Manajemen Berbasis Sekolah

Hamid Hamid

Abstract


Sejak tahun 1998 sampai sekarang, era reformasi telah membawa perubahan mendasar dalam berbagai segi kehidupan berbangsa dan bernegara di Indonesia termasuk dalam bidang pendidikan.  Salah  satu perubahan mendasar yang  terjadi dewasa ini adalah perubahan pada manajemen negara/pemerintahan, yaitu dari  manajemen berbasis pusat menjadi manajemen berbasis daerah. Karena tulisan ini hanya berdasarkan tinjauan pustaka atau literature, maka untuk mengetahui dampak dari pelaksanaan pelaksanaan MBS  terhadap  proses belajar mengajar di sekolah,   akan dikaji dan diulas berdasarkan fakta dan pendapat dari para pakar yang berkompeten dalam bidang pendidikan.

Keywords


Manajemen; Berbasis Sekolah.

Full Text:

PDF

References


Direktorat Dikmenum, 2000. Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah, Jakarta: Depdiknas.

MBE Project On Line, 2008. Manajemen Berbasis Sekolah, diakses dari http://mbeproject.net/mbs. pada tanggal 27 Januari 2008.

PH, Slamet., 2000. Menuju Pengelolaan Pendidikan Berbasis Sekolah. Makalah, disampaikan dalam Seminar Regional dengan Tema ” Otonomi Pendidikan dan Implementasinya dalam EBTANAS” pada Tanggal 8 Mei 2000 di Universitas Panca Marga Probolinggo, Jawa Timur.

Undang-Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional (Sisdiknas). Jakarta : Fokusmedia

Undang-Undang RI Nomor 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah. Jakarta : Fokusmedia.




DOI: https://doi.org/10.24256/jpmipa.v1i1.86

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats