FRASE VERBA BAHASA MANDAR MAJENE

Authors

  • Serliah Nur UIN Alauddin Makassar, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/ideas.v2i1.136

Keywords:

Frase Verba, Bahasa Mandar Majene.

Abstract

Tulisan ini menggambarkan tentang frase verba bahasa Mandar Majene. Unsur-unsur pemadu frase verba bahasa Mandar Majene adalah verba , ajektiva, modalitas, aspek, dan ingkar. Di antara unsur-unsur pemadu frase verba ini ada yang bersifat wajib (Obligatory) dan adapula yang bersifat manasuka (Optional). Unsur yang bersifat wajib adalah verba, sedangkan yang bersifat manasuka adalah ajektiva, modalitas, aspek dan ingkar. Adapun bentuk-bentuk Frase verba yang terdiri atas verba saja, Frase verba yang terdiri atas modalitas dan verba, Frase verba yang terdiri atas aspek dan verba, Frase verba yang terdiri atas dua verba, Frase verba yang terdiri atas adjektiva dan verba, Frase verba yang terdiri atas ingkar dan verba dan Frase verba yang terdiri atas ingkar, aspek, modalitas, an verba.

References

Grimes, Barbara F (Ed). 1988. Ethnologue: Languages of the World, Dallas, Texas : Summer Institute of Linguistic (SIL) Inc.

Hakim, Zainuddin. 2005. Sekelumit tentang afiks pembentuk verba bahasa wotu. Dalam kumpulan artikel “ Budi Bahasa”. Makassar : UNM press

Halim A. 1983. Sikap Bahasa dan pelaksanaan Bahasa Nasional. Dalam Kongres Bahasa Indonesia III. Pusat pembinaan dan pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Jakarta

Kamaruddin. 1989. Kedwibahasaan dan pendidikan dwibahasa. Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi Proyek Pengembangan Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan, Jakarta.

Kamaruddin. 1992. Kajian tentang hubungan antara kedwibahasaan, keberaksaraan, dan sikap bahasa dengan kesadaran adopsi pada desa di Sulawesi selatan “Disertasi. Universitas Hasanuddin.

Kaplan, Robert B. 1994. Language Policy and Planning: Fundamental Issues’ dalam Annual Review of Applied Linguistics, Volume 14, 1993/1994. Cambridge: Cambridge University Press.

Lukman. 2000. Pemertahanan Bahasa Warga Transmigran Jawa di Wonomulyo Polmas. Disertasi. Pascasarjana Unhas.Makassar

Downloads

Published

2014-08-23

Citation Check