Pengaruh Tunneling Incentive, Pertumbuhan Penjualan Dan Intensitas Aset Tetap Terhadap Transfer Pricing

Authors

  • Imas Kismanah Universitas Muhammadiyah Tangerang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/kharaj.v4i1.3780

Keywords:

Tunneling Incentive, Sales growth, Fixed Asset Intensity and Transfer Pricing

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui Pengaruh Insentif Tunneling, Pertumbuhan Penjualan dan Intensitas Aktiva Tetap terhadap Transfer Pricing baik secara parsial maupun simultan. Populasi dalam penelitian ini adalah berbagai perusahaan manufaktur sektor industri yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2017-2021. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode purposive sampling dengan kriteria tertentu sehingga jumlah sampel pada akhir penelitian adalah 8 perusahaan. Metode analisis penelitian menggunakan analisis regresi data panel. Pengolahan data dibantu oleh software Microsoft Excel dan Eviews versi 9.0. Metode analisis yang digunakan dalam penelitian ini adalah uji statistik deskriptif, uji asumsi klasik, uji koefisien determinasi (R2), uji statistik F, uji statistik t. Nilai R-kuadrat yang disesuaikan adalah 0,908486. Artinya variasi perubahan harga transfer dapat dijelaskan oleh Tunneling Incentive, Sales Growth dan Fixed Assets Intensity sebesar 90,85% (dengan tingkat korelasi yang sangat kuat). Sedangkan sisanya sebesar 9,25% dijelaskan oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

               Hasil penelitian menunjukkan bahwa variabel independen (Tunneling Incentive, Sales Growth dan Intensity of Fixed Assets) berpengaruh secara simultan (simultan) terhadap variabel dependen (Transfer Pricing). Secara parsial, Tunneling Incentive berpengaruh terhadap Transfer Pricing, sedangkan Sales Growth dan Fixed Asset Intensity tidak berpengaruh terhadap Transfer Pricing.

References

Anggraeni, N., & Lutfillah, N. Q. (2019). Determinants of Transfer Pricing. Journal of Management and Business, 18(2), 46–55. https://doi.org/10.24123/jmb.v18i2.428

Hayati, D., & Ajimat, A. (2022). Pengaruh Sales Growth, Intensitas Aset Tetap dan Corporate Governance Terhadap Tax Avoidance. Jurnal Disrupsi Bisnis, 5(1), 60. https://doi.org/10.32493/drb.v5i1.17872

Jafri, H. E., & Mustikasari, E. (2018). Pengaruh Perencaan Pajak, Tunnneling Incentive dan Aset Tidak Berwujud Terhadap Perilaku Transfer Pricing pada Perusahaan Manufaktur yang Memiliki Hubungan Istimewa yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia Periode 2014-2016. Berkala Akuntansi Dan Keuangan Indonesia, 3(2), 63. https://doi.org/10.20473/baki.v3i2.9969

Marfuah, M., & Azizah, A. P. N. (2014). Pengaruh pajak, tunneling incentive dan exchange rate pada keputusan transfer pricing perusahaan. Jurnal Akuntansi & Auditing Indonesia, 18(2), 156–165. https://doi.org/10.20885/jaai.vol18.iss2.art6

Mujahidin, M., Fasiha, F., Abdullah, M. R., & Praseta, M. (2022). Income of Micro, Small, And Medium Enterprises With The Presence of A Mini Market In Palopo City, Indonesia. IQTISHODUNA: Jurnal Ekonomi Islam, 11(2), 257–266. https://doi.org/10.54471/iqtishoduna.v11i2.1940

Priyanti, D. W., & Suryarini, T. (2021). How Do Trading, Service, and Investment Sector Companies Make Transfer Pricing Decisions? Journal of Accounting and Strategic Finance, 4(1), 1–12. https://doi.org/10.33005/jasf.v4i1.109

Ramadhan, R. (2017). Analisis Faktor yang Mempengaruhi Manajemen Laba Pada Perusahaan Manufaktur yang Tercatat di BEI. Snaper-Ebis, 2017, 464–476.

Sahrir, S., Syamsuddin, S., & Sultan, S. (2021). Pengaruh Koneksi Politik, Intensitas Aset Tetap, Komisaris Independen, Profitabilitas Dan Leverage Terhadap Tax Avoidance. Jurnal Penelitian Ekonomi Akuntansi (JENSI), 5(1), 14–30. https://doi.org/10.33059/jensi.v5i1.3517

Salma Mustika Ainniyya1, Ati Sumiati2, S. S. (2021). Pengaruh Leverage, Pertumbuhan Penjualan, dan Ukuran Perusahaan Terhadap Tax Avoidance. Ekonomi, Keuangan, Investasi Dan Syariah (EKUITAS), 3(2), 163–168. https://doi.org/10.47065/ekuitas.v3i2.1106

Sari, E. P., & Mubarok, A. (2016). PENGARUH PROFITABILITAS , PAJAK DAN DEBT COVENANT TERHADAP TRANSFER PRICING ( Studi Empiris Perusahaan Manufaktur Terdaftar di BEI Tahun 2012-2016 ).

Sugiyarti, S. M. P. L. (2017). Pengaruh Intensitas Aset Tetap , Pertumbuhan Penjualan dan Koneksi. 5(3), 1625–1641.

Sundari, N., & Aprilina, V. (2017). Pengaruh Konservatisme Akuntansi, Intensitas Aset Tetap, Kompensasi Rugi Fiskal Dan Corporate Governanace Terhadap Tax Avoidance. JRAK: Jurnal Riset Akuntansi Dan Komputerisasi Akuntansi, 8(1), 85–109. https://doi.org/10.33558/jrak.v8i1.861

Vivie1, S. E. (2021). Analisis Intensitas Aset Tetap, Intensitas Persediaan dan Leverage terhadap Penghindaran Pajak Perusahaan di Bursa Efek Indonesia. 4(12), 274–286.

Wafiroh, N. L., & Hapsari, N. N. (2016). Pajak, Tunneling Incentive Dan Mekanisme Bonus Pada Keputusan Transfer Pricing. El Muhasaba: Jurnal Akuntansi, 6(2), 157. https://doi.org/10.18860/em.v6i2.3899

Wijaya, I., & Amalia, A. (2020). Pengaruh Pajak, Tunneling Incentive, Dan Good Corporate Governance Terhadap Transfer Pricing. Jurnal Profita, 13(1), 30. https://doi.org/10.22441/profita.2020.v13i1.003

Downloads

Published

2022-06-30

How to Cite

Kismanah, I. (2022). Pengaruh Tunneling Incentive, Pertumbuhan Penjualan Dan Intensitas Aset Tetap Terhadap Transfer Pricing. Al-Kharaj: Journal of Islamic Economic and Business, 4(1). https://doi.org/10.24256/kharaj.v4i1.3780

Issue

Section

Articles

Citation Check

Similar Articles

<< < > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.