MICRO ROLE PLAY (Aktivitas Adu Peran dalam Meningkatkan Perilaku Prososial Anak di Pulau Madura)

Fajar Lukman Tri Arianto, Denok Dwi Anggraini

Abstract


Tujuan diadakannya penelitian ini yaitu guna meningkatkan perilaku prososial anak pada Kelompok A TK Anugerah Kamal Madura. Berdasarkan hasil penelitian, dapat dikatakan bahwa penerapan kegiatan bermain drama mikro mampu meningkatkan perilaku prososial Anak. Dibuktikan oleh rata-rata peningkatan skor perilaku prososial di siklus I hingga siklus II yang meningkat cukup signifikan. Skor rata-rata meningkat dari siklus I senilai 12,13 menjadi 25,2 di siklus II. Apabila dibandingkan dengan standar skor TCP yang telah ditetapkan, maka penelitian yang menerapkan kegiatan bermain peran mikro bisa dikatakan berhasil dalam meningkatkan kemampuan prososial anak. 


Keywords


Perilaku Prososial, Kegiatan Bermain Peran Mikro

Full Text:

PDF

References


Abdul. (2007). Penggunaan Metode Bermain Peran Dalam Pembelajaran IPS. Jakarta.

Abu, Ahmadi. (2005). Strategi Belajar Mengajar Untuk Fakultas Tarbiyah Komponen MKDK. Bandung: Pustaka Setia.

Arriyani, W. (2010). Panduan sentra untuk PAUD: Sentra main peran. Jakarta: Sekolah Al-Falah.

Byrne. (2004). Psikologi sosial. Jakarta: Erlangga.

Dayakisni, T., Hudaniah. (2009). Psikologi sosial. Malang: UMM Press.

Greenspan, I. (2006). Wieder. The child with special needs. Jakarta: Yayasan Ayo Main.

Hurlock, E. (1978). Perkembangan anak Jilid 1 ed.6. Jakarta Erlangga.

Igak, Wardani. (2007). Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Universitas Terbuka.

Martinis, Yamin. (2008). Profesionalisasi Guru Dan Implementasi KTSP. Jakarta: Gaung Persada Press.

Mills, Geoffret E. (2000). Action Researc; A Guide For Teacher Research Research New Jerseyy; Person Education.

Nana, Sudjana. (2003). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar baru Algesindo.

Santrock, J.W. (1995). Lifes span development Jilid 1 ed.5. Jakarta: Erlangga.

___________ . (2007). Perkembangan anak Jilid 2 ed.11. Jakarta: Erlangga.

Sudijono, Anas. (2007). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Grafindo Persada.

Wahab, Azis. (2002). Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jakarta: Universitas Terbuka.

Winarsunu, T. (2007). Statistik dalam Penelitian Psikologi dan Pendidikan. Malang: UMM Press.

Zulkaida. (2011). Sosialisasi perilaku prososial pada anak. Skripsi. (Tidak diterbitkan). Jakarta: Fakultas Psikologi Universitas Gunadarma.




DOI: https://doi.org/10.24256/tunas%20cendekia.v2i2.1212

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Fajar Lukman Tri Arianto, Denok Dwi Anggraini

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License ©TunasCendekia : Jurnal Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini. This is an open access article under the Creative Commons - Attribution-ShareAlike 4.0 International license (CC BY-SA 4.0) Tunas Cendekia : Jurnal Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini, e-ISSN: 2541-6499