Pengaruh Pembelajaran Inkuiri Melalui Media Lingkungan Sebagai Sumber Belajar di Sekolah Dasar

Authors

  • Dian Nur Antika Eky Hastuti Universitas PGRI Madiun, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/jtlr.v2i1.1333

Keywords:

Inquiry learning method, media environment, source of learning, result of learning

Abstract

Abstract[English]:

This study was conducted in fourth class Sukowinangun 2 elementary school District Magetan which aims to determine whether or not the effect of inquiry learning method through media environment on student learning out comes. The population of this research is all students of fourth class Sukowinangun 2 elementary school Magetan Regency who totaling 19 students. This data collection techniques using test method performance in the form of multiple-choice questions and answers. Data were analyzed using t-test derived from the value of post-test.The survey result revealed that t-count obtained was 18,56 is α = 0,05, meaning 18,56>1,734 there fore H0 is rejected and Ha accepted. So, there is the effect of this method of learning trough the media envinroment as a source of learning on student learning out comes fourth class Sukowinangun 2 elementary school Magetan Regency.

Abstrak[Indonesia] 

Penelitian ini dilakukan di kelas IV SDN Sukowinangun 2 Kabupaten Magetan yang bertujuan untuk mengetahui ada atau tidak pengaruh metode inkuiri melalui media lingkungan terhadap hasil belajar siswa. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan metode eksperimen. Adapun populasinya adalah seluruh siswa kelas IV SDN Sukowinangun 2 Kabupaten Magetan yang berjumlah 19 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode tes unjuk kerja yang berupa soal pilihan ganda dengan 4 alternatif jawaban. Data yang diperoleh dianalisis dengan uji –t yang diperoleh dari nilai post tes. Hasil penelitian diketahui bahwa nilai thitung yang diperoleh adalah 18,56 dengan α = 0,05, artinya 18,56> 1,734 sehingga kesimpulan yang didapatkan H0 ditolak dan Ha diterima. Jadi, terdapat pengaruh metode pembelajaran inkuiri melalui media lingkungan sebagai sumber belajar terhadap hasil belajar siswa kelas IV SD Sukowinangun 2 Kabupaten Magetan.

References

Arikunto, S. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Majid, Abdul. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: PT.Remaja Rosdakarya.

Djamarah, Syaiful Bahri dan Aswan Zain. (2006). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Isjoni. (2009). Cooperatif Learning (Efektifitas Pembelajaran Kelompok). Bandung: Alfabeta.

Sanjaya, Wina. (2009). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media.

Yamin, Martinis. (2009). Taktik Mengembangkan Kemampuan Individual Siswa. Jakarta: Gaung Persada Press.

Dariyanto. (2010). Media Pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

B. Uno Hamzah. (2012). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Jumanta Hamdayana. (2014). Model dan Metode Pembelajaran Kreatif. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Trianto, Ibnu badar. (2014). Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progresif dan Kontekstual. Jakarta: Prenada Media Grup.

Purwanto. (2009). Evaluasi Hasil Belajar. Surakarta: Pustaka Pelajar.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2020-06-11

Citation Check