CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) DALAM PENINGKATAN KETERAMPILAN BERBAHASA INGGRIS MAHASISWA
DOI:
https://doi.org/10.24256/ideas.v3i2.148Keywords:
CTL, bahasa inggris, mahasiswaAbstract
Penelitian ini menerapkan konsep belajar yang membantu dosen mengaitkan antara materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata mahasiswa dan mendorong mahasiswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sebagai anggota keluarga dan masyarakat. Kelebihan konsep belajar ini yaitu hasil pembelajaran diharapkan alamiah dalam bentuk kegiatan mahasiswa bekerja dan mengalami, bukan transfer pengetahuan dari dosen ke mahasiswa. Metode pembelajaran CTL (Contextual Teaching and Learning) adalah salah satu pendekatan yang efektif dalam meningkatkan keterampilan berbahasa Inggris (speaking) mahasiswa semester VI pada mata kuliah Bahasa Inggris Teknik. Hasil penelitian membuktikan adanya peningkatan penguasaan kemampuan speaking mahasiswa setelah penerapan metode CTL. Pada tes akhir siklus I nilai rata-rata mahasiswa meningkat dari tes awal dengan rata-rata nilai 43%, kemudian meningkat ke nilai 65% pada tes siklus I pembelajaran dengan metode CTL, dan terjadi peningkatan yang signifikan pada tes akhir atau siklus II ke 80%. Hal ini berarti dengan adanya peningkatan signifikan tersebut seluruh mahasiswa dinyatakan telah mencapai kriteria nilai ketuntasan minimal yaitu 70.
References
Arikunto, Suharsini. Prosedur Penelitian. Jakarta: PT. Rineka Cipta. 1992
Brown, H Douglas. Teaching by Principles an Interactive Approach to Language Pedagogy. New York: Longman. 2001.
Clarck, Herborth H and Eve V. Clark. Psychology and Language: an Introduction to Psycholinguistics. United States of America: Harcourt Brace Jovanivich Inc. 1997.
Hadley, Alice Omaggio. Teaching Language in Context. United States of America: Heinle & Heinle Publisher. 1993.
Harmer, Jeremy. The Practice of English Language Teaching. New York. Longman Group UK. 1991.
Oxford Learner’s Pocket Dictionary. New York: Oxford University Press. Third Edition. 2007.
Richards, Jack C and Willy A. Renandya. Methodology in Language Teaching. United Kingdom: Cambridge University Press. 2002.
Sriyono, dkk. Teknik Belajar Mengajar dalam CBSA. Jakarta: PT. Rineka Cipta. 2003.
Subana, M. Moerstyo Rahadi dan Sudrajat. Statistik Pendidikan. Bandung: CV Pustaka Setia. 2000.
Suyatno. Menjelajah Pembelajaran Inovatif. Sidoarjo: Masmedia Media Pustaka. 2009.
Thorbury, Scott. How to Teach Speaking. England: Longman. 2005.
Ur, Penny. A Course in Language Teaching Practice and Theory. New York: Cambridge. 1996.
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under an Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See the Effect of Open Access)