CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DAN PENGARUHNYA TERHADAP LOYALITAS NASABAH PADA BANK RAKYAT INDONESIA (BRI) SYARIAH KANTOR CABANG PEMBANTU (KCP) KOTA PALOPO

Authors

  • Ahmad Syarief Iskandar IAIN PALOPO, Indonesia
  • Nildha Amelia W IAIN PALOPO, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/dinamis.v1i1.414

Keywords:

Customer Relationship Management, Loyalitas

Abstract

Pesatnya perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi menjadikan persaingan antara perusahaan pada sektor perbankan
semakin ketat sehingga mendorong perusahaan perbankan untuk terus berupaya tidak hanya mendapatkan nasabah tetapi juga
bagaimana mempertahankan nasabahnya. Customer Relationship Management (CRM) menjadi salah satu upaya yang dapat
diterapkan untuk membangun relasi yang kuat antar bank dan nasabah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh
Customer Relationship Management (CRM) terhadap Loyalitas Nasabah pada Bank Rakyat Indonesia (BRI) Syariah Kantor
Cabang Pembantu (KCP) Kota Palopo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Populasi dalam
penelitian ini adalah nasabah BRI Syariah KCP Kota Palopo. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah teknik non
probability sampling dengan cara purposive sampling. Teknik pengumpulan data digunakan dalam penelitian yaitu dengan
membagikan kuesioner berupa pernyataan tertulis untuk memperoleh keterangan dari 96 responden yang menjadi sampel
penelitian. Data yang diperoleh kemudian di analisis dengan menggunakan metode yaitu analisis regresi berganda dan
pengujian hipotesis dengan menggunakan bantuan SPSS for windows Versi 20. Hasil Penelitian ini menemukan bahwa dalam
uji simultan (Uji-F) menghasilkan tingkat signifikansi sebesar 0,000 lebih kecil dari 0,05 di simpulkan bahwa variabel
Customer Relationship Management (CRM) yang terdiri dari identify, acquire, retain dan develop secara bersama-sama
berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas nasabah. Berdasarkan uji parsial (Uji-T) diperoleh bahwa variabel identify
dominan berpengaruh terhadap loyalitas nasabah dengan nilai koefisien regresi terbesar yaitu 0,821. Dengan demikian pihak
Bank Rakyat Indonesia (BRI) Syariah Kantor Cabang Pembantu (KCP) Kota Palopo terus mengefektifkan penggunaan
database nasabah untuk lebih mengenal dan mengetahui potensial nasabah terhadap peningkatan bank, meningkatkan mutu
pelayanan serta memanfaatkan perkembangan teknologi yang mampu menunjang kemudahan nasabah dalam bertransaksi.

References

Arifin,zainul, Dasar-dasar manajemen Bank syariah, Jakarta: Alvabet,2003.

Adhitama, paulus patria, faktor-faktor yang mempengaruhi minat berwirausaha (studi kasus: mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis UNDIP semarang), Semarang: fakultas ekonomi universitas diponegoro semarang, 2014.

Adi sukma, abdurrahman, faktor-faktor yang mempengaruhi minat mahasiswa untuk berwirausaha, Jakarta: universitas gunadharma fakultas ekonomi Jakarta, 2012.

Arikunto,suharsimi, prosedur penelitian, suatu pendekatan praktek,Cet.V;Jakarta:Rinka cipta,2002.

Aziz, Latiful dkk, analisis minat mahasiswa universitas Trunojoyo Madura untuk berwirausaha (studi kasus: mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis), Madura: prodi ekonomi pembangunan fakultas ekonomi dan bisnis Universitas Trunojoyo Madura, 2014.

Baharuddin, Pengaruh Motivasi dan Mental Wirausaha Terhadap Minat Mahasiswa Stain Palopo Prodi Ekonomi Islam Untuk Berwirausaha, Skripsi Stain, Jurusan Syariah, Tahun 2013.

Bungin,Burhan, Metodologi Penelitian Kuantitatif, Jakarta: Kencana,2005.

Departemen Agama RI, Al-Qur’an Dan Terjemahannya, Jakarta: Proyek Pengadaan Kitab Suci Al-Qur’an,1983.

Drs.M.Subana,M.pd., dasar-dasar penelitian ilmiah,Cet.II;Bandung: Pustaka setia,2005.

Firyanti, izza dan farah oktafiani, analisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat mahasiswa berbisnis dengan sistem multi level markting (studi kasus: member PT . Melia Sehat Sejahtera, universitas Telkomsel,Bandung).

Fitriani, Analisis Faktor-Faktor Motivasi Yang Memengaruhi Minat Perempuan Memilih Berwirausaha (Studi Kasus: pada Pusat Niaga Palopo), Skripsi IAIN, Jurusan Ekonomi, Tahun 2015.

http://multazam-einstein.blogspot.co.id/2013/01/hadis-nabi-tentang-wirausaha.html, diakses tanggal 12 Januari 2017.

Mudjiarto Aliaras Wahid, Membangun Karakter Dan Kepribadian Kewirausahaan Cet: 1; Ed: 1 ; Yogyakarta: Graha Ilmu, 2006.

Praswati,Afit Nuryulia, analisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat wirausaha dikalangan mahasiswa (studi kasus: fakultas ekonomi dan bisnis universitas Muhammadyah Surakarta),Surakarta:2014.

Pemerintah Kota Palopo Dalam Angka, Palopo: Badan Pusat Statistik, 2014.

Bukhari,Shahih, Abu Abdullah Muhammad Bin Ismail Bin Ibrahim Albukhari Alja’fi, Kitab Jual Beli, Bairut-Libanon, 1981 M.

Slamet,franky, Dasar-dasar kewirausahaan: teori dan praktek, Cet.1; Jakarta:PT indeks, 2012.

Suharyadi Dkk, Kewirausahaan Membangun Usaha Sukses Sejak Muda, Jakarta: Salemba Empat,2011.

Sukirno,sadono dkk, pengantar bisnis, ed 1,Cet.1-Jakarta:Kencana,2014.

Sunggono,Bambang, metodologi penelitian hukum, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada,2007.www.pengertianpakar.com/2015/01/pengertian-ruang-lingkup-manfaat-ekonomi-syariah.html.

Subagyo,joko, metode penelitian dalam teori dan praktek,Cet.XII;Jakarta:Rineka cipta,1999.

Downloads

Published

2018-04-13

Issue

Section

Articles

Citation Check