DETERMINASI FAKTOR PEMAHAMAN TERHADAP MOTIVASI MASYARAKAT NON MUSLIM MENJADI NASABAH BANK SYARIAH

Authors

  • Jumarni Jumarni Institut Agama Islam Negeri Palopo, Indonesia
  • Ramlah Makkulasse Institut Agama Islam Negeri Palopo, Indonesia
  • Irwati Baslan Institut Agama Islam Negeri Palopo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/dinamis.v2i1.1142

Keywords:

Nasabah Non Muslim. Keputusan Pembelian, Perbankan Syariah

Abstract

Pada era modern ini, kata Bank Syariah bukan lagi hal yang baru bagi  masyarakat, khususnya di kalangan masyarakat non-muslim. Ketertarikan menjadi nasabah Bank Syariah tentu saja berkaitan dengan faktor pemahaman yang akan mempengaruhi keputusan dalam pemilihan Bank. Pokok permasalahan dalam penelitian ini yakni alasan utama masyarakat non-muslim menjadi nasabah Bank syariah. Permasalahan yang dimaksudkan dalam penelitian ini adalah mengenai pemahaman masyarakat non-muslim, dimana suatu kaum atau kelompok yang dinilai jauh dari kata paham mengenai prinsip Islam yang terkandung di dalam sistem lembaga keuangan syariah, diantaranya adalah Bank Syariah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah faktor pemahaman mampu memotivasi masyarakat non muslim menjadi nasabah Bank Syariah Mandiri KCP Palopo.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Penentuan sampel menggunakan metode sampling Insidental dan kaidah Roscoe. Sumber data yang digunakan yaitu data primer, yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner kepada responden. Analisis ini menggunakan variabel bebas yaitu pemahaman sedangkan untuk variabel terikat menggunakan motivasi. Selanjutnya subjek penelitian ini merupakan masyarkat non muslim menjadi nasabah Bank Syariah Mandiri KCP Palopo. Data diolah dan dianalisis menggunakan regresi linear sederhana dengan menggunakan SPSS Versi 22.  Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pengaruh faktor pemahaman diperoleh nilai Thitung sebesar 3,178 dan Ttabel sebesar 2,034 atau 3,178 > 2,034 dan nilai signifikansi yang diperoleh oleh variabel pemahaman sebesar 0,003 < 0,05      (H0 ditolak dan H1 diterima). Artinya faktor pemahaman memiliki pengaruh positif signifikan terhadap motivasi masyarakat non muslim menjadi nasabah Bank Syariah Mandiri KCP Palopo dengan nilai koefisien regresi sebesar 0,234 atau sama dengan 23,4%.

References

Bakri, Adzan Noor Spritual Marketing, (Yogyakarta: Deepublish CV Budi Utama, 2016)

Hakim, Cecep Maskanul Belajar Mudah Ekonomi Islam, (Cet.1, Tangerang selatan Banten: Shuhuf Media Insani, 2011)

S.P, Hasibuan Malayu Organisasi & Motivasi ‘Dasar Peningkatan Produ ktivitas’, (Jakarta: Sinar Frafika Offset, 2001).

Muhamad, Manajemen Keuangan Syari’ah ‘Analisis Fiqih & Keuangan, (Cet. 2, Yogyakarta: UPP STIM YKPN, 2016)

Antonio, M. Syafiâ€i Bank Syariah dari Teori dan Praktek, (Cet. I, Jakarta: Gema Insani Pres, 2001)

Remy, Sjahdeini Sutan Perbankan Syariah produk-produk dan Aspek hukum lainnya (Jkarta: Prenadamedia group, 2014. Cet ke-1)

Sugiyono, Metode penelitian kombinasi (mixed methods), (Bandung: Alfabeta, 2013)

Sugiyono, Metode Penelitian Bisnis, (Bandung: Alfabeta, 2013)

Erwandi, Tarmizi harta haram muamalat kontemporer, (Cet. 16, Bogor: P.T. Berkat Mulia Insani, 2017)

Mifta, Thoha Perilaku Organisasi ‘Konsep Dasar Dan Aplikasinya’(Jakarta: Rajawali Pers, 2014)

Wahjono Sentot Imam, Perilaku Organisasi (Yogyakarta: Graha Ilmu, 2010)

Zainuddin Ali, Hukum Perbankan Syariah (Jakarta: Sinar Grafika, 2010)

Yupitri, Evi dan Raina Linda Sari,†Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Non Muslim Menjadi Nasabah Bank Syariah Mandiri Di Medanâ€. Jurnal Ekonomi dan Keuangan, Vol. 1, No. 1, Desember 2012

Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Etnis China-Non Muslim Menjadi Nasabah Bank Syari Dan Implikasinya Terhadap Strategi Pemasaran (Ke-05) Skripsi Makalah Artikel Jurnal.Html. diakses (08 Juli 2017)

Fithri Tyas Hapsari dan Irfan Syauqi Beik, Analisis Faktor Yang Memengaruhi Nasabah Non-Muslim dalam Menggunakan Jasa Bank Syariah di DKI Jakartaâ€. Jurnal Al-Muzara’ah, Vol. 2, No. 1. (ISSN p: 2337-6333; e: 2355-4363). h. 70-71

Downloads

Published

2019-03-12

Issue

Section

Articles

Citation Check