PENGARUH STRATEGI PEMASARAN TERHADAP KEPUASAN NASABAH BANK SYARIAH PADA BANK SYARIAH MANDIRI KOTA PALOPO

Nur Riska Farhana

Abstract


Abstract: This study discusses the effect of marketing strategies on customer satisfaction of Islamic Banks at Bank Syariah Mandiri Palopo Branch. The focus of the study discussion lies in the influence of marketing strategies and customer satisfaction in Bank Syariah Mandiri Palopo Branch. In this study using field research, by examining directly on the object, namely customers of Bank Syariah Mandiri Palopo branch. This research uses quantitative research type, the population in this study are customers of Bank Syariah Mandiri in Palopo branch totaling 3600 people, with a sample of 50 people given questionnaires. The technique used in sampling is a technique (probability sampling) simple random sampling (random sample). The instrument used was a questionnaire (questionnaire) with 23 statements presented in the form of a Likert scale. Based on the results of the research that has been carried out, it can be seen that the marketing strategy applied at the Bank Syariah Mandiri in the Palopo Branch has a positive and significant effect on customer satisfaction with value. the value of t-count (3,432) is greater than the value of t-table (1,660). The influence of marketing strategy on customer satisfaction at Bank Syariah Mandiri Branch Palopo 0.895. Customer satisfaction at Bank Syariah Mandiri before an increase in marketing strategy was 36,639 when the marketing strategy was increased by 1 point, satisfaction increased by 0.895.

Keywords: Marketing Strategy, Customer Satisfaction.

 

Abstrak: Penelitian ini membahas mengenai Pengaruh Strategi Pemasaran Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Syariah pada Bank Syariah Mandiri Cabang Palopo. Fokus kajian pembahasan yaitu terletak pada pengaruh strategi pemasaran dan kepuasan nasabah di Bank Syariah Mandiri Cabang Palopo.Dalam penelitian ini menggunakan penelitian lapangan,  dengan  meneliti  langsung  pada  objek,  yaitu  nasabah  Bank  Syariah Mandiri cabang Palopo. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif, populasi dalam penelitian ini adalah nasabah Bank Syariah Mandiri cabang Palopo berjumlah 3600 orang, dengan penarikan sampel 50 orang yang diberikan angket. Tehnik yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah tehnik (probability sampling) pengambilan sampel acak sederhana (random sample). Instrumen yang digunakan adalah angket (kuesioner) dengan 23 butir pernyataan yang disajikan dalam bentuk skala likert.Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan maka dapat diketahui bahwa strategi pemasaran yang diterapkan di Bank Syariah Mandiri Cabang Palopo mempunyai pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kepuasan nasabah dengan nilai yang diperoleh nilai thitung (3,432) lebih besar dari nilai ttabel (1,660). Besar pengaruh yang ditimbulkan strategi pemasaran terhadap kepuasan nasabah di Bank Syariah Mandiri Cabang Palopo 0,895. Kepuasan nasabah pada Bank Syariah Mandiri sebelum adanya peningkatan strategi pemasaran adalah sebesar 36,639 ketika strategi pemasaran ditingkatkan 1 poin maka kepuasan bertambah 0,895.

Kata Kunci : Strategi Pemasaran, Kepuasan Nasabah.


Article Metrics

Abstract view : 6 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.