Aplikasi Turunan (Derivatif) Dalam Permasalahan Analisis Keuntungan Maksimum

Authors

  • Beni Asyhar UIN Maulana Malik Ibrahim Malang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/jpmipa.v2i1.98

Keywords:

Turunan (Derivatif), Keuntungan Maksimum.

Abstract

Penelitian ini mengkaji tentang penerapan salah satu konsep dalam kalkulus, yaitu turunan, yang merupakan hasil bagi diferensial. Turunan erat hubungannya dengan diferensial. Jika akan menentukan turunan dari suatu fungsi, maka yang perlu dilakukan adalah melakukan pendiferensialan fungsi tersebut. Fokus permasalahan dalam penelitian ini tentang aplikasi turunan dalam permasalahan analisis keuntungan maksimum dan cara membuat interpretasi dari solusi hasil turunan tersebut. Penelitian ini berlokasi di Perusahaan Istana Roti “ANITA” Kalianget-Sumenep. Pendekatan penelitiannya menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis datanya adalah data kuantitatif dan sumber datanya adalah buku laporan tahunan neraca keuangan. Metode pengumpulan datanya dengan observasi dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah persiapan, tabulasi, dan aplikasi turunan dalam memaksimumkan keuntungan. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa: 1) langlah-langkah untuk mengaplikasikan turunan dalam permasalahan analisis keuntungan maksimum adalah: a) merumuskan beberapa variabel. b) menyusun model matematika. c) menyelesaikan model matematikanya. 2) Perusahaan tersebut mengalami keuntungan maksimum, karena hasil penurunan kedua adalah negatif untuk semua jenis roti.

References

Arikunto, Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Badan Penelitian dan Pengembangan Kurikulum. 2001. Kurikulum Berbasis Kompetensi: Mata Pelajaran Matematika. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Dumairy. 1999. Matematika Terapan untuk Bisnis dan Ekonomi. Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Legowo. 1984. Dasar-dasar Kalkulus dan Penerapannya dalam Ekonomi. Jakarta: Lembaga Penerbitan Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia.

Nasoetion, Andi Hakim. 1980. Landasan Matematika. Jakarta: Bhratara Karya Aksara.

Nazir, M. 1988. Metode Penelitian. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Downloads

Published

19-08-2018

How to Cite

Asyhar, B. (2018). Aplikasi Turunan (Derivatif) Dalam Permasalahan Analisis Keuntungan Maksimum. Al-Khwarizmi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 2(1), 1–14. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v2i1.98

Citation Check