STRATEGI PENGEMBANGAN UMKM BERBASIS EKONOMI KREATIF DI KOTA PALOPO

Authors

  • Tadjuddin Tadjuddin Institut Agama Islam Negeri Palopo, Indonesia
  • Nur Mayasari Institut Agama Islam Negeri Palopo

DOI:

https://doi.org/10.24256/dinamis.v2i1.1004

Keywords:

UMKM, Ekonomi Kreatif, Ekonomi Islam

Abstract

Penelitian ini menggambarkan tentang strategi pengembangan  yang dilakukan  pelaku UMKM berbasis ekonomi kreatif yang ada di Kota Palopo dengan melihat  perspektif Ekonomi Islam. Dalam pengembangan UMKM ekonomi kreatif Di kota Palopo banyak hal-hal yang perlu di perhatikan pemerintah Kota Palopo dan para pelaku usaha itu sendiri sehingga pokok permasalahan yang di angkat membahas mengenai, Bagaimana gambaran umum UMKM berbasis ekonomi kreatif di Kota Palopo, bagaimana strategi pengembangan UMKM berbasis ekonomi kreatif di kota Palopo serta bagaimana pandangan Islam tentang ekonomi kreatif.  Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif, dengan pendekatan teknik purposive sampling dalam menentukan sampel pada penelitian ini. Teknik pengumpulan data melalui observasi langsung, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa : 1) Gambaran umum UMKM berbasis ekonomi kreatif di kota Palopo saat ini belum mampu memberikan predikat khusus bagi kota palopo karena mereka memiliki keterbatasan serta mengalami permasalahan dalam pengembangan usahanya. Permasalahan yang paling banyak dialami oleh pelaku UMKM berbasis ekonomi kreatif di kota Palopo yakni permasalahan pada permodalan. 2) Strategi pengembangan UMKM berbasis ekonomi kreatif di Kota Palopo yang dilakukan para pelaku UMKM ekonomi kreatif yakni perlunya sinergi antara para pelaku UMKM, peningkatan kualitas produk dan pelayanan serta adanya dukungan penuh dari pihak pemerintah, swasta dalam meningkatkan permodalan. 3) Pandangan Islam terhadap ekonomi kreatif yakni usaha yang dilandasi dengan kreativitas dan inovasi dengan memperbaruhi sumber daya alam yang ada degan jalan perdagangan Al-Qur’an dengan jelas disebutkan bahwa perdagangan atau perniagaan dalam Al-Qur’an telah disebutkan perniagaan merupakan jalan yang diperintahkan oleh Allah Swt.

References

Badroen, Faisal.Dkk, Etika Bisnis Dalam Islam ,Jakarta : kencana prenada media group, 2006.

Deputi bidang pengembangan dan rektrusiasi usaha, modul strategi pemasaran produk KUMKM ( Jakarta : kementrian koperasi dan UMKM 2013)

Fajar, Mukti, UMKM di INDONESIA Prespektif Hukum Ekonomi, Yogyakarta : Pustaka Pelajar, 2015.

Hayati, Ela. Skripsi Usaha Ekonomi Kreatif Dalam Meningkatkanekonomi Masyarakat Menurut Perspektif Ekonomi Islam (Studi: Petani Nanas Desa Totokaton Kecamatan Punggur Kabupaten Lampung Tengah) .fakultas ekonomi dan bisnis islam (UIN Raden Intan : lampung, 2017)

Hubeis, Musa. Prospek Usaha Kecil dalam Wadah Inkubator Bisnis,bogor : penerbit Ghalia Indonesia, 2009.

Hutabarat, Ruth Florida W. M Strategi Pengembangan Usaha Kuliner di Kota Malang Berbasis Ekonomi Kreatif, Universitas Negeri Malang, vol. 7. Nomor 1, 2015.

Jusmaliani. Dkk, Bisnis Berbasis Syariah, Jakarta : Bumi Aksara, 2008.

Kementrian Negara koperasi dan UMKM RI, Undang-Undang RI No. 20 Tahun 2008 (Jakarta: Dinas Koperasi & UMKM Provinsi sul-sel , 2009)

Misanam, Munrokhim dkk.Ekonomi Islam,Jakarta :PT Rajagrafindo Persada, 2014.

Munrokhim Misanam.dkk, Ekonomi Islam , Jakarta:Rajawali Pers, 2008.

Natadipurba, Chandra. Ekonomi Islam 101.BANDUNG : pt mobidelta Indonesia,2016

Nurhilmi, Skripsi Program Peningkatan Wirausaha Muslim oleh Pemerintah Kota Palopo (Studi Kasus: Kelurahan sampoddo,Kecamatan Wara Selatan, Kota Palopo), Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam Program Studi Ekonomi Islam, (Palopo: Institut Agama Islam Negeri (IAIN ) Palopo, 2015).

Polnaya,Ghalib Afga. skripsi strategi pengembangan ekonomi lokal untuk meningkatkan daya saing pada ukm ekonomi kreatif batik bakaran di pati, jawa tengah, fakultas ekonomika dan bisnis (semarang : universitas diponegoro 2015).

Shihab, M. Quraish. Tafsir Al Misbah: pesan, kesan dan keserasian al-qur’an vol. 6,( Jakarta :lentera hati, 2002 ).

Sudarman, skripsi .Peran Dinas Koperindag Bagi Pengembangan UMKM Kota Palopo (Tinjauan Ekonomi Islam).Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam,( Palopo : Institut Agama Islam Negeri (IAIN) 2015)

Sugiyono, Memahami Penelitian Kualitatif, cet IX; Bandung : Alfabeta, 2014

Suryana, Ekonomi Kreatif Ekonomi Baru : Mengubah Ide Menciptakan Peluang, Bandung: Salemba Empat,2012

Tri ,Dani Danuar T, skripsi . Pengembangan UMKM Berbasis Ekonomi Kreatif di Kota Semarang .fakultas Ekonomi dan Bisnis , ( Semarang : Universitas Dipenogoro , 2013)

Zuliyati, pengembangan industri kreatif pigura kaligrafi menuju pasar global, Jurnal Inovasi dan Kewirausahaan, Universitas Muria Kudus. Vol 4. Nomor 3, 2015.

Suwatno, Donni Juni Prinsa. 2011. Manajemen SDM dalam Organisasi Publik dan Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Thoha, Miftah. 1983. Kepemimpinan dalam Manajemen. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Tjutju, Yuniarsih. Suwatno. 2008. Manajemen Sumber daya Manusia. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2019-04-17

Issue

Section

Articles

Citation Check