Guru Di Tengah Perubahan Kurikulum

Authors

  • Hilal Mahmud STAIN Palopo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/jpmipa.v1i2.97

Keywords:

Guru, Perubahan, Kurikulum.

Abstract

Guru memegang peranan strategis terutama dalam upaya membentuk watak bangsa. Dipandang dari dimensi pembelajaran, peranan guru tetap dominan sekalipun teknologi pembelajaran berkembang dengan pesat. Hal ini disebabkan oleh sejumlah dimensi proses pembelajaran yang diperankan guru tidak dapat digantikan oleh teknologi. Guru sebagai salah satu agen perubahan merupakan elemen kunci dalam sistem pendidikan, khususnya di sekolah. Semua komponen lain, mulai dari kurikulum, sarana prasarana, biaya, dan sebagainya tidak akan banyak berarti apabila esensi pembelajaran yaitu interaksi guru dengan peserta didik tidak berkualitas. Semua komponen lain, terutama kurikulum akan “hidup” apabila dilaksanakan oleh guru yang berkualitas. Peran penting guru dalam upaya peningkatan mutu pendidikan mendorong perhatian dan harapan masyarakat terhadap peningkatan mutu guru. Undang-undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional serta berbagai peraturan dan kebijakan pemerintah juga menunjukkan keberpihakan dan harapan pemerintah terhadap peningkatan mutu guru. Tetapi dalam tataran implementasi, keberpihakan pemerintah dan pemerintah daerah terhadap pembinaan guru sesuai amanah Undang-Undang masih perlu ditelisik lebih jauh.

References

Arikunto, Suharsimi, dkk., Penelitian Tindakan Kelas. Cet. X; Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2011.

Armstrong, Thomas. Sekolah Para Juara. Bandung: Kaifa, 2002.

_______ . Kamu Itu Lebih Cerdas daripada yang Kamu Duga. Batam: Interaksara, 2004.

_______ . Setiap Anak Cerdas. Jakarta: Gramedia Pustaka, 2005.

_______ . The Best School. Bandung: Kaifa, 2006.

Chatib, Munif. Gurunya Manusia: Menjadikan Semua Anak Istimewa dan Semua Anak Juara. Cet. III; Bandung, 2011.

DePorter, Bobbi, Mark Reardon, dan Sarah Singer-Nourie, Quantum Teaching: Mempraktikkan Quantum Learning di Ruang-ruang Kelas (Cet. II; Bandung: Kaifa, 2010.

Direktorat Pembinaan SMP Ditjen Dikdasmen Depdiknas. Panduan Pengembangan RPP, Jakarta: Depdiknas, 2006.

Direktorat Pembinaan SMP Ditjen Dikdasmen Depdiknas, Pedoman Memilih dan Menyusun Bahan Ajar, Jakarta: Depdiknas, 2006.

Hamalik, Oemar. Model-model Pengembangan Kurikulum(Bandung: Program Pasca Sarjana UPI, 2000.

Haryanto. Perencanaan Pengajaran. Jakarta: Tineka Cipta, 2003.

_______. Pendidikan Guru Berdasarkan Pendekatan Kompetensi. Bandung: Alfabeta, 2002.

Jensen, Eric. Guru Super & Super Teaching, Lebih dari 1000 Strategi Praktis Pengajaran Super. Terj. Benyamin Molan, Jakarta Barat: PT. Indeks Permata Puri Media, 2010.

Gerstner, L.V. et al. Reinventing Education: Entrepreneurship in America’s Public Schools. New York: Plume, 1995.

Muhaimin. Rekonstruksi Pendidikan Islam, Dari Paradigma Pengembangan, Manajemen Kelembagaan, Kurikulum hingga Strategi Pembelajaran. Ed. 1, Cet. 1; Jakarta: Rajawali Pers, 2009.

Noe, Raymond A, John R. Hollenbeck, Barry Gerhart, Patrick M. Wright. Human Resource Management: Gaining A Competitive Advantage, terj. David Wijaya, 6th ed. Jakarta Selatan: Salemba Empat, 2011.

Republik Indonesia. Peraturan Pemerintah R.I. Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan.

_______ . Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

_______ . Undang-Undang R.I. Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Rivai, Veithzal, Deddy Mulyadi. Kepemimpinan dan Perilaku Organisasi, ed. 3. Cet. 9; Jakarta: Rajawali Pers, 2012.

Rusman. Model-model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru, ed. 1. Cet. 1; Jakarta: Rajawali Pers, 2010.

Smith, Jane. Empowering People. London: Kogan Page Limited, 2000.

Suharsaputra, Uhar. Administrasi Pendidikan. Cet, I; Bandung: PT. Refika Aditama, 2010.

Supriadi, Dedi. Mengangkat Citra dan Martabat Guru. Cet. 1; Yogyakarta: Adicita Karya Nusa, 1998.

Wibowo. Manajemen Kinerja. Ed. III. Cet. V; Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2011a.

_______. Manajemen Perubahan. Ed. 3. Cet. 3; Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada, 2011b.

Downloads

Published

19-08-2018

How to Cite

Mahmud, H. (2018). Guru Di Tengah Perubahan Kurikulum. Al-Khwarizmi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 1(2), 111–124. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v1i2.97

Citation Check