STRATEGI PEMASARAN PRODUK GADAI SYARIAH (RAHN) DALAM UPAYA MENARIK MINAT NASABAH PADA BANK SYARIAH MANDIRI KOTA PALOPO

Authors

  • Muzayyanah Jabani IAIN Palopo, Indonesia
  • Siti Chodijah IAIN Palopo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/dinamis.v1i1.417

Keywords:

Strategi Pemasaran, Produk Gadai Syariah (Rahn) dan Minat Nasabah

Abstract

Tulisan  ini membahas masalah yaitu: 1) Bagaimana strategi pemasaran yang digunakan oleh Bank Syariah Mandiri Kota Palopo dalam menarik minat nasabah?, 2) Bagaimana peningkatan jumlah nasabah melalui implementasi strategi produk gadai syariah pada Bank Syariah Mandiri Kota Palopo?. Sedangkan tujuan penelitian ini yakni untuk: 1) Mengetahui bagaimana strategi pemasaran yang digunakan oleh Bank Syariah Mandiri Kota Palopo dalam menarik minat nasabah, 2) Mengetahui peningkatan jumlah nasabah pada Bank Syariah Mandiri melalui implementasi strategi pemasaran produk gadai syariah (rahn). Studi ini menggunakan desain penulisan deskripktif kualitatif yang berusaha untuk menggambarkan tentang bagaimana strategi pemasaran produk gadai syariah dalam menarik minat nasabah, untuk itu penulis melakukan suatu penulisan dengan menggunakan beberapa macam persiapan, 1) Observasi, dilakukan oleh penulis secara langsung  dengan cara mengamati berbagai hal yang berkaitan dengan penulisan 2) Wawancara, dimana penulis melakukan penulisan melalui pendekatan individu dan bertanya langsung terhadap beberapa informan. 3) Dokumentasi, atau pengumpulan data yang dilakukan oleh penulis dengan cara terjun langsung ke lapangan untuk mengumpulkan data-data atau dokumen-dokumen yang dapat memberikan gambaran tentang lokasi dan obyek. Hasil penelitian menunjukkan, 1) bahwa strategi yang digunakan oleh Bank Syariah Mandiri Kota Palopo dalam menarik minat nasabahnya adalah sebagai berikut: (1) Strategi Produk (Product) (2) Strategi Harga (Price) (3) Strategi Tempat (Place) (4) Strategi Promosi (Promotion) 2) Implementasi strategi pemasaran produk gadai syariah (rahn) yang dilakukan oleh Bank Syariah Mandiri Kota Palopo ternyata mampu mempengaruhi peningkatan jumlah nasabah. Ini terbukti dengan peningkatan biaya keluar (out standing), pencapaian target, serta peningkatan jumlah nasabah dari tahun ke tahun.

References

Abdurrahman Fathoni, , Organisasi Sumberdaya Manusia, Jakarta:Rineka Cipta, 2006.

Aziziyah Mei Sulastri Sonya, Peraktik Penerapan Sumber Daya Manusia berbasis Islam, Yogyakarta: Universitas Islam Negri Sunan Kalijaga.

Arikunto Suharsimi, manajemen SDM

Achsin, Inggi H. Konsep Praktik Manajemen Portofolio Syariah. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama 2003.

Bachrun Saifuddin, Buku Induk MSDM-Human Capital Syariah, Jakarta: Sinar Media Abadi, Cet.1, 2014 dalam skripsi Indiastuti.

Dapartemen Agama Republik Indonesia, Al-Quran dan Terjemahannya: Kitab suci Al-Quran Dapartemen Agama Republik Indonesia, (Jakarta: Lubuk Agung Bandung, 1989).

Depdiknas, kamus bahasa Indonesia , Jakarta: Pusat Bahasa, 2008.

Ernie Tisnawati dan Kurniawan Saefullah, Pengantar Manajemen, (Jakarta: Kencana, 2006).

Eriyono.2012. “Perkembang Manajemen dalam Prespektif Islam” http://eriyonoyon.blogspot.com/2012/01/perkembangan-manajemen-dalam-perspektif.html?m=1 (18 Maret 2015)

HG Muh.Arifin, praktik penerapan manajemen sumber daya manusia berbasis islam, STAIN Palopo, 2014.

Hadi Sutrisno, Metodologi Researtch , Yogyakarta: Audi Ofsser, 1987.

Hasibuan, Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: P.T. Bumi Aksara, 2003.

Hefni Y. 2008. “Manajemen dalam Prespetif Islam” https://hefniy.wordpress.com/2008/10/06/manajemen-dalam-perspektif-islam/ (18 Maret 2015)

Indiastuti, analisis penerapan manajemen sumber daya manusia, Semarang: Univesitas Islam Negri Walisongo, 2015.

Jihan Fitri Fatimus Zahro,”Manajemen dakwah Yayasan Majlis mahtadin kota Yogyakarta (Studi atas Fungsi Manajemen)”, dalam Skripsi tidak diterbitkan, Fakultas dakwah, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta”, 2005.

Munir dan Wahyu Ilaihi, Manajemen Dakwah. Jakarta: Prenada Media, 2006.

Mulyasa E, Manajemen Berbasis Sekolah, Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2004, h. 42. Sumber http://www.makalah SDM.htlm, diakses pada tanggal 23 Agustus 2016.

M. Manullang, Dasar-Dasar Manajemen, Jakarta: Balai Aksara,1963.

Muslich. 2007. Bisnis Syariah Prespektif Muamalah dan Manajemen. Yogyakarta: Unit Penerbit dan Percetakan Sekolah Tinggi Ilmu Manajemen YKPN.

Pandu Umat, 2011. “Memahami Manajemen dalam Prespektif Islam” https://panduummat.wordpress.com/2011/03/16/memahami-manajemen-dalam-perspektif-islam/ (18 Maret 2015)

Muhammad, Manajemen Bank Syariah, (Yogyakarta: UPP AMP YKPN, 2005) http://ricky7Januari.blogspot.co.id/2014/10/Manajemen-sumber-daya-manusia-1_25.html di akses pada tanggal 10 September 2016.

Narbuko Cholid dan Abu Achmadi, Metodologi Penelitian, ( Cet. 12. Jakarta; Bumi Aksara, 2012),

Panggabean Dr. Mutiara S., Manajemen Sumber Daya Manusia, Bogor: Ghalia Indonesia, 2002.

Rivai Veithzal. Manajemen sumber daya manusia, dari teori ke praktik, Jakarta: PT RajaGrafindo Persada 2004.

Samsudin H. Saidi, Manajemen Sumber Daya Manusia, (Bandung : Cv. Pustaka Setia, 2006) Cet.I. h. 21.

Setiadi Edi, Modul Kuliah Manajemen Sumber Daya Manusia Insani Bank Syariah, Jakarta, 2007. Ed.I. sumber http://www. Elza Septeriana.blog.com/ sdm .html. diakses pada tanggal 23 Agustus 2016.

Septeriana Elza, penerapan system Rekrutmen terhadap kinerja karyawan, Jakarta: UIN Syarif Hidayatullah, 2009.

Siregar Ir. Sofyan,Statistika Deskriptif untuk penelitian dilengkapi Perhitungan Manual dan Aplikasi SPSS Versi 17, Ed.I. Cet.II; Jakarta Pers, 2016.

Saifullah, Muhammad. Etika Bisnis Islam dalam Praktek Bisnis Rosulullah.

Sofyan, Riyanto. 2011. Bisnis Syariah. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama http://devidema.blogspot.co.id/2016/03/manajemen-dalam-prespektif-islam.html

Sudilasih Feni, “ Manajemen Dakwah Lembaga Pengabdian Masyarakat apondok Pesantren Diponegoro Dusun Sambego MaguweharjoKabupaten Sleman Kota Yogyakarta”, dalam skiripsi tidak diterbitkan, Fakultas dakwah, UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta, 2006.

Sugiono, Metode Penelitian Kuantitatif , Kualitatif, dan Kombinasi (Mixed Methods), (Cet. IV; Bandung: Alfabeta, 2013).

Taufiq, Ali Muhammad, Praktik Manajemen Berbasis Al-Qur’an, Jakarta: Gema Insani, 2004.

Tim Penyusun, Pedoman Penulisan Skripsi, Fakultas Syari’ah IAIN Palopo, 2010.

Tisnawati Ernie dan Kurniawan Saefullah, Pengantar Manajemen, Jakarta: Kencana, 2006.

Tisnawati Ernie Sule dan Kurniawan Saefullah, pengantar manajemen, Jakatra : Kencana, 2005.

Wilson Bangun, Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta: Erlangga, 2012.

.

Downloads

Published

2018-04-18

Issue

Section

Articles

Citation Check