Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Dengan Menerapkan Metode Pembelajaran Kolaboratif Siswa SMA Negeri 1 Mallusetasi
DOI:
https://doi.org/10.24256/jtlr.v1i2.943Keywords:
pembelajaran, kolaboratif, bahasa IndonesiaAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar bahasa Indonesia siswa kelas XI. IPS. 2 SMA Negeri 1 Mallusetasi pada pokok bahasan menulis naskah drama melalui model pembelajaran kolaboratif. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di kelas XI IPS2 SMA Negeri 1 Mallusetasi yang berjumlah 29 orang siswa. Data hasil observasi dan tanggapan siswa dianalisis dengan menggunakan analisis persentase, sedangkan data hasil tes dianalisis menggunakan statistik deskriptif. Adapun hasil penelitian yang diperoleh menggambarkan hasil tes siswa mengalami peningkatan prestasi belajar setelah diberikan penerapan metode pembelajaran kolaboratif. pokok bahasan menulis naskah drama, siswa kelas XI. IPS. 2 SMA Negeri 1 Mallusetasi melalui penerapan metode pembelajaran kolaboratif yang ditandai dengan tercapai ketuntasan belajar secara individu dan kelompok, yakni pada siklus I sebanyak 4 orang atau 13,8% dan pada siklus II 29 orang atau 100%. Hasil terbut membuktikan bahwa penerapan pembelajaran kolaboratif dapat meningkatkan prestasi belajar bahasa Indonesia siswa kelas XI IPS2 SMA Negeri 1 Mallusetasi.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under an Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) (https://creativecommons.org/licenses/by-sa/4.0/) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See the Effect of Open Access)