EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MENULIS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK MIND MAPPING SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 7 PALOPO
DOI:
https://doi.org/10.24256/ideas.v6i1.22Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan teknik mind mapping pada siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Palopo. Berdasarkan hasil penelitian hipotesis penelitian ini dengan menggunakan analisis statistik inferensial, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif antara pembelajaran menulis puisi khususnya menulis puisi dengan menggunakan teknik mind mapping dan hasil belajar bahasa Indonesia. Hasil disarankan pada guru bahasa Indonesia di sekolah dapat mempertimbangkan penerapan teknik mind mapping dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia, khususnya pengajaran sastra Indonesia yang siswanya sudah memiliki pengetahuan tentang materi tersebut karena berdasarkan penelitian teknik mind mapping ini meningkatkan hasil belajar siswa..
.
References
Umum
Arikunto, 1991:107. Penarikan sampel yang diteliti. Jakarta : Alfabeta
Akhaidah, dkk. 1998 : 3. Tahapan- tahapan dalam menulis. Bandung : Gramedia
Atar, 2007 : 1. Menulis merupakan suatu proses kreatif. Yogyakarta : UGM
Deporter dan Hernacki, 2011: 152-153. Pemetaan Pikiran Secara Visual. Jakarta : Angkasa.
Edward, 2009: 64. Metode Pembelajaran Mind mapping. Bandung: Angkasa.
Enre, 1994 : 137. Jenis karangan atau tulisan. Gorontalo : Bumi Aksara.
Hawking, 1970. Mengeksploarisasi Ruang Agkasa dalam menemukan mind mapping. Yogyakarta: UGM
KBBI, 2007 : 1497. Menulis puisi melahirkan pikiran dan perasaan. Yogyakarta. Rineka Cipta
Koentjaraningrat, 1997: 45.Pengambilan sampel yang diteliti. Gorontalo: Angkasa
Ralph Waldo Emerson, 1980 : 8. Puisi mengajarkan sebanyak mungkin tentang kata – kata. Jakarta : PT.Gramedia
Noor Jehhan, 2009/ 2010. Penerapan metode mind mapping untuk meningkatkan berfikir kreatif dan hasil belajar siswa dengan tema peristiwa. Malang
Nuriddin, 2007 : 19. Manfaat pembelajaran keterampilan menulis. Bandung: UGM
Rani Mahardika, 2005. Penggunaan mind mapping untuk meningkatkan kreatifitas dan hasil belajar ilmu pengetahuan sosial (IPS). Malang
Sanjaya, 2006. Teknik Mengajar dan Penjabaran. Jakarta : Gramedia
Sudjiman, 1984. Kamus istilah sastra. Jakarta : PT.Gramedia
Suriamiharja, dkk. 1996 : 12. Menulis adalah kegiatan melahirkan pikiran dan perasaan.jakarta : pustaka umum
TarigaN, 1986 : 15 Kemampuan Bahasa yang Bersifat Produktif. Bandung : Pustaka umum
Tri Indah Mariana, 2011. Penerapan metode mind mapping untuk meningkatkan hasil belajar PKN siswa kelas IV SDN kalipare. Malang
Downloads
Published
Issue
Section
Citation Check
License
Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under an Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0) that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work (See the Effect of Open Access)