PERANAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE SCRAMBLE TERHADAP MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN IPS DI KELAS III SD ISLAM DATOK SULAIMAN PALOPO
DOI:
https://doi.org/10.24256/jtlr.v1i1.584Abstract
References
Ariyanto, Metta “Peningkatan Hasil Belajar IPA Materi Kenampakan Rupa Bumi Menggunakan Model Scramble.†Jurnal Profesi Pendidikan Dasar, Vol. 3 No. 2 (Desember, 2016).
Asrori, M, Perkembangan Peserta Didik (Pengembangan Kompetensi Pedagogik Guru, Cet. I; Yogyakarta, 2015.
Aqib, Zainal, Model-Model, Media, dan Strategi Pembelajaran Kontekstual (Inovatif), Cet. V; Bandung: Yrama Widya, 2015.
Baharuddin & Esa Nur Wahyuni, Teori Belajar dan Pembelajaran, Cet.V; Jogjakarta: Ar-Ruzz Media, 2010.
Budiningsih, C. Asri, Belajar dan Pembelajaran, Cet. II; Jakarta: Rineka Cipta, 2015.
Dalyono, M, Psikologi Pendidikan, Cet. VII; Jakarta: Rineka Cipta, 2012.
Darmadi, Pengembangan Model Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa, Cet. I; Yogyakarta: Deepublish, 2017.
Huda, Miftahul, Model-model Pengajaran dan Pembelajaran: Isu-isu Metodis dan Pragmatis, Cet. VI; Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2015.
Johnson, Elaine B., Contextual Teaching dan Learning, Cet. VIII; Bandung: MLC, 2009.
Lefudin, Belajar dan Pembelajaran, Cet. I; Yogyakarta: Deepublish, 2014.
Rusman, Model-Model Pembelajaran (Mengembangkan Profesionalisme Guru), Cet. V; Jakarta: Rajawali Pers, 2014.
Rustan, Edhy dan Muh. Said Bahru, “Penguatan Self Confidence dalam Pembelajaran Matematika melalui Metode Suggestopedia.†Jurnal Pendidikan Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Vol. 6. No. 1 (2018).
S, Sholihatin Fitriyah dan Meini Sondang, “Pengaruh Permainan Scramble dalam Model Pembelajaran Kooperatif Tipe TGT terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Teknik Elektronika Dasar di SMK Negeri 1 Kediri.†Jurnal Pendidikan Teknik Elektro, Vol. 3 No. 3 (2014).
S, Syamsu, Strategi Pembelajaran (Meningkatkan Kompetensi Guru), Cet. I; Makassar: Penerbit Aksara Timur, 2015.
S, Syamsu, Strategi Pembelajaran (Tinjauan Teoritis Praktis Bagi Mahasiswa dan Praktisi Pendidikan), Cet. I; Makassar: Nas Media Pustaka, 2017.
Sagala, Syaiful, Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan, Cet. IV; Bandung: 2013.
Sardiman, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar, Cet. XX, Jakarta: Rajawali Pers, 2011.
Saud, Udin Syaefuddin, Pengembangan Profesi Guru, Cet. VI; Bandung: Alfabeta, 2013.
Slameto, Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi, Cet. VI; Jakarta: Rineka Cipta, 2013.
Slavin Robert E., Cooperrative Learning (Teori, Riset, dan Praktik), Cet. XV; Bandung: Nusa Media, 2015.
Sukmadinata, Nana Syaodih, Landasan Psikologi Proses Pendidikan, Bandung: Remaja Rosdakarya, 2009.
Suprijono, Agus, Cooperative Learning, Cet. XIII; Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2014.
Susanto, Ahmad, Teori Belajar dan Pembelajaran di Sekolah Dasar, Cet. II; Jakarta: Kencana, 2013.
Werang, Basilius R., Manajemen Pendidikan di Sekolah, Cet. I; Yogyakarta: Media Akademi, 2015.
Yaumi, Muhammad, Prinsip-Prinsip Desain Pembelajaran, Cet. II; Jakarta: Fajar Interpratama Mandiri, 2013.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under an Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) (https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See the Effect of Open Access)