Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Bahasa Indonesia Dengan Menerapkan Metode Pembelajaran Kolaboratif Siswa SMA Negeri 1 Mallusetasi

Authors

  • Sinarmawati Sinarmawati Institut Agama Islam Negeri Palopo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/jtlr.v1i2.943

Keywords:

pembelajaran, kolaboratif, bahasa Indonesia

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar bahasa Indonesia siswa kelas XI. IPS. 2 SMA Negeri 1 Mallusetasi pada pokok bahasan menulis naskah drama melalui model pembelajaran kolaboratif. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan di kelas XI IPS2 SMA Negeri 1 Mallusetasi yang berjumlah 29 orang siswa. Data hasil observasi dan tanggapan siswa dianalisis dengan menggunakan analisis persentase, sedangkan data hasil tes dianalisis menggunakan  statistik deskriptif. Adapun hasil penelitian yang diperoleh menggambarkan hasil tes siswa mengalami peningkatan prestasi belajar setelah diberikan penerapan metode pembelajaran kolaboratif. pokok bahasan menulis naskah drama, siswa kelas XI. IPS. 2 SMA Negeri 1 Mallusetasi melalui penerapan metode pembelajaran kolaboratif yang ditandai dengan tercapai ketuntasan belajar secara individu dan kelompok, yakni pada siklus I sebanyak 4 orang atau 13,8% dan pada siklus II 29 orang atau 100%. Hasil terbut membuktikan bahwa penerapan pembelajaran kolaboratif dapat meningkatkan prestasi belajar bahasa Indonesia siswa kelas XI IPS2 SMA Negeri 1 Mallusetasi.

Downloads

Published

2019-11-16

Citation Check