Optimalisasi Kemampuan Higher Order Thinking Skills Mahasiswa Semester Awal melalui Penggunaan Bahan Ajar Berbasis Berpikir Kritis

Authors

  • Retno Andriyani Universitas Muhammadiyah Tangerang
  • Nisvu Nanda Saputra Universitas Muhammadiyah Tangerang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/jpmipa.v8i1.948

Keywords:

Critical Thinking, HOTS, Optimization of Student Ablities.

Abstract

Abstract:

The ability of critical thinking is part of Higher Order Thinking Skills (HOTS). To develop the ability of critical thinking is crucial to support the development of high-level thinking skills. The study aims to see the use of critical thinking-based teaching materials to optimize early semester student critical thinking skills in trigonometric courses. This research is a qualitative descriptive study, the subject of research is a student of early semester on trigonometric courses. The research subject amounted to 25 people.  The results of the study that the use of the teaching materials critical thinking can increase the ability of the Higher Order Thinking student early semester that follows trigonometric courses.


Abstrak:

Kemampuan berpikir kritis merupakan bagian dari Higher Order Thinking Skills (HOTS). Pengembangan kemampuan berpikir kritis sangat penting untuk mendukung kesuksesan mahasiswa dalam melakukan HOTS. Penelitian ini bertujuan untuk melihat penggunaan bahan ajar berbasis berpikir kritis untuk mengoptimalkan HOTS  mahasiswa semester awal pada mata kuliah trigonometri. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan dengan subjek penelitian adalah mahasiswa semester awal pada mata kuliah trigonometri. Subjek penelitian berjumlah 25 orang.  Hasil penelitian menunjukkan penggunaan bahan ajar berpikir kritis dapat mengoptimalkan kemampuan Higher Order Thinking Skill (HOTS) mahasiswa semester awal yang mengikuti mata kuliah trigonometri.


References

Abdullah, In Hi. “Berpikir Kritis Matematik.†Delta-Pi: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika 2, no. 1 (2016).

Andriyani, Retno, and Nisvu Nanda Saputra. “Kemampuan Berpikir Kritis Pada Perkuliahan Trigonometri.†In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Vol. 1, 2019.

Anni Prastiwi, Sriyono. “Pengembangan Modul Fisika Berbasis Masalah Untuk Meningkatkan High Order Thinking Skills (HOTS) Siswa SMA.†Radiasi: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika 9, no. 1 (September 19, 2016): 1–6.

Ariandari, Weindy Pramita. “Mengintegrasikan Higher Order Thinking Dalam Pembelajaran Creative Problem Solving.†In Seminar Nasional Matematika Dan Pendidikan Matematika UNY, 2015.

Devi, Poppy Kamalia. “Pengembangan Soal Higher Order Thinking Skill Dalam Pembelajaran IPA SMP/MTs.†Accessed May 4, 2020. https://www.academia.edu/8337926/Pengembangan_Soal_HOTS_IPA_PENGEMBANGAN_SOAL_HIGHER_ORDER_THINKING_SKILL_DALAM_PEMBELAJARAN_IPA_SMP_MTs.

Dinatha, Ngurah Mahendra, and Maria Yuliana Kua. “Pengembangan Modul Praktikum Digital Berbasis Nature of Science (NoS) Untuk Meningkatkan Higher Order Thinking Skill (HOTS).†Journal of Education Technology 3, no. 4 (November 30, 2019): 293–300. https://doi.org/10.23887/jet.v3i4.22500.

Dwijananti, Pratiwi, and D. Yulianti. “Pengembangan Kemampuan Berpikir Kritis Mahasiswa Melalui Pembelajaran Problem Based Instruction Pada Mata Kuliah Fisika Lingkungan.†Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia 6, no. 2 (2010).

Elder, Linda, and Richard Paul. “Critical Thinking: Tools for Taking Charge of Your Learning and Your Life,†2011.

Jailani, Jailani. “Pengembangan Bahan Ajar Matematika Yang Berorientasi Pada Karakter Dan Higher Order Thinking Skill (HOTS).†PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika 9, no. 1 (2014): 45–59.

Kristianingsih, Desiagi Dwi, Nanik Wijayati, and Sudarmin Sudarmin. “Pengembangan Lks Fisika Bermuatan Generik Sains Untuk Meningkatkan Higher Order Thinking (HOTS) Siswa.†Journal of Innovative Science Education 5, no. 1 (June 20, 2016): 73–82.

Kurniawan, Gita Erlangga. “Pengembangan Modul Pembelajaran Berbasis Model Problem Solving Untuk Meningkatkan High Order Thinking Skill Pada Pelajaran IPA Pokok Bahasan Fluida Pelajaran IPAPokok Bahasan Fluida Statis Siswa Kelas VIII SMPN 7 Cirebon.†Jurnal Mangifera Edu 3, no. 1 (July 30, 2018): 62–71. https://doi.org/10.31943/mangiferaedu.v3i1.19.

Lestari, Dita Puja. “Pengembangan Bahan Ajar Matematika Dengan Pendekatan Scientific Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMA Negeri 1 Bandar Pulau.†AXIOM: Jurnal Pendidikan Dan Matematika 7, no. 2 (2018).

Puspitasari, Yulia Dewi, and Triana Wuri Cahyanti. “Pengembangan Modul Fisika Dasar Berbasis Scientific Untuk Meningkatkan Higher Order Thinking Skill (HOTS).†Jurnal Materi Dan Pembelajaran Fisika 8, no. 2 (September 15, 2018): 65–72. https://doi.org/10.20961/jmpf.v8i2.28448.

R, Nurmala, and Alfian Mucti. “Efektivitas Penggunaan LKM Berbasis Hots (Higher Order Thinking Skills) Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika.†Journal of Honai Math 2, no. 2 (August 13, 2019): 117–28. https://doi.org/10.30862/jhm.v2i2.67.

Sakti, Indra. “Implementasi Model Perangkat Pembelajaran Berorientasi Hots (High Order Thinking Skills) Dan Pendidikan Karakter Melalui PBL (Problem Based Learning) Pada Mata Kuliah Fisika Dasar.†PROSIDING SEMINAR NASIONAL FISIKA (E-JOURNAL) 8 (December 31, 2019): SNF2019-PE-389–400. https://doi.org/10.21009/03.SNF2019.01.PE.50.

Santyasa, I. Wayan. “Metode Penelitian Pengembangan Dan Teori Pengembangan Modul.†Makalah Disampaikan Dalam Pelatihan Bagi Guru-Guru Dan Dosen Di Nusa Penida Klungkung, 2009.

Saputra, Nisvu Nanda, and Retno Andriyani. “Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Berpikir Kritis Berbantuan Geogebra.†In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Matematika, Vol. 1, 2019.

Saragih, Febi Ariani. “Penerapan Metode HOTS (Higher Order Thinking Skill) Dalam Pembelajaran Bahasa Jepang Di SMA.†Journal of Japanese Language Education and Linguistics 3, no. 2 (2019).

Wahyuni, Sri. “Pengembangan Bahan Ajar IPA Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP.†PROSIDING : Seminar Nasional Fisika Dan Pendidikan Fisika 6, no. 6 (September 12, 2015). http://www.jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/prosfis1/article/view/7857.

Downloads

Published

30-03-2020

How to Cite

Andriyani, R., & Saputra, N. N. (2020). Optimalisasi Kemampuan Higher Order Thinking Skills Mahasiswa Semester Awal melalui Penggunaan Bahan Ajar Berbasis Berpikir Kritis. Al-Khwarizmi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 8(1), 77–86. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v8i1.948

Citation Check