PENGARUH KELOMPOK RUJUKAN TERHADAP KEPUTUSAN PEMBELIAN SKINCARE GENERASI Z

Authors

  • Akhmad Syarifuddin STIE ANKOP, Indonesia
  • Nurdin A.Ummul Khairi INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI PALOPO, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/dinamis.v3i1.2554

Keywords:

Kelompok Persahabatan, Kelompok Belanja, Kelompok Kerja, Kelompok Masyarakat Maya, Keputusan pembelia

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Pengaruh Kelompok Rujukan Terhadap Keputusan  Pembelian Skincare. Penelitian ini bertujuan: Untuk menganalisis pengaruh  kelompok persahabatan terhadap keputusan pembelian skincare wardah pada  generasi Z.; Untuk menganalisis pengaruh kelompok belanja terhadap keputusan  pembelian skincare wardah pada generasi Z; Untuk menganalisis pengaruh  kelompok kerja terhadap keputusan pembelian skincare wardah pada generasi Z;  Untuk menganalisis pengaruh kelompok masyarakat maya terhadap keputusan  pembelian skincare wardah pada generasi Z. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif.  Populasi dalam penelitian adalah seluruh lingkungan generasi Z. Pengambilan  sampel dilakukan dengan sampling incidental. Sampel yang digunakan sebanyak  100 orang. Data diperoleh melalui kusioner/angket online. Selanjutnya, data  penelitian ini dianalisis dengan model analisis Regresi Berganda, uji t, uji F, Uji  R2. Hasil dari penelitian ini menujukkan bahwa; Kelompok persahabatan (X1)  tidak mempunyai pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian  skincare (Y) dengan nilai t-hitung 1,603 < t-tabel 1,660; Kelompok belanja (X2)  tidak berpengaruh secara signifikan terhadap keputusan pembelian skincare (Y)  dengan nilai t-hitung 0,054 < t-tabel 1,660; Kelompok kerja (X3) mempunyai  pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian skincare (Y) dengan nilai  t-hitung 5,193 > t-tabel 1,660; Kelompok masyarakat maya (X4) mempunyai  pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian skincare (Y) dengan nilai  t-hitung 3,358 > t-tabel 1,660; kelompok persahabatan, kelompok belanja,  kelompok kerja, dan kelompok masyarakat maya berpengaruh secara simultan  terhadap keputusan pembelian skincare sebesar 49,3% sisanya 50,7%  dipengaruhi oleh variabel lain diluar dari model regresi ini.. 

References

Anoraga Jalasena Bintang, Sri Setyo Iriani,†Pengaruh Gaya Hidup Dan Kelompok Acuan Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Merek

Samsung Galaxy,â€Jurnal Manajemen Dan Bisnis 6, No.2(febuari 2020) :147-139.https://journal.unesa.ac.id/index.php/bisma/article/viewFile /2774/1794.

Apriwati Sholihat, “ Pengaruh Promosi Penjualan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian,â€Jurnal Ekonomi Manajemen FISIP 5, No 1(April 2020):15-1.https://media.neliti.com/media/publications/204 752-pengaruh-promosi-penjualan-dan-kualitas.pdf.

Awliya Afwa,â€Analisis Faktor Kelompok Referensi Perilaku Konsumen,†Jurnal Valuta 3, No.2 (Oktober 2017): 240-220.https://journal.uir.ac.id /index.php/valuta/article/ download/1963 /1180.

Devy Isnina, Suryanti, & Fullchis Nurtjahjani. “ Pengaruh Kelompok Acuan

Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen.†Jurnal

Aplikasi Bisnis 5,No.1(Juni 2019):88-85.http://jab.polinema.ac.id/index.

php/jab/article/view /297.

Fadhillah Nur Iman, Ani Kusmiawati, dan Mukhtar Abdul Kader. “ Pengaruh Refrence Group Dan Word Of Mounth Terhadap Keputusan

Pembelian,†jurnal Manajemen Bisnis Dan Kewiarausahaan 2, No.4 (Desember 2020):125-115.https://jurnal.unigal.ac.id/index.php/bmej/ article /download /4252/3612.

Humaniora, “ Pasar Potensial Untuk Produk Perawatan Kulit Indonesia, 05 Oktober2019.https://mediaindonesia.com/humaniora/263774 /indonesia

- pasar-potensial-untuk-produk-perawatan-kulit

Imam Ghozali, Aplikasi Analisis Multivariate Dengan Program SPSS. Edisi 9 Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro, 2018.

Kotler, Philip., dan Gary Amstrong, Prinsip-Prinsip Pemasaran. Edisi 12 Jakarta:Erlangga,2008.

Kotler, Philip., dan Kevin Lane Keller. Manajemen pemasaran. Edisi13. Jakarta:Erlangga, 2008.

M.Oloan Asmara.â€Pengaruh Citra Merek,Harga, dan Kualitas produk Terhadap Keputusan pembelian,â€Jurnal Manajemen dan Keuangan 6 No.1(Mei 2017):669-660.https://ejurnalunsam.id/index.php/jmk /article/download/213 /160.

Megawati Simanjuntak dan Andre Fachrun Ramadhan, “ Perilaku Pembelian Hedonis Generasi Z: Promosi Pemasaran, Kelompok Acuan, Dan

Konsep Diri,†Jurnal Ilmu Keluarga Dan Konsumen 11, No.11 ( September 2018): 243-254.

Melia Anggraini, Fitriani & Vicky F Sanjaya, “ Pengaruh kelompok Referensi, media Sosial Dan Work Of Mouth Pada Generasi Milenial

Terhadap Keputusan Pembelian, “ Jurnal Ekonomi, Manajemen Dan Akuntansi 2, No.1 (2021):25-20 http://jema.unw.ac.id/index.Php /jema /article/ download/51/16.

Prasetijo, Ristiyanti., dan John. J.O.I Ihalauw. Perilaku Konsumen. Edisi 1. Yogyakarta:Andi Offset,2005.

Qomusuddin, Fanani Ivan. Statisk Pendidikan. Edisi 1. Yogyakarta:CV. Budi Utama,2019.

Safutri Agustian Anita, Tinjung Mary Prihtanti,â€Pengaruh Produk, lokasi Dan Kelompok Rujukan Terhadap keptusan Pembelian †Jurnal Agribisnis Kepulauan 8 No.1(febuari 2020):82-67.https://ojs.unpatti. ac.id/index.php/ag rilan/article /viewFile/961/512.

Sugiyono. Metode Penelitian Bisnis. Edisi13. Bandung:Alfabeta,2013.

Sunarto, Ridwan. Pengantar Statistika. Edisi 3. Bandung:Alfabeta,2010.

Yoga Famei Akbarini,â€Pengaruh Kelompok Referensi, Diferensiasi Produk,

Dan Harga Terhadap Keputusan Pembelian,†Jurnal Manajemen 5, N0.1(2017): 8-1.

Downloads

Published

2020-03-19

Issue

Section

Articles

Citation Check