PEER ASSESSMENT PADA PROSES PEMBELAJARAN MATA KULIAH ASSESSMENT AND EVALUATION MELALUI LESSON STUDY

Authors

  • Upa Rahmawati Universitas Cokroaminoto Palopo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/ideas.v4i1.174

Keywords:

peer assessment, penilaian proses pembelajaran and lesson study

Abstract

Dasar permasalahan pengkajian dalam penelitian ini adalah penggunaan peer assessment sebagai penilaian pada proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana pelaksanaan peer assessment sebagai penilaian proses pembelajaran yang dilakukan pada mata kuliah Assessment and Evaluation melalui lesson study dan apakah penggunaan peer assessment sebagai penilaian proses pembelajaran dapat meningkatkan keaktifan siswa dalam pembelajaran. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif. Data tentang bagaimana penggunaan peer assessment dan apakah peer assessment dapat meningkatkan keaktifan mahasiwa dalam pembelajaran diperoleh melalui lembar observasi observer, video rekaman proses pembelajaran dan pengamatan oleh dosen model (peneliti). Berdasarkan hasil pengkajian dapat disimpulkan bahwa peer assessment sebagai penilaian proses belajar sebagian sudah dapat dilaksanakan sesuai dengan tahapan prosedur peer assessment yaitu dengan menggunakan rubric dan format penilaian namun masih ada beberapa tahapan yang belum sesuai yaitu rubric yang digunakan tidak disusun bersama dengan mahasiswa dan belum ada tahapan feedback oleh mahasiswa dan penggunaan peer assessment juga dapat meningkatkan keaktifan mahasiswa dalam belajar.

References

BNSP.(2007). Panduan Penilaian Kelompok Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan dan Teknologi

Brown, S., Rust, C. and Gibbs, G. (1994). Involving students in the assessment process, in Strategies for Diversifying Assessments in Higher Education. Oxford: Oxford Centre for Staff Development, and at DeLiberations

Jaimini, Nirupma. (2014). Group dynamics in collaborative learning: contextual issues and considerations. Impact, 2 (2), February 2014, 83-88.

Lufri. (2007). Strategi Pembelajaran Biologi. Padang: Universitas Negeri Padang.

Purnawan, Ari. (2015). Peer Assessment as the Main Method for Assessing students’ writing: A Proto-design for developing EFL Lessons plan. The 62nd TEFLIN.

Zulharman. (2007). Self dan Peer Assessment Sebagai Penilaian Formatif dan Sumatif. https://googleweblight.coqm/?lite_url=https://zulharman79.wordpress.com.

Downloads

Published

2016-08-25

Citation Check