The Effect of Financial Inclusion and Financial Literacy Against Sharia Banking Stability at Bank Syariah Indonesia
DOI:
https://doi.org/10.24256/kharaj.v5i2.3881Abstract
References
Agustin. (2015). Literacy Keuangan Pada Mahasiswa Konsentrasi Manajemen Keuangan STIE Perbanas Surabaya. STIE Perbanas Surabaya.
Alamsyah, H. (2015). Pentingnya keuangan inklusif dalam meningkatkan akses masyarakat dan UMKM Terhadap Fasilitas Jasa Keuangan Syariah.
Alawi, N. M. (t.t.). Pengaruh Literasi Keuangan Dan Inklusi Mahasiswa Uin Sunan Gunung Djati Bandung Terhadap Penggunaan Sistem Financial Technology. Jurnal Maps (Manajemen Perbankan Syariah).
Alfiyani, I. L. P., & Ariningrum, H. (2012). Perbandingan Kinerja Keuangan Bank Mutiara Sebelum Dan Sesudah Pergantian Nama. Jurnal RISET, 1.
Asnani, S. W. (2014). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Non Performing Financing pada Bank Umum Syariah di Indonesia. Jurnal Tekun, 5(2), 264–280.
Basuki, A. T., & Prawoto, N. (2016). Analisis Regresi Dalam penelitian Ekonomi dan Bisnis: Dilengkapi Aplikasi SPSS & Eviews. Rajawali Pers.
Bawono, A. (2006). Multivariate Analisys dengan SPSS. STAIN Salatiga Press.
Bhusnan, P., & Medury, Y. (2013). Financial Literacy and its determinan. international Journal of Enginering and Enterprise Aplications.
Buana, R. D. T. (2017). Dampak Inklusi Keuangan (Financial Inclusion) Terhadap Efektifitas Kebijakan Moneter di Indonesia.
Busyro, W. (2019). Pengaruh Literasi Keuangan Terhadap Perilaku Pengelolaan Keuangan Mahasisw. 2.
Dahlan, R. (2014). Pengaruh Tingkat Bonus Sertifikat Bank Indonesia Syariah dan Tingkat Inflasi Terhadap Pembiayaan Bank Syariah di Indonesia. Jurnal Etikonomi, 13(2).
Dikria, O., & W, S. U. M. (2016). Pengaruh Literasi dan Pengenalan Diri Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Jurusan Ekonomi Pembangunan Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Malang. 9(2).
DNKI: 70,3% Orang Dewasa Pernah Menggunakan Produk Atau Layanan Keuangan Formal, Tetapi Hanya 55,7% Orang Dewasa Memiliki Akun. (2020, Januari 26). Diakses dari http://snki.go.id/dnki-703-orang-dewasa-pernah-menggunakan-produk-atau-layanan-keuangan-formal-tetapi-hanya-557-orang-dewasa-memiliki-akun/
Falevy, M. I. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan Syariah, Religiusitas Dan Persepsi Mahasiswa Jabodetabek Terhadap Keputusan Menggunakan Layanan Perbankan Syariah, Jurnal An-Nisbah Perbankan Syariah Institut Agama Islam Sunan Kalijogo Malang. 3.
Ghazali, I. (2013). Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program IBM SPSS 21. Badan Penerbit Universitas Di Ponogoro.
Ghozali, I. (2013). Apakah Analisis Multivariate Dengan Program (7 ed.). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Hamzah, A. (2019). Literasi Keuangan Dan Inklusi Keuangan Syariah Di Kalangan Tenaga Pendidik Kabupaten Kuningan. Jurnal Akuntansi Dan Keuangan Islam, 7(2).
Ika, S. (2021). Kajian Inklusi Keuangan untuk Keadilan dan Kemakmuran Rakyat Indonesia. Diakses dari https://fiskal.kemenkeu.go.id/kajian/2021/12/30/2438-kajian-inklusi-keuangan-untuk-keadilan-dan-kemakmuran-rakyat-indonesia
Ikbal, A. M., & Tandika, D. (2019). Pengaruh motivasi investasi dan literasi keuangan terhadap minat investasi syariah. 5(2).
Ilhamy, M. L. N. (2018). Manajemen Pembiayaan Bank Syariah. Febi Press
Kamila, K. (2022). Analisis pengaruh (banking internal service quality) terhadap kepuasan kerja karyawan. Jurnal Forum Ekonomi, 24(1).
Kamilah, A. I. L. N. (2019). Peran Industri Lembaga Keuangan Mikro Syariah Dalam Mengatasi Masalah Kesenjangan Dan Distribusi Pendapatan Di Kota Medan. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 6(1).
Kamilah. (2019). Peran Industri Lembaga Keuangan Mikro Syariah Dalam Mengatasi Masalah Kesenjangan Dan Distribusi Pendapatan Di Kota Medan. Jurnal Human Falah. Vol. (6), No.(1)
Karim, Ir. A. A. (2016). Bank Islam Analisis Fiqh dan Keuangan. PT Raja Grafindo Persada.
Lusardi, A., & O.S.Michell. (2014). The Economic Imprortance of Financial Literacy: Theory and Evidence. Journal of Ekonomic Literature.
Margaretha, F., & Prambudhi, A. (2015). Tingkat Literasi Keuangan S-1 Mahasiswa Ekonomi. 17(1).
Martono, N. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif Analisis Isi dan Analisis Data Sekunder. Rajawali Pers.
Nababan D, S. (2012). Analisis Personal Literacy Dan Financial Behavior Mahasiswa Strata 1 Fakultas Ekonomi Universitas Sumatra utara. Universitas Sumatra utara.
OJK 2017-2018. (t.t.).
Putri, R. E. (2022). Pengaruh Literasi Keuangan, Financial Technology dan Inklusi Keuangan terhadap Kinerja Keuangan Pengusaha Muda, Owner. Riset & Jurnal Akuntansi, 6(2).
Rahmani, N. A. B. (2016). Metode Penelitian Ekonomi (1 ed.). FEBI UINSU Press.
RI, D. A. (2002). Al-Qur’an Al Karim Dan Terjemahan. PT Karya Toha Putra.
Sangadji, E. M., & Sopiah. (2010). Metodologi Penelitian. CV. Andi Offset.
Sanusi, A. (2011). Metode Penelitian Bisnis. Salemba Empat.
Saraswati, P. (2013). Penerimaan E-Comerce: Pengaruh Kepercayaan, Persepsi Manfaat dan Persepsi Resiko, (Program S1 Jurusan Akuntansi Fakultas Ekonomi dan Bisnis. Universitas Brawijaya.
Sektor Keuangan dan Pertumbuhan Ekonomi di Indonesia: Pendekatan kausalitas dalam Multivariate Vector Error Correction Model (VECM). (t.t.).
Siyoto, S. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Literasi Media Publishing,.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif Dan R, D. Alfabeta.
Sujarweni, V. W. (2015). Metodologi Penelitian Bisnis Ekonomi. Pustaka Baru Press.
Suliyanto. (2011). Ekonometrika Terapan: Teori dan Aplikasi dengan SPSS. Andi.
Syafina, L. (2019). Metode Penelitian Akuntansi Pendekatan Kuantitatif. Febi Press
Umar, H. (2011). Metode Penelitian Untuk Skripsi Dan Tesis Bisnis. PT Raja Grafindo Persada.
Wagland, S. P., & Taylor, S. (2009). When it comes to financial literacy is gender really an issue. Australian Accounting Business and Finance Journal, 3(1).
Yushita, A. N. (2017). Pentingnya Literasi Keuangan Bagi Pengelolaan Keuangan Pribadi. Jurnal Nominal, 6(1).
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. In line with the license, authors are allowed to share and adapt the material. In addition, the material must be given appropriate credit, provided with a link to the license, and indicated if changes were made. If authors remix, transform or build upon the material, authors must distribute their contributions under the same license as the original.