PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN ALFAMART (STUDI PADA MINI MARKET ALFAMART DI KELURAHAN BALANDAI KECAMATAN BARA KOTA PALOPO).

Hendra Safri

Abstract


Pemasaran adalah suatu proses sosial dan manajerial yang didalamnya terdapat individu atau kelompok yang ingin mendapatkan kebutuhan dan keinginan dengan menciptakan, menawarkan, dan bertukar sesuatu yang bernilai satu sama yang lain. Pemasaran juga meliputi variabel-variabel penting yang menjadi kunci utama dalam mencapai tujuan pemasaran. Variabel-variabel tersebut meliputi: produk (product), harga (price), promosi (promotion),orang (pople), bukti fisik (Physical evidences),Proses (Proces) dan tempat (place). Tujuh  variabel tersebut bisanya disebut sebagai bauran pemasaran (marketing mix). Dalam dunia perdagangan apabila suatu perusahaan tidak dapat menyusun strategi bisnis dan strategi pemasaran dengan tepat, maka akan mengalami kekalahan dalam bersaing di mana strategi pemasaran merupakan salah satu kegiatan pokok yang dilakukan oleh para pengusaha untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya, untuk berkembang dan untuk memperoleh keuntungan.penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh marketing mix terhadap kepuasan konsumen (studi pada mini market alfamart dikelurahan balandai kecamatan bara kota palopo).

Jenis penelitian yang digunakan yaitu Jenis kuantitatif. Sumber data yang digunakan yaitu data primer, yang diperoleh dari penyebaran koesioner kepada responden. Teknik yang digunakan dalam penentuan sampel yaitu aksidental sampling. Data diolah dan dianalisis menggunakan regresi linier berganda serta menggunakan SPSS for Windows.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa nilai R2 0,422 atau 42% dan nilai Fhitung > Ftabel atau 2,92 > 2,36 dan nilai signifikan 0,020 atau 0,020 < 0,05 ( H0 ditolak dan H1 diterima). Sehingga dapat disimpulkan bahwa marketing mix memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen.

 

Kata Kunci : Produk,Harga,Promosi,Orang,Tempat,Bukti fisik,Proses dan  kepuasan .


Article Metrics

Abstract view : 10 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.