Religiusitas sebagai Pemoderasi dalam Hubungan antara Gaya Hidup, Promosi Digital, dan Impulsive Buying Generasi Z Muslim di Kota Palopo: Perspektif Ekonomi Syariah
DOI:
https://doi.org/10.24256/kharaj.v7i4.8205Keywords:
gaya hidup, promosi digital, impulsive buying, religiusitas, Generasi ZAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh gaya hidup dan promosi digital terhadap perilaku impulsive buying pada Generasi Z Muslim di Kota Palopo dengan religiusitas sebagai variabel pemoderasi. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksplanatori. Data diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada 115 responden Generasi Z Muslim di Kota Palopo yang dipilih menggunakan teknik purposive sampling. Analisis data dilakukan dengan menggunakan perangkat lunak SmartPLS versi 4.11.4 melalui metode Partial Least Square (PLS) untuk menguji validitas, reliabilitas, model struktural, dan hipotesis penelitian. Hasil penelitian menunjukkan bahwa masing-masing variabel gaya hidup dan promosi digital berpengaruh positif dan signifikan terhadap impulsive buying. Namun, religiusitas tidak terbukti memoderasi pengaruh gaya hidup maupun promosi digital terhadap impulsive buying. Temuan ini mengindikasikan adanya kesenjangan antara tingkat pemahaman religiusitas dan praktik konsumsi yang masih cenderung impulsif. Secara teoretis, penelitian ini memperkuat kajian Stimulus–Organism–Response (SOR), sedangkan secara praktis menegaskan pentingnya literasi keuangan dan literasi digital agar Generasi Z mampu mengelola perilaku konsumsi sesuai dengan prinsip kesederhanaan dalam Islam.
Kata Kunci: gaya hidup, promosi digital, impulsive buying, religiusitas, Generasi Z
References
Abdullah, A. R., Syukur, M., & Ismail, A. (2024). Perilaku Mahasiswa Kota Palopo Memanfaatkan Aplikasi TikTok Untuk Belanja Online Dalam Perspektif Max Weber. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Pembelajaran, 06(3), 317–329. https://journalpedia.com/1/index.php/jipp
Ahdiat, A. (2024). Tingkat Penetrasi Internet di 38 Provinsi Indonesia Tahun 2024. Databoks. https://databoks.katadata.co.id/teknologi-telekomunikasi/statistik/66ed03a813441/tingkat-penetrasi-internet-di-38-provinsi-indonesia-tahun-2024#:~:text=Sulawesi Selatan%3A 71%2C81%25,Kalimantan Selatan%3A 71%2C76%25
Almasyhari, A. K., Sukesti, F., Sari, Y. P., & Fauziah, G. I. (2024). EDUKASI MASYARAKAT DALAM MENGENALI IMPULSIVE BUYING DI ERA DIGITAL EKONOMI. Jurnal Abdikaryasakti, 4(2), 165–182. https://doi.org/https://doi.org/10.25105/v4i2.20170
Amanda, S. Y., Alimbel, F., & Surur, M. (2024). Pengaruh Social Media, Shopping Lifestyle, Dan Customer Experience Terhadap Perilaku Impulse Buying Gen Z Melalui E-Commerce. Jurnal Rumpun Manajemen Dan Ekonomi, 1(2), 171–180. https://doi.org/https://doi.org/10.61722/jrme.v1i2.1262
Angela, V., & Paramita, E. L. (2020). Pengaruh Lifestyle Dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Impulse Buying Konsumen Shopee Generasi Z. Jurnal Ekobis : Ekonomi Bisnis & Manajemen, 10(2), 248–262. https://doi.org/10.37932/j.e.v10i2.132
APJII. (2024). APJII Jumlah Pengguna Internet Indonesia Tembus 221 Juta Orang. APJII. https://apjii.or.id/berita/d/apjii-jumlah-pengguna-internet-indonesia-tembus-221-juta-orang?utm_source=chatgpt.com
Areta, T. D., & Nadia Khairina. (2024). Dampak Discount Promotion pada Platform E-Commerce terhadap Perilaku Impulsive Buying. Flourishing Journal, 4(1), 41–46. https://doi.org/10.17977/um070v4i12024p41-46
Astuti, N. A., & Pratiwi, A. (2024). Pengaruh FOMO ( Fear of Missing Out ) , Shopping Lifestyle , dan Positive Emotion Terhadap Impulse Buying ( Survey pada Mahasiswa Konsumen E-commerce Shopee di Universitas Slamet Riyadi Surakarta ). Jurnal Ekonomi Dan Manajemen, 2(1), 540–562. https://doi.org/https://doi.org/10.62710/srsrw507
Ayu, I. (2020). Pengaruh Gaya Hidup, Religiusitas, Impulsif Buying, Hedonisme, dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian di Online Store Media Sosial dengan Self Control Sebagai Variabel Intervening. Journal Of Sharia Economics, 3(1), 23–37.
Bahriyah, E. N., Afif, A. S., & Tambunan, R. M. (2024). Perilaku Adopsi Teknologi Pada Era Digital. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat Nusantara (JPkMN), 6(1), 1679–1684. https://doi.org/DOI : http://doi.org/10.55338/jpkmn.v6i1.4518
Baumeister, R. F., Vohs, K. D., & Tice, D. M. (2007). The strength model of self-control. Current Directions in Psychological Science, 16(6), 351–355. https://doi.org/10.1111/j.1467-8721.2007.00534.x
Boestam, A. B., & Derivanti, A. Des. (2022). Komunikasi Digital Dan Perubahan Sosial. Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan (JISIP), 6(4), 2829–2834. https://doi.org/10.36312/jisip.v6i4.4032/http
Cahyani, H. H. (2020). ANALISIS PENGARUH PROMOSI DIGITAL, KEPERCAYAAN, DAN KEMUDAHAN BERBELANJA MELALUI LOKAPASAR (MARKETPLACE) TERHADAP PERILAKU KONSUMTIF GENERASI Y DIMODERASI DENGAN VARIABEL RELIGIUSITAS [Universitas Brawijaya Malang]. https://jimfeb.ub.ac.id/index.php/jimfeb/article/view/7417
Diki Ramadhan, Henny Welsa, & Diansepti Maharani, B. (2024). Pengaruh Desain Produk dan Promosi Digital terhadap Keputusan Pembelian melalui Pembelian Implusif sebagai Variabel Mediasi pada Konsumen Tiktok Shop: Studi Kasus Mahasiswa Yogyakarta. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 5(4), 2428–2443. https://doi.org/10.47467/elmal.v5i4.654
El-Yusufi, A. M. (2024). Etika Konsumsi dalam Ekonomi Islam: Penggunaan Sumber Daya untuk Mencapai Falah (S. N. Febriani (ed.)). Penerbit Deepublish.
Elinda, A. M., & Hastuti, M. A. S. W. (2024). Pengaruh Promosi Penjualan dan Gaya Hidup terhadap Pembelian Impulsif Mahasiswa. JSIM: Jurnal Ilmu Sosial Dan Pendidikan, 5(3), 472–479. https://doi.org/http://doi.org/10.36418/syntax-imperatif.v5i3.429
Ernestivita, G., Budiyanto, & Suhermin. (2023). Seni Digital Marketing untuk Meningkatkan Pembelian Impulsif dan Compulsif (R. R. Rerung (ed.)). Penerbit Media Sains Indonesia.
Fadillah, A. N., Darna, & Muchtasib, A. B. (2020). Analisis Pengaruh Promosi Digital Terhadap Perilaku Konsumtif Mahasiswa Perbankan Syariah Dalam Berbelanja Online Dengan Religiusitas Sebagai Variabel Moderasi. Account: Jurnal Akuntansi, Keuangan Dan Perbankan, 7(1), 1233–1243. https://doi.org/10.32722/acc.v7i1.2834
Fauziyah, A., Syamsir, Putri, M. A., Abduravi, M. F., Oktaviani, W., & Dafrianita, Y. (2024). Analisis Perubahan Perilaku Belanja Generasi di Era Digital Melalui Pendekatan Antropologi Sosial. Triwikrama: Jurnal Ilmu Sosial, 4(6), 1–12. https://circle-archive.com/index.php/carc/article/view/244
Felysia Suganda Putri, & Yudi Sutarso. (2024). Pengaruh Promosi Dan Harga Terhadap Minatbeli Produk Supermarket Syariah Pada Generasi Z Dengan Moderasi Religiusitas. Qolamuna : Jurnal Studi Islam, 9(02), 31–46. https://doi.org/10.55120/qolamuna.v9i02.1363
Ghozali, I. (2014). Structural Equation Modelling: Metode Alternatif dengan Partial Least Square (Edisi 4). Badan Penerbit Universitas Diponegoro.
Halim, A. (2024). Studi tentang Perilaku Konsumen Generasi Z dan Pengaruhnya terhadap Pasar. Circle Archive, 1(5), 1–11. https://circle-archive.com/index.php/carc/article/view/244
Haris, A. (2023). Analisis Pengaruh Promosi Digital dan Kualitas Layanan Aplikasi Go-Food Terhadap Keputusan Pembelian Makanan. Economics and Digital Business Review, 4(1), 597–610. https://www.ojs.stieamkop.ac.id/index.php/ecotal/article/download/382/230
Hidayat, F., & Riofita, H. (2024). Pengaruh Diskon Dan Promosi Terhadap Perilaku Pembelian Implusif Di Era Digital Pada Platform E-Commerce. Jurnal Kolaboratif Sains, 7(11), 4196–4201. https://doi.org/10.56338/jks.v7i11.6400
Indriani, F., Muhammad Yani, & Mas Oetarjo. (2024). Dampak Strategi Promosi Digital, Kualitas Pelayanan dan Word of Mouth Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Studi Pada Lesehan Citra. El-Mal: Jurnal Kajian Ekonomi & Bisnis Islam, 5(5), 3954–3971. https://doi.org/10.47467/elmal.v5i5.2199
Ittaqullah, N., Qalbi, L. S., & Isalman, I. (2023). Gaya Hidup terhadap Perilaku Impulsive Buying pada Konsumen Marketplace. Jurnal Sublimapsi, 4(2), 349–356. https://doi.org/10.36709/sublimapsi.v4i2.39127
Kementerian Agama RI. (2014). al-Qur’an dan Terjemahnya. Halim.
Krisito, R. E., Musnaini, Fazri, A., & Khotib, W. (2024). Pengaruh Promosi Gratis Ongkir dan Countdown Time terhadap Impulse Buying pada Aplikasi Shopee. Innovative: Journal Of …, 4(3), 18140–18153. http://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/view/12706%0Ahttp://j-innovative.org/index.php/Innovative/article/download/12706/8594
Lahuri, S. bin, Putri, N. M., Ahmad, R. A., & Mahfudz, A. A. (2025). Religiosity as a Moderator between Planned Behavior Factors and Online Shopping Intention. QTISHADIA Jurnal Kajian Ekonomi Dan Bisnis Islam, 17(2), 377–404. https://doi.org/10.21043/iqtishadia.v17i2.29959
Lewis, E. S. E. (1908). Financial Advertising. Levey Bros. & Company.
Maharani, P. K., Giantari, I. G. A. K., & Purnami, N. M. (2024). Impulse Buying Fashion (M. A. Wardana (ed.)). Penerbit Intelektual Manifes Media.
Mansur, A. D., Ismail, Y. L., & Abdussamad, Z. K. (2024). Pengaruh Hedonic Shopping Value Dan Shopping Lifestyle Terhadap Impulse Buying Pada Konsumen Butik Zahra Collection. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(2), 109–120. https://doi.org/https://doi.org/10.5281/zenodo.10472564
Mariani, N., & Sulhaini. (2025). Influence of Spaylaters, Lifestyle, and Religiosity on Purchasing Decisions: A Case Study on Shopee. Journal of Economics, Finance And Management Studies, 08(05), 2631–2638. https://doi.org/10.47191/jefms/v8-i5-09
Maryati, W., Hartini, S., & Premananto, G. C. (2021). The Role of Religiosity and Spirituality on Impulsive Buying. Al-Uqud : Journal of Islamic Economics, 5(1), 119–150. https://doi.org/10.26740/al-uqud.v5n1.p119-150
Matondang, Z., Nasution, H. F., & Panggabean, A. (2024). Moderation of Religiosity in Fashion Trends and Lifestyle on Muslimah Clothing Purchasing Decisions. Jurnal Al-Qardh, 9(1), 58–71. https://doi.org/10.23971/jaq.v9i1.9024
McCullough, M. E., & Willoughby, B. L. B. (2009). Religion, Self-Regulation, and Self-Control: Associations, Explanations, and Implications. Psychological Bulletin, 135(1), 69–93. https://doi.org/10.1037/a0014213
News, D. (2022). Pengguna Internet Soppeng Peringkat 12 di Sulsel. Dbs News. https://dbsnews.id/2022/11/peringkat-ke-12-di-sulsel-pengguna-internet-soppeng-baru-capai-54-persen/
Nugraha, D., Fadli, U. M., & Khalida, L. R. (2023). Implementasi Promosi Digital Produk Tabungan Emas Pada Pt Pegadaian Cabang Cikampek. Jurnal Manajemen, 13(1), 61–75. https://e-jurnal.lppmunsera.org/index.php/JM/article/view/6907
Pertiwi, R. A., & Prasetya, B. P. (2024). Pengaruh Lifestyle, Diskon, dan Iklan Produk Fashion terhadap Impulse Buying pada Generasi Z di Yogyakarta melalui Media Tiktok Shop. Jurnal Bisnis Dan Komunikasi Digital, 1(4), 1–9. https://doi.org/10.47134/jbkd.v1i4.2752
Priyatno, P. D., Handayani, T., & Yetty, F. (2022). Buku Ajar Etika Bisnis dalam Persfektif Islam (A. N. Rohim (ed.); Cet. I). Penerbit Deepublish.
Purwanto, T., Kurniati, P., & Susanti, L. (2022). Peran Religiusitas Sebagai Pemoderasi Hubungan Diskon Dengan Impulse Buying. Jurnal Penelitian Dan Pengabdian Kepada Masyarakat UNSIQ, 9(3), 221–230. https://doi.org/10.32699/ppkm.v9i3.3265
Puspita, A. (2024). Mengelola Gaji Pertama Tantangan Finansial Gen Z di Era Konsumerisme. Kumparan.Com. https://kumparan.com/ayyu-puspitta/mengelola-gaji-pertama-tantangan-finansial-gen-z-di-era-konsumerisme-23r9ENu9No5
Putri, A., Wijayanto, G., Noviasari, H., & Siregar, P. A. (2024). Pengaruh Sales Promotion Dan Shopping Life Style Terhadap Impulsive Buying Dengan Positive Emotion Variabel Intervening Di Tokopedia. 8(1), 103–112. https://doi.org/https://doi.org/10.31629/bi.v8i1.6038
Putri, N. M., Ferlianti, R. A., & Zuhri, S. (2024). Analisis Perilaku Konsumtif pada Tren Pembelian Boneka Labubu di Kalangan Gen-Z. KOMUNIKA JURNAL ILMIAH KOMUNIKASI, 2(2), 15–24. https://publikasi.abidan.org/index.php/komunika/index
Qurthubi, M. B. A. A.-A. Al. (n.d.). Jami’ul Al-Ahkam Al-Qur’an.
Ratnawati. (2024). Analisis Pola Perilaku Pembelian Impulsif Generasi Z di Pontianak pada Platform Social Commerce : SOR Theory. JPEK: Jurnal Pendidikan Ekonomi Dan Kewirausahaan), 8(3), 1049–1060. https://doi.org/10.29408/jpek.v8i3.27289
Risnandini, H. K., & Khuzauni. (2024). Pengaruh Hedonic Motivation Dan Shopping Lifestyle Terhadap Impulse Buying Dengan Positive Emotion Sebagai Variabel Mediasi (Studi Pada Pengguna Shopee di Kota Surabaya) Khuzaini Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Indonesia (STIESIA) Surabaya. Jurnal Ilmu Dan Riset Manajemen, 13(2), 1–15. https://jurnalmahasiswa.stiesia.ac.id/index.php/jirm/article/view/5797
Rizqiyyah, F. (2023). Religiosity As A Moderator Of Effect Social Media , Lifestyle , And Prices On Purchasing Decisions Of Salatiga Hijab Agents. Jurnal Ekonomi, 12(01), 1100–1104.
Saebah, N., & Layaman. (2020). Pengaruh Promosi Gratis Ongkir Terhadap Impulse Buying Dengan Flash Sale Sebagai Variable Intervening Pada E-Commerce Shopee. Co-Value: Jurnal Ekonomi, Koperasi & Kewirausahaan, 11(1), 11–20. https://journal.ikopin.ac.id
Sandi, F. (2020). Dampak Pembelian Online Di Shopee Dalam Perubahan Gaya Hidup Konsumtif Perempuan Shopaholic Di Kota Palopo. Fera.
Shihab, M. Q. (2012). Tafsir Al-Misbah, Pesan , kesan dan Keserasian Al-Qur’an. Lentera Hati.
Sihombing, D. O., & Sukati, I. (2022). Analisis Pengaruh Promosi, Life Style, dan Kualitas Produk Terhadap Impulse Buying Shopee di Kota Batam. ECo-Buss, 5(2), 754–766. https://doi.org/10.32877/eb.v5i2.610
Sudaryanto. (2023). Consumer Behavior Gen Z. Universitas Ciputra.
Sumarwan, U. (2011). Perilaku Konsumen. Penerbit Rhalia Indonesia.
Tumanggor, S., Hadi, P., & Sembiring, R. (2022). Pembelian impulsif pada e-commerce shopee (studi pada konsumen shopee di Jakarta Selatan). Journal of Business and Banking, 11(2), 251–270. https://doi.org/10.14414/jbb.v11i2.2733
Usada, U. (2023). Analisis Peran Religiusitas dalam Memoderasi Promosi dan Harga terhadap Minat Beli Generasi Milenial dan Generasi Z di Toko Syariah. Ulil Albab: Jurnal Ilmiah Multidisiplin, 3(602–612). https://journal-nusantara.id/index.php/JIM/article/view/2733/2239
Wijoyo, H., Indrawan, I., Cahyono, Y., Handoko, A. L., & Santamoko, R. (2020). Generasi Z dan Revolusi Industri 4.0 (Cet. I). Penerbit CV. Pena Persada.
Zamzam, H. F., & Aravik, H. (2020). Etika Bisnis Islam Seni Brbisnis Keberkahan (Cet. I). Penerbit Deepublish.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Copyright (c) 2025 Jesika Saputri, Sudirman, Idris Parakkasi, Syaharuddin, Sumarlin

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License. In line with the license, authors are allowed to share and adapt the material. In addition, the material must be given appropriate credit, provided with a link to the license, and indicated if changes were made. If authors remix, transform or build upon the material, authors must distribute their contributions under the same license as the original.







