ANALISIS IMPLEMENTASI PRINSIP-PRINSIP GOOD CORPORATE GOVERNANCE (GCG) TERHADAP PERSEPSI MASYARAKAT DAN KINERJA KEUANGAN PADA PERUSAHAAN DAERAH AIR MINUM (PDAM) KOTA PALOPO

Burhan Rifuddin

Abstract


Permasalahan pokok penelitian ini adalah bagaimana implementasi prinsip-prinsip Good Corporate Governance (GCG) terhadap persepsi masyarakat dan kinerja keuangan di Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kota Palopo? Adapun sub pokok masalahnya yaitu: 1. Bagaimana implementasi prinsip-prinsip GCG di PDAM Kota Palopo? 2. Bagaimana persepsi masyarakat terhadap PDAM Kota Palopo? 3. Bagaimana kinerja keuangan di PDAM Kota Palopo? 4. Bagaimana hubungan dari implemantasi prinsip-prinsip GCG terhadap kinerja keuangan di PDAM Kota Palopo. Penelitian ini bertujuan: a. Untuk mengetahui implementasi prinsip- prinsip GCG di PDAM Kota Palopo, b. Untuk mengetahui persepsi masyarakat terhadap PDAM Kota Palopo, c. Untuk mengetahui kinerja keuangan di PDAM Kota Palopo, d. Untuk mengetahui hubungan dari implementasi prinsip-prinsip GCG terhadap kinerja keuangan di PDAM Kota Palopo. Sumber data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh secara langsung dari objek penelitian sebagai sumber informasi yang dicari dalam hal ini berasal dari kantor PDAM Kota Palopo dan data sekunder melalui studi pustaka (library research) berkaitan dengan judul penelitian serta pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dokumentasi, trianggulasi, kuesioner. Adapun pendekatan yang  digunakan adalah pendekatan studi  kasus. Analisis data campuran kualitatif dan kuatitatif secara seimbang (Concurrent Trianggulation). Hasil penelitian menunjukkan bahwa : 1) Implemtasi prinsip-prinsip GCG tahun 2010-2012 (pra) di PDAM berjalan baik dengan persentase 49,74% dan sesudah penerapan GCG di tahun 2012-2014, penerapannya sangat baik dengan persentase 53,57%. 2) Persepsi masyarakat terhadap PDAM Kota Palopo adalah tergolong baik dengan persentase 50,27%. 3) Kinerja keuangan di PDAM Kota Palopo tergolong kurang dengan memperoleh nilai dari aspek keuangan 45, disebabkan penurunan setiap tahunnya indikator profitabilitas seperti NPM,ROA dan ROE.

4) Penerapan GCG tidak memiliki hubungan yang kuat terhadap kinerja keuangan dikarenakan hubungan positif rendah dari pra dan pasca implementasi GCG di PDAM hanya memperkuat di bagian administrasi, sedangkan di kinerja keuangan tidak sejalan.


Article Metrics

Abstract view : 21 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.