Pengaruh Tunneling Incentive, Pertumbuhan Penjualan Dan Intensitas Aset Tetap Terhadap Transfer Pricing
DOI:
https://doi.org/10.24256/kharaj.v4i1.3780Keywords:
Tunneling Incentive, Sales growth, Fixed Asset Intensity and Transfer PricingAbstract
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Insentif Tunneling, Pertumbuhan Penjualan dan Intensitas Aktiva Tetap terhadap Transfer Pricing baik secara parsial maupun simultan. Populasi dalam penelitian ini adalah berbagai perusahaan manufaktur sektor industri yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2017-2021. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan kriteria tertentu sehingga jumlah sampel pada akhir penelitian adalah 8 perusahaan. Metode analisis penelitian menggunakan analisis regresi data panel. Pengolahan data dibantu oleh software Microsoft Excel dan Eviews versi 9.0. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji statistik deskriptif, uji asumsi klasik, uji koefisien determinasi (R2), uji statistik F, uji statistik t. Nilai R-kuadrat yang disesuaikan adalah 0,908486. Artinya variasi perubahan harga transfer dapat dijelaskan oleh Tunneling Incentive, Sales Growth dan Fixed Assets Intensity sebesar 90,85% (dengan tingkat korelasi yang sangat kuat). Sedangkan sisanya sebesar 9,25% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
              Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel independen (Tunneling Incentive, Sales Growth dan Intensity of Fixed Assets) berpengaruh secara simultan (simultan) terhadap variabel dependen (Transfer Pricing). Secara parsial, Tunneling Incentive berpengaruh terhadap Transfer Pricing, sedangkan Sales Growth dan Fixed Asset Intensity tidak berpengaruh terhadap Transfer Pricing.
References
Anggraeni, N., & Lutfillah, N. Q. (2019). Determinants of Transfer Pricing. Journal of Management and Business, 18(2), 46–55. https://doi.org/10.24123/jmb.v18i2.428
Hayati, D., & Ajimat, A. (2022). Pengaruh Sales Growth, Intensitas Aset Tetap dan Corporate Governance Terhadap Tax Avoidance. Jurnal Disrupsi Bisnis, 5(1), 60. https://doi.org/10.32493/drb.v5i1.17872
Jafri, H. E., & Mustikasari, E. (2018). Pengaruh Perencaan Pajak, Tunnneling Incentive dan Aset Tidak Berwujud Terhadap Perilaku Transfer Pricing pada Perusahaan Manufaktur yang Memiliki Hubungan Istimewa yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2016. Berkala Akuntansi Dan Keuangan Indonesia, 3(2), 63. https://doi.org/10.20473/baki.v3i2.9969
Marfuah, M., & Azizah, A. P. N. (2014). Pengaruh pajak, tunneling incentive dan exchange rate pada keputusan transfer pricing perusahaan. Jurnal Akuntansi & Auditing Indonesia, 18(2), 156–165. https://doi.org/10.20885/jaai.vol18.iss2.art6
Mujahidin, M., Fasiha, F., Abdullah, M. R., & Praseta, M. (2022). Income of Micro, Small, And Medium Enterprises With The Presence of A Mini Market In Palopo City, Indonesia. IQTISHODUNA: Jurnal Ekonomi Islam, 11(2), 257–266. https://doi.org/10.54471/iqtishoduna.v11i2.1940
Priyanti, D. W., & Suryarini, T. (2021). How Do Trading, Service, and Investment Sector Companies Make Transfer Pricing Decisions? Journal of Accounting and Strategic Finance, 4(1), 1–12. https://doi.org/10.33005/jasf.v4i1.109
Ramadhan, R. (2017). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Manajemen Laba Pada Perusahaan Manufaktur yang Tercatat di BEI. Snaper-Ebis, 2017, 464–476.
Sahrir, S., Syamsuddin, S., & Sultan, S. (2021). Pengaruh Koneksi Politik, Intensitas Aset Tetap, Komisaris Independen, Profitabilitas Dan Leverage Terhadap Tax Avoidance. Jurnal Penelitian Ekonomi Akuntansi (JENSI), 5(1), 14–30. https://doi.org/10.33059/jensi.v5i1.3517
Salma Mustika Ainniyya1, Ati Sumiati2, S. S. (2021). Pengaruh Leverage, Pertumbuhan Penjualan, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Tax Avoidance. Ekonomi, Keuangan, Investasi Dan Syariah (EKUITAS), 3(2), 163–168. https://doi.org/10.47065/ekuitas.v3i2.1106
Sari, E. P., & Mubarok, A. (2016). PENGARUH PROFITABILITAS , PAJAK DAN DEBT COVENANT TERHADAP TRANSFER PRICING ( Studi Empiris Perusahaan Manufaktur Terdaftar di BEI Tahun 2012-2016 ).
Sugiyarti, S. M. P. L. (2017). Pengaruh Intensitas Aset Tetap , Pertumbuhan Penjualan dan Koneksi. 5(3), 1625–1641.
Sundari, N., & Aprilina, V. (2017). Pengaruh Konservatisme Akuntansi, Intensitas Aset Tetap, Kompensasi Rugi Fiskal Dan Corporate Governanace Terhadap Tax Avoidance. JRAK: Jurnal Riset Akuntansi Dan Komputerisasi Akuntansi, 8(1), 85–109. https://doi.org/10.33558/jrak.v8i1.861
Vivie1, S. E. (2021). Analisis Intensitas Aset Tetap, Intensitas Persediaan dan Leverage terhadap Penghindaran Pajak Perusahaan di Bursa Efek Indonesia. 4(12), 274–286.
Wafiroh, N. L., & Hapsari, N. N. (2016). Pajak, Tunneling Incentive Dan Mekanisme Bonus Pada Keputusan Transfer Pricing. El Muhasaba: Jurnal Akuntansi, 6(2), 157. https://doi.org/10.18860/em.v6i2.3899
Wijaya, I., & Amalia, A. (2020). Pengaruh Pajak, Tunneling Incentive, Dan Good Corporate Governance Terhadap Transfer Pricing. Jurnal Profita, 13(1), 30. https://doi.org/10.22441/profita.2020.v13i1.003
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. In line with the license, authors are allowed to share and adapt the material. In addition, the material must be given appropriate credit, provided with a link to the license, and indicated if changes were made. If authors remix, transform or build upon the material, authors must distribute their contributions under the same license as the original.