Gaya Belajar Interpersonal dan Pemahaman Konsep Peserta Didik terhadap Materi Pokok Statistika

Authors

DOI:

https://doi.org/10.24256/jpmipa.v8i1.1001

Keywords:

Concept Understanding, Interpersonal Learning Styles

Abstract

Abstract:

Understanding the concept for students becomes an important basis in thinking so as to solve the problems that exist in real life. This study aims to determine the level of interpersonal learning styles and students' understanding of the concepts of statistics. This research is qualitative in nature, with the research subjects being 6 students of class XII MIPA 1 in Madrasah Aliyah in Lamongan and 1 mathematics subject teacher. The object in this study is the ability to understand statistical concepts and interpersonal learning styles in students. The instruments used were observation, questionnaires, test questions, interviews, and documentation. Based on the analysis of qualitative data that has been done, the results obtained interpersonal learning styles in students are in the high and medium categories. with different levels of interpersonal learning styles. Even though they have a high level of interpersonal learning style, not all are able to understand statistical concepts well. 


Abstrak:

Pemahaman konsep bagi peserta didik menjadi dasar penting dalam berpikir sehingga dapat menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang ada dikehidupan nyata. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui tingkat gaya belajar interpersonal dan pemahaman konsep peserta didik terhadap statistika. Penelitian ini bersifat kualitatif, dengan subjek penelitian adalah 6 peserta didik kelas XII MIPA 1 di salah satu Madrasah Aliyah di Lamongan dan 1 orang guru matapelajaran matematika. Objek dalam penelitian ini adalah kemampuan dalam pemahaman konsep statistika dan gaya belajar interpersonal pada peserta didik. Instrumen yang digunakan adalah observasi, angket, tes soal, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan analisis data kualitatif yang telah dilakukan, diperoleh hasil gaya belajar interpersonal pada peserta didik berada dalam kategori tinggi dan sedang. dengan tingkat gaya belajar interpersonal yang berbeda. Meskipun memiliki tingkat gaya belajar interpesonal tinggi namun tidak semua mampu memahami konsep statistika dengan baik.

References

Ardayeni, Ektin, Yuyu Yuhana, and Aan Hendrayana. “Analisis Germane Cognitive Load Siswa Ditinjau Dari Gaya Belajar Matematis Pada Pembelajaran Contextual Teaching and Learning.†Jurnal Math Educator Nusantara: Wahana Publikasi Karya Tulis Ilmiah di Bidang Pendidikan Matematika 5, no. 01 (May 30, 2019): 26–35. https://doi.org/10.29407/jmen.v5i01.12727.

Gunawan, Adi M. Born To Be Genius. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2005.

Lynch, Laura. “7 Major Learning Styles and the 1 Big Mistake Everyone Makes.†LearnDash (blog), October 15, 2019. https://www.learndash.com/7-major-learning-styles-which-one-is-you/.

Munif, Chatib. Sekolahnya Manusia. Bandung: Kaifa, 2009.

Romadhoni, Ita Fatkhur, Luthfiyah Nurlaela, Any Sutiadiningsih, Nugrahani Astuti, and Suhartiningsih. “Re-Create Systematized Interpersonal Skills Learning Models in Millennial Vocational Education and Training,†65–71. Atlantis Press, 2020. https://doi.org/10.2991/assehr.k.200218.011.

Setyorini, Intan Ayu, Ikrar Pramudya, and Rubono Setiawan. “Analisis Pemahaman Konsep Siswa Terhadap Materi Pokok Statistika Ditinjau Dari Kebiasaan Belajar Matematika Pada Siswa Kelas XII IPS 1 SMA Negeri 6 Surakarta Tahun Pelajaran 2016/2017.†Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika SOLUSI 1, no. 4 (July 1, 2017): 1-14–14.

Silver, Harvey F., and J. Robert Hanson. Learning Styles & Strategies. Thoughtful Education Press, 1996.

Sirait, Erlando Doni. “Pengaruh Gaya Dan Kesiapan Belajar Terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa.†Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA 7 (February 6, 2018). https://doi.org/10.30998/formatif.v7i3.2231.

Smaldino, Sharon E., Deborah L. Lowther, and James D. Russell. Instructional Technology & Media For Learning: Teknologi Pembelajaran dan Media untuk Belajar, 2014.

Soedjadi, R. Kiat Pendidikan Matematika Di Indonesia: Konstatasi Keadaan Masa Kini Menuju Harapan Masa Depan. Jakarta: Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi, Departemen Pendidikan Nasional, 2000.

Syafaati, Anifah. “Kemampuan Komunikasi Matematis Dalam Kelompok Teman Sebaya Ditinjau Dari Kecerdasan Interpersonal Siswa Kelas IX MTs Tanada Pada Materi Aljabar.†Undergraduate, UIN Sunan Ampel Surabaya, 2018. http://digilib.uinsby.ac.id/27338/.

Wijayanti, Ani, Prahesti Tirta Safitri, and Aji Raditya. “Analisis Pemahaman Konsep Limit Ditinjau Dari Gaya Belajar Interpersonal.†Prima: Jurnal Pendidikan Matematika 2, no. 2 (2018): 157–173.

Downloads

Published

30-03-2020

How to Cite

Sutini, S., Francisca, M. Y., Rokayah, S., Slawantya, Y. R., & Faqih, F. (2020). Gaya Belajar Interpersonal dan Pemahaman Konsep Peserta Didik terhadap Materi Pokok Statistika. Al-Khwarizmi : Jurnal Pendidikan Matematika Dan Ilmu Pengetahuan Alam, 8(1), 87–98. https://doi.org/10.24256/jpmipa.v8i1.1001

Citation Check