Analisis Penerapan Strategi E-Service Quality dalam Upaya Mempertahankan Kepercayaan Nasabah Bank Syariah Indonesia KCP Makassar Veteran

Authors

  • Nurhayati Yati Soppeng, Indonesia
  • Ilham Gani
  • Supriadi Hamid

DOI:

https://doi.org/10.24256/joins.v7i2.5370

Keywords:

: Strategy, Service Quality, E-Service Quality, Customer Trust

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana penerapan strategi ­service quality maupun e-service quality dalam upaya mempertahankan kepercayaan nasabah Bank Syariah Indonesia KCP Makassar Veteran. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif, dengan maksud untuk memahami fenomena tentang apa yang dialami  oleh subjek penelitian misalnya perilaku, persepsi, motivasi,  dan tindakan dengan cara deskriptif. Dengan pendekatan  fenomenology dan teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Disamping itu, peneliti menggunakan data-data sekunder yang diperoleh dari  menelaah buku-buku, jurnal, artikel,  dan pendukung lainnya. Data yang diperoleh kemudian diuji keabsahannya menggunakan metode triangulasi sumber. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa, 1) penerapan strategi service quality dalam upaya mempertahankan kepercayaan nasabah Bank Syariah Indonesia KCP Makassar Veteran yaitu dilihat berdasarkan standar pelayanan yang terdiri dari 6 dimensi, yaitu kepatuhan (compliance), jaminan (assurance), keandalan (realibility), bukti nyata atau bukti langsung (tangibles), empati (empathy) dan daya tanggap (responsiveness).  2) penerapan layanan elektronik banking (e-service quality)  dalam upaya mempertahankan kepercayaan nasabah Bank Syariah Indonesia KCP Makassar Veteran yaitu melalui beberapa dimensi pelayanan digital yang meliputi Efficiensy (efisiensi), Fullfillment (pemenuhan produk), Sistem Availablity (ketersediaan sistem),  Privacy (keamanan), Responsiveness (ketanggapan),  Compensation (kompensasi), dan Contact (kontak).

References

Andrayani, Kristi Fiki, dan Nihayatu Aslamatis Solekah, “Determinasi Kepuasan Nasabah Elektronic Mobile Banking Bank Syariah Indonesia ( pendekatan E Service Quality ),” Wnceb, 2021

Elfandi, Kevin Ahmad, “Pengaruh Kepatuhan Syariah terhadap Kepuasan Nasabah pada Bank Muamalat Melalui Kualitas Pelayanan” (Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, 2022)

Gultom, Mardia Shintia Devi, dan Mustapa Khamal Rokan, “Problematika Perbankan Syariah: Solusi dan Strategi Digitaliasasi dalam Meningkatkan Kualitas Produk dan Layanan Perbankan di Bank Sumut Kantor Cabang Syariah Medan,” ALEXANDRIA (Journal of Economics, Business, & Entrepreneurship), 3.1 (2022), 14–20 <https://doi.org/10.29303/alexandria.v3i1.175>

Meilani, Any, dan Dian Sugiarti, “Analisis Kualitas Layanan dan Kepuasan Nasabah Bank Syariah Indonesia,” Jurnal Ilmiah Ekonomi Islam, 8.03 (2022)

Norvadewi, “Pengaruh Service quality Terhadap Kepuasan Nasabah Bank Syariah,” Al-Tijary, Jurnal Ekonomi dan Bisnis Islam, 4.2 (2020), 197–204

Octaviano, Adrianus, “Tingkatkan Kepercayaan Nasabah, BSI Beri Promo Biaya BI Fast Rp 5,” Kontan.co.id, 2023 <https://keuangan.kontan.co.id/news/tingkatkan-kepercayaan-nasabah-bsi-beri-promo-biaya-bi-fast-rp-5> [diakses 26 November 2023]

Rahman, Ayu, “Analisis Hubungan E-Service Quality Terhadap E- Customer Satisfaction Yang Di Mediasi Oleh Customer Perceived Value” (Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah Jakarta, 2019)

Saragih, Liharman, Resna Napitu, Halimah Tussadiah Siagian, Fakultas Ekonomi, dan Universitas Simalungun Pematangsiantar, “YUME : Journal of Management Analisis E-Service Quality LazadaTerhadap E-Customer Satisfaction Generasi Z di Pematangsiantar,” YUME : Journal of Management, 4.1 (2021), 333–42 <https://doi.org/10.37531/yume.vxix.234>

Saraswati, Henny, Budi Sudrajat, Wahyu Hidayat, dan Triana Marsanda Herin, “Analisis Kepuasan Nasabah Terhadap Pelayanan Bank Syariah Indonesia ( BSI ),” Jurnal Ekonomi, Manajemen, Akuntansi dan Bisnis, 1.3 (2023)

Supriadi, Nasir Hamzah, Muslimin H. Kara, M. Wahyuddin Abdullah, dan Asmila Dewi, “Islamic service quality as an effort to increase customer trust PT . bank syariah Indonesia Makassar branch,” International Conference on Science and Islamic Studies, 1 (2023), 904

Susanti, Siti, Muhammad Iqbal Fasa, Adib Fachri, Universitas Islam, Negeri Raden, Intan Lampung, et al., “Analisis Kualitas Layanan Mobile Banking dan Pengaruhnya Terhadap Kepuasan Nasabah,” Indonesian Journal of Accounting and Business, 0717, 13–27 <https://doi.org/10.33019/ijab.v3i1.5>

Wulandari, Khusnul, “Analisis Kualitas Pelayanan BSI Mobile (Studi Kasus Di BSI KCP Ajibarang)” (Universitas Islam Negeri Prof. KH. Saifuddin Zuhri, 2022)

Downloads

Published

18-09-2024

Issue

Section

Articles

Citation Check