PENGARUH BEBERAPA FAKTOR MINAT BELI PRODUK KECANTIKAN (STUDI PADA MAHASISWI PRODI EKONOMI SYARIAH IAIN PALOPO )

IRNA PURNAMASARI

Abstract


Abstract

 

               This study discusses the influence of several factors on buying interest in beauty products. and which factor is the most dominant. Purchasing decisions made by Sharia Economics students have many factors, some of which are the halal label, promotion and brand factors.

               The method used in this study is a quantitative method using SPSS version 21, with a population of 409 students of Islamic Economics. The sample was obtained by the number of respondents of 100 female students. In the sampling technique, a sampling technique is used, namely random sampling or random sampling. Data were collected using a questionnaire filled out by the respondents. Then the data obtained were analyzed using multiple regression analysis.

The results of the study found that the variable consumer behavior is halal label, promotion, and brand, psychologically simultaneously has a significant influence on purchasing decisions, where it is known that the value of Fcount (13.54)> from the value of Ftable (2.46). And the most dominant factor that influences purchase interest is the brand factor because tcount (2.722)> ttable (1.660).

Keywords: Purchase Interest Decision

Abstrak

Penelitian ini membahas tentang pengaruh beberapa faktor minat beli produk kecantikan. dan faktor manakah yang paling dominan. Keputusan pembelian yang dilakukan oleh mahasiswi Ekonomi Syariah oleh banyak faktor, beberapa diantaranya adalah faktor label halal, promosi dan merek.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif menggunakan SPSS versi 21, dengan populasi mahasiswi Ekonomi Syariah berjumlah 409. Sampel diperoleh dengan jumlah responden sebesar 100 mahasiswi. Dalam teknik pengambilan sampel, digunakan teknik sampling yaitu random sampling atau dengan sampel acak. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner yang diisi oleh para responden. Kemudian data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakanan alisis regresi berganda.

Hasil penelitian menemukan bahwa perilaku konsumen variabelnya yaitu label halal, promosi, dan merek, psikologis secara simultan mempunyai pengaruh signifikan terhadap keputusan pembelian, dimana diketahui nilai Fhitung (13,54) > dari nilai Ftabel (2,46). Dan faktor yang paling dominan yang mempengaruhi minat beli yaitu faktor merek karna thitung (2,722) > ttabel (1,660).

Kata Kunci : Keputusan Minat Beli



References


Daftar Pustaka

Ahmad Tanzeh, Metode Penelitian Praktis, (Yogyakarta: Teras,2011), h. 64. Ahmad Tanzeh, Metodologi Penelitian Praktis, (Yogyakarta: Teras, 2011), h. 83 Bermen dan Evans, Retail manajemen. ( New Jersey: Prentice Hal,1998), h. 216

Buchari Alma, Manajemen Pemasaran Dan Pemasaran Jasa, (Jakarta:Rinekacipta, 2002)

Burhan Bungin, Metode Penelitian Sosial: Format 2 Kuantitatif dan Kualitatif, (Surabaya: airlangga University Press, 2005), h. 128.

Danang Sunyoto, Konsep Dasar Riset Pemasaran Dan Perilaku Konsumen (Jakarta; PT. Buku Seru, Cet kedua, 2014), h. 52

Fakhrian Amrullah, http:/www.aneka-skripsi,Ekonomi Syariah blogspot.com. akses tanggal 12 September 2015

Fandi Tjipto, Strategi Pemasaran, (Yogyakarta: Andi 1997), h. 95

Ida ratnawati, Pengaruh Label Halal MUI dan Brand Image terhadap minat membeli produk kosmetik warda http://repository.ipb.ac.id diakses tanggal 12 september 2015

Indriyo Gitosudarno, pengertian strategi pemasaran (Yogyakarta: BPEE Manajemen Pemasaran Edisi 1, 1994), h. 349

Jerry j. Weygant dkk, Research methods For Busines “Metode Penelitian Untuk Bisnis”Ed. 4, Buku II (jakarta; Salemba Empat, 2006) , h.

Nanasudjana, Tuntunan penyusunan Karya ilmiah makalah-Skripsi-Tesis-disertasi, (Bandung: Sinar Baru Argasindo, 2001), h. 24.

Philip kotler, Manajeme Pemasaran, (jakarta: erlangga, 2008, Edisi 12,jilid 1 2008) h.214

Philip kotler, Manajeme Pemasaran, (jakarta: erlangga, 2008, Edisi 12,jilid 1 2008) ibid,h.217

Pengertian Halal Menurut Deartemen Agama yang dimuat dalam KEPMENAG RI NO 518 Tahun 2001

Philip kotler, Manajemen Pemasaran Di Indonesia: Buku 1 Analisis, (F.t: Perencanaan, Implementasi Dan pengendalian salemba Empat, 2000), h. 727.

Philip Kotler, Manajemen Pemasaran, (Jakarta: Erlangga, 2008, Edisi 13, Jilid 1, 2008) h.258

Philip Kotler, Manajemen Pemasaran, (Jakarta: Erlangga, 2008, Edisi 13, Jilid 1, 2008) ibid, h.260

Sugiyono, Metode Penelitian Bisnis, (Bandung: Alfabeta, 2005), h. 11. Sugiyono, Metode Penelitian Bisnis, (Bandung: Alfabeta, 2007), ibid, 72. Sugiyono, Metode Penelitian Pendidikan… h. 135.

Sugiyono, Metode Penelitian Bisnis.... , h. 86.

Tim Penyusun, Pedoman Penyusunan Skripsi, (Tulungagung: IAIN Tulungagung, 2014), h.24-25.




DOI: https://doi.org/10.24256/joins.v3i2.1751

Article Metrics

Abstract view : 20 times
IRNA PURNAMASARI PDF - 18 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

©Journal Of Institution And Sharia Finance This is an open access article under the Creative Commons - Attribution-ShareAlike 4.0 International license (CC BY-SA 4.0) Journal Of Institution And Sharia Finance, p-ISSN: 2620-5130 and e-ISSN: 2654-6043

View My Stats