KAJIAN KRITIS TERHADAP PEMIKIRAN JIWA (AL-NAFS) DALAM FILSAFAT ISLAM

Baso Hasyim

Abstract


Hubungan antara roh, jiwa dan jasad, bagaikan miniatur rumah; roh adalah kunciya, jiwa adalah pintunya dan badan rumah adalah jasadnya, namun tidak dipungkiri roh dan nafs mempunyai tugas dan fungsi masing-masing sebagaimana fungsi kunci dan pintu. Istilah jiwa (al-nafs) mempunyai beberapa pengertian, seperti: jasad, seseorang (rupa tau), hakekat sesuatu, harga diri, kemuliaan, obsesi dan kehendak. Jiwa manusia pada awalnya hanya satu yaitu Adam, kemudian dari jiwa Adam terpencar kepada Hawa, dari pancaran inilah yang melahirkan laki dan perempuan kemudian bersuku-suku dan berbangsa-bangsa. Para filosof muslim dalam mengkaji jiwa sangat terpengaruh oleh filosof Yunani, khususnya Aristoteles dan Plato. Namun demikian, para filosof muslim berusaha untuk menghubungkannya dengan Islam.


Full Text:

PDF

References


Abu Hamid Al-Ghazali. Mukhtasar Ihya Ulumuddin. Maktab Mu’assasah al-Kutub

---------------- Ihya Ulum al-Din, jld V, Kairo: Dar al-Fajr, 1996

______. Tahafut al-Falasifah. Kairo: Dar al-Ma’arif, t.th.

______. Diterjemahkan oleh Irwan Kurniawan dengan judul Mutiara Ihya Ulumuddin, Bandung: Mizan. Cet. 2, 1977.

Abu Rayyan, Tarikh al-Falsafah al-Islamiyahahah, Alexandria: Dar al-Ma’rifah al-Jami’iyyah, 1996

Al-Qur’an dan terjemahannya, (Madinah: Mujamma’ al-Malik Fahad li al-Thiba’ah, t.th.

Daudy, Ahmad. Kuliah Filsafat Islam. Cet. 3; Jakarta: Bulan Bintang, 1992.

Hamka Haq, Dialog Pemikiran Islam (Tradisionalisme, Rasionalisme dan Empirsme dalam Teologi, Filsafat dan Ushul Fikih, Ujung Pandang: Yayasan Ahkam, 1995

Hasyim Syah Nasution,. Filsafat Islam. Cet. III; Jakarta: Gaya Media Pratama, 2002.

Al-Razi. Ilmu Akhlaq diterj. dengan judul Roh dan Jiwa Tinjauan Filosofis dan Persfektif Islam. Surabaya: Risalah Gusti, 2000

Jamil Shaliba, al-Mu’jam al-Falsafi. Bei-rut: Dar al-Kitab al-Lubnani, 1982.

M. M. Syarif (ed.), Para Filosof Muslim. Cet.VIII ; Bandung : Mizan, 1996.

Madjid, Nucholish. Khazanah Intelektual Islam. Jakarta: Bulan Bintang, 1984.

Muh. Fuad Abdul Baqi, Mu’jam al-Muahras li alFadz al-Qur’an al-Karim, Kairo: Dar al-Hadits, 1994

Nasution, Harun. Falsafah dan Mistisisme Islam. Cet. II; Jakarta: Bulan Bintang, 1998.

Nasution,Harun.Islam Rasional; Gagasan dan Pemikiran, Cet. IV; Bandung: Mizan, 1996

Qardhawi, Yusuf. Al-Imam Al-Ghazali bayna Mujaddad wa Naqia. Diterj. oleh Ahmad Satori Ismail dengan Judul Pro Kontra Pemikiran al-Ghazali. Surabaya: Risalah Gusti, 1997.


Article Metrics

Abstract view : 4 times
PDF - 5 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.