CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBAHASA INGGRIS MAHASISWA

Authors

  • Halim Shanty Politeknik Negeri Ujung Pandang, Indonesia
  • Muchtar Naely Politeknik Negeri Ujung Pandang, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/ideas.v3i2.148

Keywords:

CTL, bahasa inggris, mahasiswa

Abstract

Penelitian ini menerapkan konsep belajar yang membantu dosen mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata mahasiswa dan mendorong mahasiswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sebagai anggota keluarga dan masyarakat. Kelebihan konsep belajar ini yaitu hasil pembelajaran diharapkan alamiah dalam bentuk kegiatan mahasiswa bekerja dan mengalami, bukan transfer pengetahuan dari dosen ke mahasiswa. Metode pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) adalah salah satu pendekatan yang efektif dalam meningkatkan keterampilan berbahasa Inggris (speaking) mahasiswa semester VI pada mata kuliah Bahasa Inggris Teknik. Hasil penelitian membuktikan adanya peningkatan penguasaan kemampuan speaking mahasiswa setelah penerapan metode CTL. Pada tes akhir siklus I nilai rata-rata mahasiswa meningkat dari tes awal dengan rata-rata nilai 43%, kemudian meningkat ke nilai 65% pada tes siklus I pembelajaran dengan metode CTL, dan terjadi peningkatan yang signifikan pada tes akhir atau siklus II ke 80%. Hal ini berarti dengan adanya peningkatan signifikan tersebut seluruh mahasiswa dinyatakan telah mencapai kriteria nilai ketuntasan minimal yaitu 70.

References

Arikunto, Suharsini. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta. 1992

Brown, H Douglas. Teaching by Principles an Interactive Approach to Language Pedagogy. New York: Longman. 2001.

Clarck, Herborth H and Eve V. Clark. Psychology and Language: an Introduction to Psycholinguistics. United States of America: Harcourt Brace Jovanivich Inc. 1997.

Hadley, Alice Omaggio. Teaching Language in Context. United States of America: Heinle & Heinle Publisher. 1993.

Harmer, Jeremy. The Practice of English Language Teaching. New York. Longman Group UK. 1991.

Oxford Learner’s Pocket Dictionary. New York: Oxford University Press. Third Edition. 2007.

Richards, Jack C and Willy A. Renandya. Methodology in Language Teaching. United Kingdom: Cambridge University Press. 2002.

Sriyono, dkk. Teknik Belajar Mengajar dalam CBSA. Jakarta: PT. Rineka Cipta. 2003.

Subana, M. Moerstyo Rahadi dan Sudrajat. Statistik Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia. 2000.

Suyatno. Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo: Masmedia Media Pustaka. 2009.

Thorbury, Scott. How to Teach Speaking. England: Longman. 2005.

Ur, Penny. A Course in Language Teaching Practice and Theory. New York: Cambridge. 1996.

Downloads

Published

2015-08-23

Citation Check