APA YANG MENGENDALIKAN KEPUTUSAN PEMBELIAN GENERASI Z PADA PRODUK KOSMETIK ASAL KOREA?

Authors

  • Murstid Mursyid Institut Agama Islam Negeri Palopo, Indonesia
  • Oksalia Mourrens S. Tular Institut Agama Islam Negeri Palopo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/dinamis.v3i1.2616

Keywords:

Sikap, Gaya hidup, Kepribadian, Keputusan Pembelian

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Pengaruh Sikap, Gaya Hidup dan Kepribadian terhadap Keputusan Pembelian. Penelitian ini bertujuan: Untuk mengetahui pengaruh sikap, gaya hidup dan kepribadian secara simultan terhadap keputusan pembelian kosmetik Korea, untuk mengetahui pengaruh sikap secara parsial terhadap keputusan pembelian kosmetik Korea, untuk mengetahui pengaruh gaya hidup secara parsial terhadap keputusan pembelian kosmetik Korea, untuk mengetahui pengaruh kepribadian secara parsial terhadap keputusan pembelian kosmetik Korea. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif. Populasinya adalah seluruh Perempuan generasi Z yang ada di kota Palopo, dengan jumlah tidak diketahui. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik purposive sampling. Sampel yang digunakan, sebanyak 96 orang. Data diperoleh melalui kuesioner. Selanjutnya, data penelitian ini dianalisis dengan regresi berganda, uji t dan uji f. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: Sikap (X1) berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) kosmetik Korea, gaya hidup (X2) berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian (Y) kosmetik Korea, Kepribadian (X3) berpengaruh positif signifikan terhadap keputusan pembelian(Y) kosmetik Korea. Sikap, gaya hidup dan kepribadian berpengaruh secara simultan terhadap keputusan pembelian kosmetik Korea sebesar 63,8%, sisanya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak dapat dijelaskan dalam penelitian ini.

References

Aini, Shiva Nurul. “Pengaruh Usia, Pekerjaan, Keadaan Ekonomi, Gaya Hidup, Dan Kepribadian Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone Oppo Di Kota Palembang.†STIE Multi Data Palembang, 2021. http://rama.mdp.ac.id:85/206/.

Ansari. “Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Keputusan Pembelian Konsumen Ponsel Merek Samsung.†Jurnal Keuangan dan Bisnis 7, no. 3 (2015): 227–242. http://eprints.ums.ac.id/39035/26/NASKAH PUBLIKASI.

Dumarçay, J. “Analisis Perilaku Konsumen Dalam Keputusan Pembelian Makanan Di Kota Surakarta.†Oxford Art Online (2018): 98–110.

Novia Faadhilah, Fauz. “Pengaruh Gaya Hidup Konsumtif Dan Beauty Vlogger Sebagai Kelompok Referensi Terhadap Keputusan Pembelian Kosmetik (Studi Pada Remaja Perempuan Pengguna Kosmetik Korea Di Surabaya).†Jurnal Ilmu Manajemen (JIM) 7, no. 1 (2018): 133–142. https://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jim/article/view/25224.

Nugroho J. setiadi. Perilaku Konsumen. 2019th ed. Jakarta: Kencana, 2019.

Putri, Karina Amaliantami, Amirudin Amirudin, and Mulyo Hadi Purnomo. “Korean Wave Dalam Fanatisme Dan Konstruksi Gaya Hidup Generasi Z.†Nusa: Jurnal Ilmu Bahasa dan Sastra 14, no. 1 (2019): 125.

Ramya, N, and Mohamed Ali. “Factors Affecting Consumer Buying Behavior.†International Journal of Applied Research 2, no. 10 (2016): 76–80. https://www.researchgate.net/publication/316429866_Factors_affecting_consumer_buying_behavior.

Sembiring, Vienna Artina, and Wijayanti Dewi Prabandari. “Analysis of the Ompact of Korean Wave on Purchase Decision Making at Patbingsoo Korean Dessert House, Flavor Bliss, Tangerang Selatan.†International Journal of Innovative Science and Research Technology 6, no. 3 (2021): 628–634. www.ijisrt.com628.

Solihin, Winda A, Bernhard Tewal, and Rudy Wenas. “Pengaruh Sikap Konsumen Dan Gaya Hidup Terhadap Keputusan Pembelian Smartphone (Studi Pada Mahasiswa Unsrat Di Manado).†Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi 8, no. 1 (2020): 511–520.

Sugiyono. Metode Penelitian Manajemen. Edited by Setiyawami. Bandung: Bandung: Alfabeta, 2014.

Issue

Section

Articles

Citation Check