Pengaruh Promosi Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Minat Menabung Masyarakat Kelurahan Siranindi Di Bank Muamalat Indonesia Palu Sulawesi Tengah

Sitti Aisya Majhaf

Abstract


Eksistensi BMI di kancah industri perbankan masih bertahan walaupu terdapat kompetitor yang telah dibentuk pemerintah maupun yang dibentuk oleh korporate perusahaan besar, sehingga keberadaannya masih dapat diperhitungkan. Namun promosi dan fasilitas kompetitornya, BMI sedikit lebih kecil dibandingkan lainnya. Oleh karena itu, tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh promosi dan kualitas pelayanan terhadap minat menabung masyarakat. Lebih lanjut metode penelitian dilakukan dengan observasi, penyebaran kuesioner dan wawancara. Selanjutnya dilakukan pengolah data dengan analisis asumsi klasik, regresi berganda dan uji hipotesis. Hasilnya bahwa promosi tidak berpengaruh signifikan terhadap minat menabung masyarakat di BMI, sebaliknya kualitas pelayanan berpengaruh signifikan secara parsial terhadap minat menabung di BMI. Namun bila keduanya secara simultan berpengaruh signifikan terhadap minat menabung masyarakat. Hal ini terjadi karena kurangnya promosi yag dilakukan BMI terhadap masyarakat. Kualitas layanan oleh BMI dapat dilarasakan lansung oleh masyarakat.

Full Text:

PDF

References


Aini, Zahratul. Pengaruh Produk-produk Bank BRI Syariah terhadap Minat Menabung Masyarakat Desa Aikmel Kabupaten Lombok Timur”. Skripsi yang diterbitkan, (Mataram: Universitas Islam Negeri Mataram, 2017), http://eprints.universitasislamnegerimataram.ac.id , diakses tanggal 31 Januari 2019

Arief, Muhtosim. Pemasaran Jasa dan Kualitas Pelayanan. Cet.I; Malang: Bayu Media Publishing, 2006

Benson , Nigel C. dan Simon Grove, Mengenal Psikologi For Begineers, Cet.Ke -1 Bandung: Mizan,2000

Dinas Kependudukan dan Perencanaan Sipil Kota Palu, Semester II, 2018.

Gitosudarmo, Indriyo. Manjemen Pemasaran, Edisi Pertama. Cet.I; Yogyakarta: BPFE,2000

Hafidudin, Didin dan Hendri Tanjung, Manajemen Pemasaran Syariah dalam Praktik. Cet.1; Jakarta: Gema Insani Inpress, 2003

Hidayat, Rachmat. “Pengaruh Kualitas Layanan, Kualitas Produk dan Nilai Nasabah Terhadap Kepuasan dan Loyalias Nasabah Bank Mandiri” Jurnal Manajeman dan Kewirausahaan. Vol.III, No.1, 2009

Kartajaya, Hermawan dan M. Syakir Sula, Syariah Marketing. Cet.1; Bandung: Mizan,2006

Kartono, Kartini . Psikologi Sosial. Cet.I; Jakarta: PT.Rajagrafindo,1997

Kasmir, Pemasaran Bank, Edisi revisi Cet.III ; Jakarta : Prenada Media Group,2008

Kementrian Agama RI, Syaamil Al-Qur’an dan Terjemahan. Cet.I; Bandung: Syaamil Cipta Media, 2005

Kotler, Philip. Priciples of Marketing (Prentice Hall Intrnational, Inc, 1996)

Laksana, Fajar. Manajemen Pemasaran. Cet.I; Yogyakarta: Graha Ilmu,2008.

Nugroho, Bambang Haryo. Kepala Cabang Bank Muamalat Indonesia Cabang Palu, Wawancara, Palu, 8 Maret 2019

Sabri, M.Alisuf. Pengantar Psikologi Umum dan Perkembangan. Cet.I; Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya, 1993

Saleh, Abdul Rahman dan Muhbib Abdul Wahab, Psikologi Suatu Pengantar Dalam Perspektif Islam, Edisi I. Jakarta: Prenada Media, 2004

Shadily, Hasan Ensiklopedia Umum. Jakarta: Ichtia Barn-Van Hoeve,1983

Tjiptono, Fandy dan Gregorius Chandra, Service Quality and Satisfactio) Yogyakarta: Andi Offcet,2005




DOI: https://doi.org/10.24256/kharaj.v2i1.1192

Article Metrics

Abstract view : 117 times
PDF - 94 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Al-Kharaj: Journal of Islamic Economic and Business