PENGARUH KELOMPOK RUJUKAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SKINCARE GENERASI Z
DOI:
https://doi.org/10.24256/dinamis.v3i1.2554Keywords:
Kelompok Persahabatan, Kelompok Belanja, Kelompok Kerja, Kelompok Masyarakat Maya, Keputusan pembeliaAbstract
Penelitian ini membahas tentang Pengaruh Kelompok Rujukan Terhadap Keputusan Pembelian Skincare. Penelitian ini bertujuan: Untuk menganalisis pengaruh kelompok persahabatan terhadap keputusan pembelian skincare wardah pada generasi Z.; Untuk menganalisis pengaruh kelompok belanja terhadap keputusan pembelian skincare wardah pada generasi Z; Untuk menganalisis pengaruh kelompok kerja terhadap keputusan pembelian skincare wardah pada generasi Z; Untuk menganalisis pengaruh kelompok masyarakat maya terhadap keputusan pembelian skincare wardah pada generasi Z. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Populasi dalam penelitian adalah seluruh lingkungan generasi Z. Pengambilan sampel dilakukan dengan sampling incidental. Sampel yang digunakan sebanyak 100 orang. Data diperoleh melalui kusioner/angket online. Selanjutnya, data penelitian ini dianalisis dengan model analisis Regresi Berganda, uji t, uji F, Uji R2. Hasil dari penelitian ini menujukkan bahwa; Kelompok persahabatan (X1) tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian skincare (Y) dengan nilai t-hitung 1,603 < t-tabel 1,660; Kelompok belanja (X2) tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian skincare (Y) dengan nilai t-hitung 0,054 < t-tabel 1,660; Kelompok kerja (X3) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian skincare (Y) dengan nilai t-hitung 5,193 > t-tabel 1,660; Kelompok masyarakat maya (X4) mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian skincare (Y) dengan nilai t-hitung 3,358 > t-tabel 1,660; kelompok persahabatan, kelompok belanja, kelompok kerja, dan kelompok masyarakat maya berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian skincare sebesar 49,3% sisanya 50,7% dipengaruhi oleh variabel lain diluar dari model regresi ini..Â
References
Anoraga Jalasena Bintang, Sri Setyo Iriani,†Pengaruh Gaya Hidup Dan Kelompok Acuan Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Merek
Samsung Galaxy,â€Jurnal Manajemen Dan Bisnis 6, No.2(febuari 2020) :147-139.https://journal.unesa.ac.id/index.php/bisma/article/viewFile /2774/1794.
Apriwati Sholihat, “ Pengaruh Promosi Penjualan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian,â€Jurnal Ekonomi Manajemen FISIP 5, No 1(April 2020):15-1.https://media.neliti.com/media/publications/204 752-pengaruh-promosi-penjualan-dan-kualitas.pdf.
Awliya Afwa,â€Analisis Faktor Kelompok Referensi Perilaku Konsumen,†Jurnal Valuta 3, No.2 (Oktober 2017): 240-220.https://journal.uir.ac.id /index.php/valuta/article/ download/1963 /1180.
Devy Isnina, Suryanti, & Fullchis Nurtjahjani. “ Pengaruh Kelompok Acuan
Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen.†Jurnal
Aplikasi Bisnis 5,No.1(Juni 2019):88-85.http://jab.polinema.ac.id/index.
php/jab/article/view /297.
Fadhillah Nur Iman, Ani Kusmiawati, dan Mukhtar Abdul Kader. “ Pengaruh Refrence Group Dan Word Of Mounth Terhadap Keputusan
Pembelian,†jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewiarausahaan 2, No.4 (Desember 2020):125-115.https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/bmej/ article /download /4252/3612.
Humaniora, “ Pasar Potensial Untuk Produk Perawatan Kulit Indonesia, 05 Oktober2019.https://mediaindonesia.com/humaniora/263774 /indonesia
- pasar-potensial-untuk-produk-perawatan-kulit
Imam Ghozali, Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Edisi 9 Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 2018.
Kotler, Philip., dan Gary Amstrong, Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 12 Jakarta:Erlangga,2008.
Kotler, Philip., dan Kevin Lane Keller. Manajemen pemasaran. Edisi13. Jakarta:Erlangga, 2008.
M.Oloan Asmara.â€Pengaruh Citra Merek,Harga, dan Kualitas produk Terhadap Keputusan pembelian,â€Jurnal Manajemen dan Keuangan 6 No.1(Mei 2017):669-660.https://ejurnalunsam.id/index.php/jmk /article/download/213 /160.
Megawati Simanjuntak dan Andre Fachrun Ramadhan, “ Perilaku Pembelian Hedonis Generasi Z: Promosi Pemasaran, Kelompok Acuan, Dan
Konsep Diri,†Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen 11, No.11 ( September 2018): 243-254.
Melia Anggraini, Fitriani & Vicky F Sanjaya, “ Pengaruh kelompok Referensi, media Sosial Dan Work Of Mouth Pada Generasi Milenial
Terhadap Keputusan Pembelian, “ Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi 2, No.1 (2021):25-20 http://jema.unw.ac.id/index.Php /jema /article/ download/51/16.
Prasetijo, Ristiyanti., dan John. J.O.I Ihalauw. Perilaku Konsumen. Edisi 1. Yogyakarta:Andi Offset,2005.
Qomusuddin, Fanani Ivan. Statisk Pendidikan. Edisi 1. Yogyakarta:CV. Budi Utama,2019.
Safutri Agustian Anita, Tinjung Mary Prihtanti,â€Pengaruh Produk, lokasi Dan Kelompok Rujukan Terhadap keptusan Pembelian †Jurnal Agribisnis Kepulauan 8 No.1(febuari 2020):82-67.https://ojs.unpatti. ac.id/index.php/ag rilan/article /viewFile/961/512.
Sugiyono. Metode Penelitian Bisnis. Edisi13. Bandung:Alfabeta,2013.
Sunarto, Ridwan. Pengantar Statistika. Edisi 3. Bandung:Alfabeta,2010.
Yoga Famei Akbarini,â€Pengaruh Kelompok Referensi, Diferensiasi Produk,
Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian,†Jurnal Manajemen 5, N0.1(2017): 8-1.