ANALISIS PENGARUH PERCEIVED USEFULNESS DAN PERCEIVED EASE OF USE TERHADAP TINGKAT KEPUASAN NASABAH DALAM MENGGUNAKAN ATM (Studi Kasus Pada Nasabah Bank Muamalat Cab. Palopo)

Zainuddin S, Paramita Sandana

Abstract


Penelitian ini dimaksudkan untuk mengetahui bagaimana pengaruh Perceived Usefulnes dan Perceived Ease of Use berpengaruh terhadap tingkat kepuasan nasabah dalam menggunakan ATM pada Bank Muamalat Cab. Palopo. Instrumen yang digunakan yakni tinjauan lapangan dan kuesioer dengan menggunakan skala likert. Data yang dikumpulkan dianalisis menggunakan analisis Regresi Linear Berganda. Objek yang menjadi sampel dalam penelitian ini adalah nasabah Bank Muamalat Palopo, responden dari penelitian ini berjumlah 99 orang dengan taraf kesalahan 0.5%.

Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan perhitungan koefisien determinasi (R2) menunjukkan nilai = 0,239. Hal ini berarti bahwa sebesar 23,9% kepuasan nasabah dipengaruhi oleh variabel bebas perceived usefulness dan perceived ease of use, sedangkan sisanya sebesar 76,1% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain yang tidak diteliti. Dengan demikian dapat disimpulkan, bahwa perceived usefulness dan perceived ease of use dapat mempengaruhi kepuasan nasabah.


Full Text:

PDF

References


Arikunto, Suharsini, “Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek”, Edisi V Cet.6; Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2002.

Chin, Younghwa, Kenneth A. Kozar, and Kai R.T.Todd, “The Technology Acceptance Model: Past, Present, and Future”, Communication of The Association for Information System, Vol. 12, Article 50, 29 Desember 2013http://aisel.aisnet.org/cais/vol12/css/50/(17 Maret 2014). Pdf.

Davis,F.D.,“Perceived usefulness, perceived ease of use, and user acceptance of informationtechnology”, MS Quarterly (online),Vol. 13Iss. 3, pg. 318 http://www.cba.hawaii.edu/chismar/ITM704/ DavisTAM 1989/ 15Maret 2014. pdf.

Dishaw, Tommi, and Anssi Oorni Strong, (1999),“Trust Enhanced Technology Acceptance ModelConsumer Acceptance of Mobile Payment Solution” dalam Gilang Rizky Amijaya (Ed), “Pengaruh Persepsi Teknologi Informasi Kemudahan, Resiko, Fitur Layanan Terhadap Minat Ulang Nasabah Bank dalam Menggunakan Internet Banking (studi pada nasabah Bank BCA) Skripsi, Semarang: Universitas Diponegoro, 2010. td.

Fisk, Peter,“Marketing Jenius”. Elex Media Computindo, Jakarta. 2007.

Harmadi, Ashur dan Budi Hermana,“Analisis Karakteristik Individu Dan Prilaku Pengguna Internet Banking: Reliabilitas dan Validitas Instrumen Pengukuran” Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi 2005 (SNATI 2005) Yogyakarta, 18 Juni 2005. http://id.wikipedia bahasa indonesia, ensiklopedia bebas.org/20013/bank- muamalat-indonesia#mw.navigation.html. http://wikipedia bahasa indonesia, ensiklopedia bebas.org/sejarah-teknologi- informasi.html.

Igbaria, M., A. “Chakrabarti, Computer anxietyand attitudes towards microcomputer use.” Behaviour Inform. Tech. 9(3) 229–241.1990.t.d..

Margono, “Metodologi Penelitian Pendidikan”, Cet.IV: Jakarta: Rineka Cipta, 2004.

Munir, M.IT.,“Pembelajaran Jarak Jauh Berbasisi Teknologi Informasi dan Komunkasi”. Alfabet, Bandung. 2009.

O’Brian, David and Detmar Straub,“The Relative Importance of Perceived Ease of Use in IS Adoption: A Study of e-Commerce Adoption Journal of the association for information system” dalam Gilang Rizky Amijaya (Ed), “Pengaruh Persepsi Teknologi Informasi Kemudahan, Resiko, Fitur Layanan Terhadap Minat Ulang Nasabah Bank Dalam Menggunakan Internet Banking (studi pada nasabah Bank BCA),” Skripsi, Semarang: Universitas Diponegoro, 2010.td.

Sugiyono, Penelitian Bisnis”, Bandung: Alfabeta, 2008.

Sumitro, Warkum,“Asas-asas Perbankan Islam dan Lembaga-lembaga Terkait, BMI dan Takaful Indonesia”. Edisi Revisi. PT RajaGrafindo Persada, Jakarta. 2002.

Umar, Husain, “Metode Penelitian Untuk Skripsi Dan Tesis Bisnis” dalam Nugraha Setiawan (Ed) Penentuan Ukuran Sampel Menggunakan Rumus Slovin Dan Tabel Krejcie

Morgan: Telaah Konsep Dan Aplikasi”, Makalah, Bandung: Universitas Padjajaran, 2007. td.




DOI: https://doi.org/10.24256/m.v4i1.645

Article Metrics

Abstract view : 220 times
PDF - 306 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.