Penerapan Prinsip-Prinsip Manajemen Berbasis Sekolah (MBS) di SMA Muhammadiyah Luwuk Kabupaten Banggai

Authors

  • Armin Haluti Universitas Muhammadiyah Luwuk, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/jtlr.v1i2.944

Keywords:

Prinsip MBS, pelanggan, keterlibatan total, pengukuran

Abstract

Tujuan pelaksanaan penelitian ini adalah untuk menganalisis sekaligus mendeskripsikan penerapan prinsip manajemen berbasis sekolah terhadap kepuasan pelanggan (customer), prinsip manajemen berbasis sekolah dalam melibatkan 3 komponen dari 5 komponen  yaitu fokus pada pelanggan, teamwork, dan pengukuran (measurements) dalam pelaksanaan manajemen berbasis sekolah (MBS) di SMA Muhammadiyah Luwuk. Metodologi dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian studi kasus. Kesimpulan dari penelitian ini adalah prinsip MBS khususnya pada pelanggan di SMA Muhammadiyah Luwuk diterapkan pada mata pelajaran bimbingan dan konseling, sementara penerapan MBS pada prinsip teamwork yaitu setiap warga dan stakeholders, harus berpartisipasi dalam informasi mutu. Mutu bukan hanya menjadi tanggung jawab warga sekolah atau komite saja, melainkan juga menjadi tanggung jawab semua pihak dan penerapan prinsip pengukuran yaitu tercermin dalam pelaksanaan efektivitas  evaluasi pembelajaran.

Downloads

Published

2019-11-16

Citation Check