Belajar Van Hiele

Andi Ika Prasasti Abrar

Abstract


Dalam pembelajaran geometri terdapat teori belajar yang dikemukakan oleh Pierre Van Hiele, yang menguraikan tahap-tahap perkembangan mental anak dalam geometri. Van Hiele adalah seorang guru besar bangsa Belanda yang mengadakan penelitian dalam pengajaran geometri. Dua tokoh pendidikan matematika dari Belanda, yaitu Pierre van Hiele dan isterinya, Dina van Hiele-Geldof, pada tahun-tahun 1957 sampai 1959 mengajukan suatu teori mengenai suatu teori proses perkembangan yang dilalui para siswa dalam mempelajari geometri. Dalam teori yang mereka kemukakan, mereka berpendapat bahwa dalam mempelajari geometri, para siswa mengalami perkembangan kemampuan berpikir dengan melalui tingkat-tingkat berikut. Tingkat Visualisasi, Tingkat Analisis, Tingkat Abstraksi, Tingkat deduksi formal, Tingkat Rigor.

Keywords


Belajar; Van Hiele.

Full Text:

PDF

References


M. Cholik Adinawan, Sugijono. 2000, Matematika Untuk SLTP Kelas 1, Erlangga, Jakarta.

M. Khafid, Suyati. 2004, Pelajaran Matematika SD Kelas 2, Erlangga, Jakarta.

Teguh Purwantiri dkk. 2004, Hitunganku Matematika 5 Untuk Sekolah Dasar Kelas V, Bumi Aksara, Jakarta.

Ruseffendi, E.T. 1994, Materi Pokok Pendidikan Matematika 3 PPDG2431 IV. 1A Modul 1 9, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta.

Sukino, Simangunsong Wilson. 2001, Matematika SLTP Jilid 3A, Erlangga, Jakarta

Tim MKPBM. 2001, Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer, Jica - UPI, Bandung.

Y. Marpaung dkk. 2002, Modul Pelatihan Teori-Teori Perkembangan Kognitif dan Proses Pembelajaran yang Relevan untuk Pembelajaran Matematika, Departemen Pendidikan Nasional, Jakarta.




DOI: https://doi.org/10.24256/jpmipa.v1i2.94

Article Metrics

Abstract view : 100 times
PDF - 176 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


View My Stats