Peningkatan Hasil Belajar Membaca Pemahaman Dengan Menerapkan Model CIRC Pada Siswa Sekolah Dasar
DOI:
https://doi.org/10.24256/jtlr.v2i1.1313Keywords:
reading comprehension, cooperative learning type CIRC, learning outcomesAbstract
Abstract: [English]
This research aims to apply the CIRC type Cooperative learning model in Indonesian subjects about reading comprehension to improve the learning outcomes of fifth-grade students at SD Negeri 68 Parepare. This type of research uses a class action research design. The approach used in this study is qualitative. The results of a survey conducted on November 8, 2018, in class V of SD Negeri 68 Parepare were seen to have a low level of reading comprehension still. This was also evident from 18 students from the KKM 70 that had been determined by the teacher. The average grade of Indonesian reading comprehension materials ranged between 30-60. The low reading comprehension results are caused by several factors involved as a learning component, namely the causal factors of the teacher and the causal factors of the students. Keywords:Â Â
Abstrak[indonesia]
Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran Kooperatif tipe CIRC dalam mata pelajaran Bahasa Indonesia tentang membaca pemahaman sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 68 Parepare. Jenis penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif. Hasil penelitian yang dilakukan pada tanggal 8 November 2018 di kelas V SD Negeri 68 Parepare terlihat masih rendahnya tingkat kemampuan membaca pemahaman. Hal ini pun terbukti dari 18 siswa dari KKM 70 yang telah ditentukan oleh guru diperoleh rata-rata nilai Bahasa Indonesia materi membaca pemahaman berkisar antara 30-60. Rendahnya hasil membaca pemahaman tersebut disebabkan oleh beberapa faktor yang terlibat sebagai komponen pembelajaran, yakni faktor penyebab dari guru dan faktor penyebab dari siswa.Â
References
DAFTAR PUSTAKA
Abidin, Y. 2012. Pembelajaran Membaca Berbasis Pendidikan Karakter. Bandung: Refika Aditama.
Aqib, Zainal. 2002. Profesionalisme Guru Dalam Pembelajaran. Surabaya : Insan Cendekia.
Halik, Abdul. 2009. Diktat (Bahan Ajar) Pendidikan Bahasa Indonesia Kelas Tinggi. UPP PGSD Parepare FIP Universitas Negeri Makaassar.
----------------2009. Diktat (Bahan Ajar) Penelitian Tindakan Kelas. UPP PGSD Parepare FIP Universitas Negeri Makassar.
Hamalik, Oemar. 2001. Proses Belajar Mengajar. Bandung : Bumi Aksara.
Haryadi. 2011. Kelayakan Bahan Ajar Membaca. Semarang: UNNES Pres.
Isjoni, H. 2009. Pembelajaran Cooperative Meningkatkan Kecerdasan Komunikasi Antar Peserta Didik. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Iskandarwassid, Dadang Sunendar. 2008. Strategi Pembelajaran Bahasa. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.
Murni,Sri. Ambar Widianingtyas. 2008. Bahasa Indonesia 5 untuk Sekolah Dasar & Madrasah Ibtidaiyah Kelas. Jakarta: Pusat Perbukuan, Departemen Pendidikan Nasional.
Rahim, F. 2007. Membaca di sekolah dasar. Jakarta: Bumi Aksara.
Saddhono, Kundharu. dan Slamet, Y. 2012. Meningkatkan Keterampilan Berbahasa Indonesia: Teori dan Aplikasi. Bandung: Karya Putra Darwati.
Sinring, Abdullah, dkk. 2012. Pedoman Penulisan Skripsi Program S-1 Fakultas Ilmu Pendidikan UNM. Makassar: FIP UNM.
Suharjono, dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.
Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi Paikem. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Syaodih Sukmadinata, Nana. 2003. Landasan Psikologi Proses Pendidikan . Bandung: Rosda
Slavin, Robert E. 2005. Cooperative Learning Teori, Riset dan Praktik . Bandung: Nusa Media.
Tarigan, Hendri Guntur., 2008. Membaca sebagai Suatu Keterampilan Berbahasa. Bandung : Angkasa Bandung.
Undang - Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta : Depdiknas.
Rahmatan, Nur. 2013. â€Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kompetensi Membaca Intensif Model Cooperative Integratif Reading and Composition Pada Siswa Kelas IV SDâ€. Tesis. Semarang : UNNES.
Blog Kumpulan Contoh PTK. http:// kumpulan contoh PTK. blogspot. com/2013/07 /jenis-jenis membaca menurut.html#.un8d531ulom. (Diakses 10 November 2013).
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under an Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) (https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See the Effect of Open Access)