Pengaruh Internet Marketing dan Status Sosial Terhadap Pengambilan Keputusan Komsumen Kendaraan di kota Palopo

Zainuddin Sanuddin

Abstract


Internet marketing merupakan salah satu instrumen bagi konsumen untuk mendapatkan informasi dalam pengambilan keputusan pembelian produ sesua dengan kebutuhan, selera dan peruntukan. Sementara dalam kehidupan sehari masyarakat khususnya d tanah Luwu selalu mengedepankan identitas diri dengan menggunakan berbagai fasilitas termasuk kepemilikan kendaraa sebagai bagian dari status sosial.

            Penelitian ini deskrifsikan data kuantatif yang diperoleh dari penyebaran angket kepada para konsumen yang di uji menggunakan regresi berganda dan diolah dengan menggunakan program SPSS. Populasi dalam penelitian ini mengacu pada penduduk Kota Palopo yang merupakan konsumen kendaraan mobil. dan sampel penelitian ini menggunakan metode simple random sampling atau sampel acak sederhana dengan penentuan jumlah sampel dengan menggunakan rumus Slovin.

            Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai kofisien regresi dari internet marketing sebesar 0,572, dengan demikian  terdapat  pengaruh positif dan signifikan dari variabel internet marketing sebesar 57% sedangkan sisanya sebesar 43% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini. Sedangkan nilai kofisien regresi dari status sosial terhadap keputusan pembelian konsumen sebesar 0,433, dengan demikian  terdapat  pengaruh positif dan signifikan dari variabel statatus sosial sebesar 43% sedangkan sisanya sebesar 57% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.


Article Metrics

Abstract view : 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.