IMPLEMENTASI NILAI NILAI ISLAM DALAM BERDAGANG PADA PUSAT NIAGA PALOPO

Authors

  • Mar Atin Sholekhah INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI PALOPO, Indonesia
  • Ramlah Makkulasse INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI PALOPO, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/dinamis.v1i2.992

Keywords:

nilai-nilai Islam, pedagang

Abstract

Studi inii dilatar belakangi dengan banyaknya transaksi dipasar yang mengandung unsur curang. Hal ini disebabkan tingginya keinginan masyarakat untuk memperoleh keuntungan sebanyak-banyaknya dalam waktu sesingkat-singkatnya sehingga menggeser nilai-nilai kejujuran  yang terkandung didalam berwirausaha. Padahal kunci dari kesuksesan dalam berwirausaha terletak pada kejujuran dan keadilan serta bekerja dengan mengharap ridha Allah swt. Penelitian mengacu pada satu pokok permasalahan yaitu bagaimana pengimplementasian nilai-nilai Islam bagi pedagang pada Pusat Niaga Palopo. Penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Metode yang digunakan yaitu: metode pengumpulan data dengan menggunakan kuesioner atau angket dan observasi. Alat ukur yang digunakan yaitu uji validitas dan realibilitas. Dalam penelitian ini menggunakan teknis analisis deskriptif, karena dalam penelitian ini hanya menggunakan satu variabel, oleh karena itu analisis ini tidak berbentuk perbandingan atau hubungan. Penelitian ini di lakukan pada 80 pedagang di Pusat Niaga Palopo/PNP. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan nilai-nilai keislaman bagi pedagang pada Pusat Niaga Palopo tergolong dalam tingkatan sedang. Artinya tidak buruk dan tidak pula bisa dikatakan baik, namun setidaknya ada terbesit kesadaran dalam diri seorang wirausaha dengan mengikuti nilai-nilai  Islam dalam berbisnis usaha.

References

Anzizhan, Syafarudding , Sitem Pengambilan Keputusan Pendidikan, Jakarta :2004

Ardana, Komang, et.al ,Perilaku Keorganisasian. Cet I, Yogyakarta,Graha Ilmu:2008.

Fauzi, Ahmad , Psikologi Umum, h. 60. Dikutip Fitriani, Analisis Faktor-Faktor Motivasi Yang Memengaruhi Minat Perempuan Memilih Berwirausaha, Skripsi Stain, Jurusan Syariah, Tahun 2013

Gemina, Dwi, Endang Silaningsih, dan Erni Yuningsih, Pengaruh Motivasi Usaha Terhadap Keberhasilan Dengan Kemampuan Usaha Sebagai Variabel Mediasi Pada Industri Kecil Menengah Makanan Ringan Priangan Timur-Indonesia,Jurnal:Fakultas Ekonomi Univesitas Djuanda Bogor, 2016

Gilarso, T , Pengantar Ilmu Ekonomi Makro, Yogyakarta:Kanisius,2004.

Herjanto, Eddy , Manajemen Operasional, Ed.Iii; Jakarta; Grasindo;2008.

Irawan, Hendri , Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Nasabah Dalam Memutuskan Menabung Di Bank Syariah Mandiri Cabang Malang, Skripsi, Malang: Universitas Islam Negeri (Uin) Malang, 2009.

Irawan, Andi, Dan Bayu Airlangga Putra, Kewirausahaan Ukm Pemikiran Dan Pengalaman, Yogyakarta; Graha Ilmu,2007.

Priyanto, Duwi, Cara Kilat belajar analisis Data Dengan spss 20, Ed. 1, Yogyakarta: CV. Andi offset, 2012.

Pristiana, Ulfi,Et.Al,“Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Pengambilan Keputusan Wanita Berwirausaha Di Kota Surabaya’’,Jurnal Riset Ekonomi Dan Bisnis Vol.9 No. 1 Maret 2009, Email: Siti_Mujanah2003@Yahoo.Com ,Jurnal, H.60. Http://Www.Ejournal.Upnjatim.Ac.Id/Index.Php/Rebis/Article/Download/41/31

Riduwan Dan Sunarto, Pengantar Statistic Untuk Penelitian, Bandung: Alfabet, 2009

Robbins, Stephen P. Dan Timothy A. Judge ,Perilaku Organisasi , Ed.12.Jakarta. Salemba Empat.2008.

Setiadi, Nugroho J, Perilaku Konsumen Konsep Dan Aplikasi Untuk Strategi Dan Penelitian Pemasaran, Cet, I; Bogor: Kencana, 2003.

Sastrohadiwiryo, Siswanto , Manajemen Tenaga Kerja Indonesia Pendekatan Administratif Dan Operasional, Cet. I; Jakarta: Bumi Aksara: 2002.

Sari, Ayu Agus , Makalah Sistem Pengambilan Keputusan Dalam Sebuah Ukm, Https://Ayuagussari13.Wordpress.Com/2015/02/10/Makalah-Sistem-Pengambilan-Keputusan-Dalam-Sebuah-Ukm

Setiadi, Nugroho J, Perilaku Konsumen (Konsep Dan Implikasi Untuk Strategi Dan Penelitian Pemasaran), Ed. I. Cet. I; Jakarta: Kencana, 2003.

Siregar, Syofian , Statistic Parametric Untuk Penelitian Kuantitatif, Jakarta: Bumi Aksa, 2014.

Setiadi, Nugroho J, Perilaku Konsumen (Konsep dan Implikasi Untuk Strategi dan Penelitian Pemasaran), Ed. I. Cet. I; Jakarta: Kencana, 2003.

Sugiyono, Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods), Cet. Ke-4, Bandung: Alfabeta, Cv, 2011.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D, 2012.

Sugiyono, Cara Mudah Menyusun Skripsi,Tesis, Dan Disertasi , Cet 2, Bandung: Alfabet, Cv, 2014.

Subanan, Harimurti , Manajemen Usaha Keci , Ed. I . Bpfe – Yogyakarta , 1994

Sukirno, Sadono, Et.Al, Pengantar Bisnis, Jakarta: Kencana, 2004.

Sulistyo,“Pengembangan Usaha Kecil Dan Menengah Dengan Basis Ekonomi Kerakyatan Di Kabupaten Malang’’, Modernisasi, Volume 6, Nomor 1, Pebruari 2010, Jurnal,h.64. Http://Ejournal.Unikama.Ac.Id/Index.Php/Jeko/Article/Download/31/626.

Sunan Abu Daud/ Abu Daud Sulaiman bin Asy as Assubuhastani Bairul-Libanon: Darul Kutub Ilmiyah , Kitab : Talak/ Juz 2/ No. 2201, 1996 M

Supranto, Tehnik Pengambilan Keputusan, cet.III . Jakarta. PT. Rineka Cipta, 2005.

Supranto, Tehnik Pengambilan Keputusan, Cet.III . Jakarta. Pt. Rineka Cipta, 2005

Tohar, M, Membuka Usaha Kecil, Yogyakarta. Kanisius. 2000

Wahjono, Sentot Imam , Perilaku Organisasi, Ed I, Yogyakarta, Graha Ilmu, 2010.

Prasetya Ferilian, http://Prasetyaferilian.Blogspot.Co.Id/2011/11/Faktor-Faktor-Yang-Mempengaruhi.Html.

Delia8L,https://Delialestari38.Wordpress.Com/2014/11/02/Ciri-Ciri-Usaha-Kecilkeunggulan-Dan-Kelemahan-Dari-Bisnis-Usaha-Kecil/.

Stacey Leung, https://Applelovestory.Wordpress.Com/Pengembangan-Usaha-Kecil-Menengah-Ukm/.

Sumadi, Agus Resi dan Eka Sulistyawati,“Pengaruh Sikap, Motivasi, Dan Lingkungan Terhadap Niat Berwirausahaâ€, E-Jurnal Manajemen Unud, Vol. 6, No. 2, 2017: 1007-1029, Jurnal.

Downloads

Published

2018-10-16

Issue

Section

Articles

Citation Check