Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komputer

Authors

  • Rosdiana Rosdiana STAIN Palopo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/jpmipa.v1i2.95

Keywords:

Media, Pembelajaran, Komputer, Power Point.

Abstract

Beberapa pendidik atau tenaga pengajar mempunyai gaya yang berbeda dalam mengadakan pembelajaran, yang menyebutkan bahwa gaya atau model pembelajaran tenaga pengajar yang diadakan akan lebih bermanfaat dengan menggunakan media, serta pembelajaran yang diadakan akan lebih efektif dengan menggunakan media yang berbeda secara berkelanjutan. Maksudnya adalah pembelajaran akan lebih efektif jika penggunaan media pembelajarn tersebut tidak monoton, tetapi diavariasikan dengan media yang lainnya secara bervariasi. Dalan hal ini diharapkan dapat membantu siswa/mahasiswa untuk lebih berminat dalam mengikuti pelajaran, karena dengan penggunaan media pendidikan dalam pembelajaran dapat mempermudah siswa/mahasiswa dalam memahami materi pelajaran secara kognitif.Sebagai komponen sistem pembelajaran media memiliki fungsi yang berbeda dengan fungsi komponen-komponen lainnya, yaitu sebagai komponen yang dimuati pesan pembelajaran untuk disampaikan kepada siswa/mahasiswa.

References

Achsin, A. 1986. Media Pendidikan dalam Kegiatan Belajar-Mengajar.Penerbit IKIP Unjung Pandang.

Azhar Arsyad. 2007. Media Pembelajaran, Penerbit Rajawali Pers. Jakarta

Denny Setiawan, dkk.2007. Komputer Dan Media Pembelajaran. Penerbit Universitas Terbuka

Dale, E 1069. Audiovisual Methos in Teaching (Third Edition). New York: The Dryden Press, Holt, Rinehart and Winston, Inc.

Fredy Lewakabessy, 2002 Pengantar metodologi Penelitian Universitas Negeri Malang.

Hafied Cangara. 2006. Pengantar Ilmu Komunikasi. Penerbit PT RAJAGRAFINDO PERSADA.

Julia Branna, 1997 Memandu metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif, Penerbit IAIN Antasari samarinda.

Levie, W. Howard and Levie, Diane. 1975. Pictoral Memory Processes. AVCR Vol. 23 No. 1 Spring 1975, pp. 81-97.

Nuth Nursal dan Ferdi Suharsimi Arikunto, 2002, Prosedur Penelitian, PT. Rineka Cipta, Jakarta.

Paivio. A. 1978. A Dual Coding Approach to Perception and Cognition. In Pick, Herb dan Elliot Saltzman (Eds), Modes of Perceiving and Processing Information. Pp,39-52. New York: Halsted Press/John Wiley.

Suyanto.M. 2003. Multimedia alat Untuk meningkatkan Keunggulan Bersaing. Penerbit ANDI. Yogyakarta.

Suharsimi Arikunto. 1993, Prosedur Penelitian. Rineka Cipta.

Winastwan Gora S.2005. Belajar Sendiri Membuat CD Multimedia Interaktif untuk Bahan Ajar E-Learning. Penerbit PT Elex Media Komputindo. Kelompok Gramedia, Jakarta

Widjaja.H.A.W.2000. Ilmu Komunikasi Pengantar Studi. Penerbit Rineka Cipta.

Warner J. Severin dan James W. Tankard,Jr. 2005. Teori Komunikasi. Sejarah, Metode, dan Terapan di Dalam Media Massa. Penerbit PERENADA MEDIA. Jakarta

Walker, D.F. dan Hess, R.D. 1984. Instructional Software:Principles and Prespective for Design and Use. Belmont Wadsworth Publishing Cpmpany.

Zeembry.2006. 12 Jurus Pamungkas Animasi kartun dengan Flash 8. Penerbit PT Elex Komputindo, Kelompok Gramedia, Jakarta

Downloads

Published

19-08-2018

How to Cite

Rosdiana, R. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Komputer. Al-Khwarizmi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 87–100. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v1i2.95

Citation Check