PENGARUH KECERDASAN INTELEKTUAL, EMOSIONAL DAN SPIRITUAL TERHADAP KINERJA DOSEN PADA PERGURUAN TINGGI MUHAMMADIYAH KOTA PALOPO

Suhandra Makkasau

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh Kecerdasan Intelektual, Emosional dan Spiritual Terhadap Kinerja Dosen pada Perguruan Tinggi Muhammadiyah Kota Palopo.Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh dosen tetap yayasan pada Perguruan Tinggi Muhammadiyah Kota Palopo dengan jumlah sampel sebanyak 75 orang.

Metode dalam pengumpulan data dalam penelitian ini adalah kuisioner dan wawancara, metode analisis data menggunakan metode deskriptif kuantitatif yaitu dengan analisis regresi berganda yang digunakan untuk mengukur Kecerdasan Intelektual, Emosional dan Spiritual Terhadap Kinerja Dosen pada Perguruan Tinggi Muhammadiyah Kota Palopo.

Berdasarkan uji F variable bebas (Kecerdasan Intelektual, Emosional dan Spiritual secara bersama-sama memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap variabel terikat (Kinerja Dosen). Melalui pengujian koefisien korelasi (R) diperoleh bahwa tingkat korelasi atau hubungan antara Kecerdasan Intelektual, Emosional dan Spiritual Terhadap Kinerja Dosen pada Perguruan Tinggi Muhammadiyah Kota Palopo mempunyai hubungan yang tinggi yaitu sebesar 94.4 persen, sedangkan sisanya sebesar 5.6% dipengaruhi oleh faktor lain. Dimana variabel kecerdasan spiritual merupakan variabel yang paling dominan mempengaruhi Kinerja Dosen pada Perguruan Tinggi Muhammadiyah Kota Palopo.

Kata Kunci : Kecerdasan Intelektual, Emosional, Spiritual dan Kinerja


Article Metrics

Abstract view : 19 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.