional Pendidikan. 2006.Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat
Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah. Jakarta: Depdiknas
Boediono dan Yulaelawati. 1999. " Penyusunan Kurikulum Berbasis Kemampuan
Dasar: Dasar Pemikiran. "Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan. Tahun ke-5, No.019. Jakarta Balitbang Depdikbud.
Djamarah,S.H. 2002. Psykologi Belajar, Jakarta. Rineka Cipta.
Djiwindono. 2002. Model Dalam Proses Belajar Mengajar. Jakarta, Remaja Karya.
Ditjen Dikdasmen. 2002. Pedoman Kegiatan Intrakulikuler PIPA TERPADU dan PS SD/MI Berdasarkan Kurikulum 2004. Jakarta: Bagian Proyek IPA TERPADU dan BP Ditjen Dikdasmen Depdiknas.
Jasruddin. Kahar. Bahri, Sidik. Darlan. 2007. Latihan Penelitian Tindakan Kelas. Modul Pendidikan dan Latihan Profesi Guru, Makassar, UNM
Karim A. 2007. Media Pembelajaran, Makassar, UNM.
Masnur Muslich. 2007. KTSP Pembelajaran Berbasis Kompetensi dan Kontekstual.
Jakarta Bumi Aksara
Masnur Muslich. 2007. KTSP (Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan) Dasar
Pemahaman dan Pengembangan. Jakarta PT. Bumi Aksara.
Nurkancana, Wayan. 1986. Evaluasi Pendidikan. Surabaya, Usaha Nasional
Purwanto. M.N. 2007. Psykologi Pendidikan. Bandung, Remaja Rosdakarya.
Sardiman, A.Ma. 2001. Interaksi dan Motivasi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo
Persada .
Slameto. 2003. Belajar dan factor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta Rineka Cipta.
Sudjana. N. 2002. Dasar-Dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung, Sinar Baru, Algensindo.
Sumadi Suryabrata. 2002. Metodologi Penelitian. Jakarta: PT. Raja Grafindo
Persada
Sumadi Suryabrata.1983: Psikologi Pendidikan. Jakarta Rajawali.
Syah. M. 2000. Psikologi Pendidikan dengan Model Baru, Bandung Remaja Rosdakarya.
Slavin, E. Robert. 1995. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik, diterjemahkan oleh Nurlita, Bandung. Nusa Media.
Umar. Alimin dan Nurbaya. 2008. Penelitian Tindakan Kelas, Pengantar Kedalam Pemahaman Konsep dan Aplikasi, Makassar, Universitas Negeri Makassar
Winkel, W.S. 1987. Psikologi Pengqfaran (Terjemahan). Jakarta:Gramedia
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who wish to publish and disseminate their papers with the Al-Khwarizmi : Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, shall agree to the publishing rights set by Al-Khwarizmi : Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Authors understand that they shall assign publication rights as part of the process upon acceptance for publication. The authors agreed that they would transfer certain copyrights to Al-Khwarizmi : Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam. Consecutively, authors still retain some rights to use and share their own published articles without written permission from Al-Khwarizmi : Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam.
Authors granted Al-Khwarizmi : Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam the following rights; (1) the right to publish and provide the manuscripts in all forms and media for publication and dissemination, (2) the authority to enforce the rights in the manuscript, for example in the case of plagiarism or in copyright infringement.
Al-Khwarizmi : Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam will follow COPE's Code of Conduct and Best Practice Guidelines for Journal Editors to protect the research results and take allegations of any infringements, plagiarisms, ethical issues, and frauds should those issues arise. The manuscript is attributed as the authors' work, and is properly identified.