IMPLEMENTASI NILAI NILAI ISLAM DALAM BERDAGANG PADA PUSAT NIAGA PALOPO

Mar Atin Sholekhah

Abstract


Studi inii dilatar belakangi dengan banyaknya transaksi dipasar yang mengandung unsur curang. Hal ini disebabkan tingginya keinginan masyarakat untuk memperoleh keuntungan sebanyak-banyaknya dalam waktu sesingkat-singkatnya sehingga menggeser nilai-nilai kejujuran yang terkandung didalam berwirausaha. Padahal kunci dari kesuksesan dalam berwirausaha terletak pada kejujuran dan keadilan serta bekerja dengan mengharap ridha Allah swt. Penelitian mengacu pada satu pokok permasalahan yaitu bagaimana pengimplementasian nilai-nilai Islam bagi pedagang pada Pusat Niaga Palopo. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan yaitu: metode pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner atau angket dan observasi. Alat ukur yang digunakan yaitu uji validitas dan realibilitas. Dalam penelitian ini menggunakan teknis analisis deskriptif, karena dalam penelitian ini hanya menggunakan satu variabel, oleh karena itu analisis ini tidak berbentuk perbandingan atau hubungan. Penelitian ini di lakukan pada 80 pedagang di Pusat Niaga Palopo/PNP. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan nilai-nilai keislaman bagi pedagang pada Pusat Niaga Palopo tergolong dalam tingkatan sedang. Artinya tidak buruk dan tidak pula bisa dikatakan baik, namun setidaknya ada terbesit kesadaran dalam diri seorang wirausaha dengan mengikuti nilai-nilai Islam dalam berbisnis usaha.


Keywords


nilai-nilai Islam, pedagang.

Full Text:

PDF

References


Arifin,zainul, Dasar-dasar manajemen Bank syariah, Jakarta: Alvabet,2003.

Adhitama, paulus patria, faktor-faktor yang mempengaruhi minat berwirausaha (studi kasus: mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis UNDIP semarang), Semarang: fakultas ekonomi universitas diponegoro semarang, 2014.

Adi sukma, abdurrahman, faktor-faktor yang mempengaruhi minat mahasiswa untuk berwirausaha, Jakarta: universitas gunadharma fakultas ekonomi Jakarta, 2012.

Arikunto,suharsimi, prosedur penelitian, suatu pendekatan praktek,Cet.V;Jakarta:Rinka cipta,2002.

Aziz, Latiful dkk, analisis minat mahasiswa universitas Trunojoyo Madura untuk berwirausaha (studi kasus: mahasiswa fakultas ekonomi dan bisnis), Madura: prodi ekonomi pembangunan fakultas ekonomi dan bisnis Universitas Trunojoyo Madura, 2014.

Baharuddin, Pengaruh Motivasi dan Mental Wirausaha Terhadap Minat Mahasiswa Stain Palopo Prodi Ekonomi Islam Untuk Berwirausaha, Skripsi Stain, Jurusan Syariah, Tahun 2013.

Bungin,Burhan, Metodologi Penelitian Kuantitatif, Jakarta: Kencana,2005.

Departemen Agama RI, Al-Quran Dan Terjemahannya, Jakarta: Proyek Pengadaan Kitab Suci Al-Quran,1983.

Drs.M.Subana,M.pd., dasar-dasar penelitian ilmiah,Cet.II;Bandung: Pustaka setia,2005.

Firyanti, izza dan farah oktafiani, analisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat mahasiswa berbisnis dengan sistem multi level markting (studi kasus: member PT . Melia Sehat Sejahtera, universitas Telkomsel,Bandung).

Fitriani, Analisis Faktor-Faktor Motivasi Yang Memengaruhi Minat Perempuan Memilih Berwirausaha (Studi Kasus: pada Pusat Niaga Palopo), Skripsi IAIN, Jurusan Ekonomi, Tahun 2015.

http://multazam-einstein.blogspot.co.id/2013/01/hadis-nabi-tentang-wirausaha.html, diakses tanggal 12 Januari 2017.

Mudjiarto Aliaras Wahid, Membangun Karakter Dan Kepribadian Kewirausahaan Cet: 1; Ed: 1 ; Yogyakarta: Graha Ilmu, 2006.

Praswati,Afit Nuryulia, analisis faktor-faktor yang mempengaruhi minat wirausaha dikalangan mahasiswa (studi kasus: fakultas ekonomi dan bisnis universitas Muhammadyah Surakarta),Surakarta:2014.

Pemerintah Kota Palopo Dalam Angka, Palopo: Badan Pusat Statistik, 2014.

Bukhari,Shahih, Abu Abdullah Muhammad Bin Ismail Bin Ibrahim Albukhari Aljafi, Kitab Jual Beli, Bairut-Libanon, 1981 M.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


DINAMIS is indexed by: