Analisis Strategi Bauran Komunikasi Pemasaran pada Beberapa Perusahaan di Kota Palopo

Authors

  • Jabaluddin - Hamud Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo, Indonesia
  • Mujahidin Mujahidin Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Palopo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/kharaj.v3i2.2333

Keywords:

Analisis, Strategi, Bauran Komunikasi Pemasaran

Abstract

Abstrak

Komunikasi pemasaran merupakan hal yang sangat penting dalam mencapai tujuan pemasaran dari suatu perusahaan, karena komunikasi pemasaran berfungsi untuk memperkenalkan, menginformasikan, menawarkan, memengaruhi, dan mempertahankan tingkah laku membeli dari konsumen dan pelanggan potensial perusahaan.  Setiap perusahaan berusaha untuk mengimplementasikan strategi komunikasi pemasaran yang terbaik guna mempengaruhi keputusan pembelian dari calon konsumen.

Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif, dilakukan pada beberapa perusahaan di kota Palopo dengan menggunakan sampel 50 perusahaan dari 1292 perusahaan yang ada (Palopo dalam angka 2021). Penelitian bertujuan untuk mengetahui bentuk komunikasi pemasaran yang digunakan dan bauran komunikasi pemasaran yang paling dominan digunakan oleh beberapa perusahaan di kota Palopo.

Dari penelitian yang dilakukan diketahui bahwa semua elemen bauran komunikasi pemasaran digunakan oleh perusahaan yang ada di kota Palopo sedangkan bauran komunikasi pemasaran yang paling dominan digunakan oleh perusahaan adalah bauran promosi penjualan (sales promotion), sedangkan bauran yang paling jarang digunakan adalah bauran hubungan masyarakat.

Downloads

Published

2021-12-12

How to Cite

Hamud, J. .-., & Mujahidin, M. (2021). Analisis Strategi Bauran Komunikasi Pemasaran pada Beberapa Perusahaan di Kota Palopo. Al-Kharaj: Journal of Islamic Economic and Business, 3(2). https://doi.org/10.24256/kharaj.v3i2.2333

Issue

Section

Articles

Citation Check

Similar Articles

> >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.