PENGARUH FAKTOR LINGKUNGAN KELUARGA DAN MASYARAKAT, EKSPEKTASI PENDAPATAN, DAN PENDIDIKAN TERHADAP MINAT MAHASISWA DALAM BERWIRAUSAHA

Authors

  • Hamzah Kamma Institut Agama Islam Negeri Palopo, Indonesia
  • Hardiana Hardiana Institut Agama Islam Negeri Palopo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/dinamis.v1i1.418

Keywords:

Lingkungan Keluarga Dan Masyarakat, Ekspektasi Pendapatan, Pendidikan, Minat Berwirausaha.

Abstract

Tulisan ini berjudul Pengaruh faktor lingkungan keluarga dan masyarakat, ekspektasi pendapatan, dan pendidikan terhadap minat mahasiswa dalam berwirausaha (studi kasus mahasiswa prodi ekonomi syariah tahun 2014) dengan rumusan masalah bagaimana pengaruh faktor lingkungan keluarga dan masyarakat terhadap  minat mahasiswa dalam berwirausaha, bagaimana pengaruh faktor ekspektasi pendapatan terhadap minat mahasiswa dalam berwirausaha, bagaimana pengaruh faktor pendidikan terhadap minat mahasiswa dalam berwirausaha. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif dengan menggunakan analisis regresi linier berganda dengan SPSS versi 20. Populasi dalam penelitian ini adalah mahasiswa ekonomi syariah tahun 2014 yang berjumlah 146 mahasiswa dengan sampel sebanyak 37 mahasiswa. Dengan teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu simple random sampling. Hasil penelitian menemukan bahwa variabel variabel lingkungan keluarga dan masyarakat dengan nilai thitung -2,606 < ttabel 1,692, ekpektasi pendapatan dengan nilai thitung 3,662  dan nilai ttabel 1,692, dan  pendidikan dengan nilai  thitung  2,662 dan nilai  ttabel 1,692, yang berpengaruh terhadap minat berwirausaha mahasiswa Ekonomi Syariah. Dengan demikian, hipotesis kedua dan ketiga yang diajukan terbukti kebenarannya. Ekspektasi pendapatan dan pendidikan secara bersama-sama juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha mahasiswa Ekonomi Syariah. Sedangkan lingkungan keluarga dan masyarakat tidak berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat berwirausaha mahasiswa ekonomi syariah.

References

Arifin,zainul, Dasar-dasar manajemen Bank syariah, Jakarta: Alvabet,2003.

Adhitama, paulus patria, faktor-faktor yang mempengaruhi minat berwirausaha (studi kasus: mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis UNDIP semarang), Semarang: fakultas ekonomi universitas diponegoro semarang, 2014.

Adi sukma, abdurrahman, faktor-faktor yang mempengaruhi minat mahasiswa untuk berwirausaha, Jakarta: universitas gunadharma fakultas ekonomi Jakarta, 2012.

Arikunto,suharsimi, prosedur penelitian, suatu pendekatan praktek,Cet.V;Jakarta:Rinka cipta,2002.

Aziz, Latiful dkk, analisis minat mahasiswa universitas Trunojoyo Madura untuk berwirausaha (studi kasus: mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis), Madura: prodi ekonomi pembangunan fakultas ekonomi dan bisnis Universitas Trunojoyo Madura, 2014.

Baharuddin, Pengaruh Motivasi dan Mental Wirausaha Terhadap Minat Mahasiswa Stain Palopo Prodi Ekonomi Islam Untuk Berwirausaha, Skripsi Stain, Jurusan Syariah, Tahun 2013.

Bungin,Burhan, Metodologi Penelitian Kuantitatif, Jakarta: Kencana,2005.

Departemen Agama RI, Al-Qur’an Dan Terjemahannya, Jakarta: Proyek Pengadaan Kitab Suci Al-Qur’an,1983.

Drs.M.Subana,M.pd., dasar-dasar penelitian ilmiah,Cet.II;Bandung: Pustaka setia,2005.

Firyanti, izza dan farah oktafiani, analisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat mahasiswa berbisnis dengan sistem multi level markting (studi kasus: member PT . Melia Sehat Sejahtera, universitas Telkomsel,Bandung).

Fitriani, Analisis Faktor-Faktor Motivasi Yang Memengaruhi Minat Perempuan Memilih Berwirausaha (Studi Kasus: pada Pusat Niaga Palopo), Skripsi IAIN, Jurusan Ekonomi, Tahun 2015.

http://multazam-einstein.blogspot.co.id/2013/01/hadis-nabi-tentang-wirausaha.html, diakses tanggal 12 Januari 2017.

Mudjiarto Aliaras Wahid, Membangun Karakter Dan Kepribadian Kewirausahaan Cet: 1; Ed: 1 ; Yogyakarta: Graha Ilmu, 2006.

Praswati,Afit Nuryulia, analisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat wirausaha dikalangan mahasiswa (studi kasus: fakultas ekonomi dan bisnis universitas Muhammadyah Surakarta),Surakarta:2014.

Pemerintah Kota Palopo Dalam Angka, Palopo: Badan Pusat Statistik, 2014.

Bukhari,Shahih, Abu Abdullah Muhammad Bin Ismail Bin Ibrahim Albukhari Alja’fi, Kitab Jual Beli, Bairut-Libanon, 1981 M.

Slamet,franky, Dasar-dasar kewirausahaan: teori dan praktek, Cet.1; Jakarta:PT indeks, 2012.

Suharyadi Dkk, Kewirausahaan Membangun Usaha Sukses Sejak Muda, Jakarta: Salemba Empat,2011.

Sukirno,sadono dkk, pengantar bisnis, ed 1,Cet.1-Jakarta:Kencana,2014.

Sunggono,Bambang, metodologi penelitian hukum, Jakarta: PT Raja Grafindo Persada,2007.www.pengertianpakar.com/2015/01/pengertian-ruang-lingkup-manfaat-ekonomi-syariah.html.

Subagyo,joko, metode penelitian dalam teori dan praktek,Cet.XII;Jakarta:Rineka cipta,1999.

Downloads

Published

2018-04-24

Issue

Section

Articles

Citation Check