Pengaruh Karakter Terhadap Hasil Belajar Pada Siswa Kelas V di Sekolah Dasar

Authors

  • Abustan Abustan Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia
  • Khaeruddin Khaeruddin Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia
  • Agustan S Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia
  • Kristiawati Ernawati Universitas Muhammadiyah Makassar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/jtlr.v1i2.945

Keywords:

Hasil Belajar, Karakter

Abstract

Kemampuan belajar siswa sangat menentukan keberhasilan dalam proses belajar. Di dalam proses belajar, banyak faktor-faktor yang mempengaruhinya  di antaranya adalah  Karakter. Penelitian ini bertujuan untuk: (1) Mengetahui dan menjelaskan seberapa besar pengaruh karakter terhadap hasil belajar IPA siswa.  (2) Mengetahui dan menjelaskan seberapa besar pengaruh karakter terhadap hasil belajar IPA. Jenis penelitian ini adalah ex-post facto yang bersifat kausalitas. Sampel  dalam penelitian ini adalah siswa Kelas VI SD di Komplek Sungguminasa.Pengambilan data dilakukan dengan menggunakan angket karakter siswa dan tes hasil belajar IPA siswa. Adapun hasil analisis data yang diperoleh sebagai berikut. (1) hasil analisis deskriptif untuk karakter menunjukkan bahwa siswa cenderung berada pada kategori sangat tinggi dengan frekuensi 70 dan persentase sebesar 35,7%. Adapun untuk hasil belajar menunjukkan bahwa siswa cenderung berada pada kategori sangat tinggi dengan frekuensi 75 dengan persentase sebesar 38,3%. Berdasarkan hasil analisis yang telah dilakukan diperoleh bahwa karakter berpengaruh terhadap hasil belajar pada siswa kelas VI di SD Kompleks Sungguminasa.

Downloads

Published

2020-01-07

Citation Check