EFEKTIVITAS PEMBELAJARAN MENULIS PUISI DENGAN MENGGUNAKAN TEKNIK MIND MAPPING SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 7 PALOPO

Authors

  • Muklim Marlia Universitas Cokroaminoto Palopo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/ideas.v6i1.22

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui efektivitas pembelajaran menulis puisi dengan menggunakan teknik mind mapping  pada siswa kelas VIII SMP Negeri 7 Palopo. Berdasarkan hasil penelitian hipotesis penelitian ini dengan menggunakan analisis statistik inferensial, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif antara pembelajaran menulis puisi khususnya menulis puisi dengan menggunakan teknik mind mapping dan hasil belajar bahasa Indonesia. Hasil disarankan pada guru bahasa Indonesia  di sekolah dapat mempertimbangkan penerapan teknik mind mapping  dalam proses pembelajaran bahasa Indonesia, khususnya pengajaran sastra Indonesia yang siswanya sudah memiliki pengetahuan tentang materi tersebut karena berdasarkan penelitian  teknik mind mapping  ini meningkatkan hasil belajar siswa..

.

References

Umum

Arikunto, 1991:107. Penarikan sampel yang diteliti. Jakarta : Alfabeta

Akhaidah, dkk. 1998 : 3. Tahapan- tahapan dalam menulis. Bandung : Gramedia

Atar, 2007 : 1. Menulis merupakan suatu proses kreatif. Yogyakarta : UGM

Deporter dan Hernacki, 2011: 152-153. Pemetaan Pikiran Secara Visual. Jakarta : Angkasa.

Edward, 2009: 64. Metode Pembelajaran Mind mapping. Bandung: Angkasa.

Enre, 1994 : 137. Jenis karangan atau tulisan. Gorontalo : Bumi Aksara.

Hawking, 1970. Mengeksploarisasi Ruang Agkasa dalam menemukan mind mapping. Yogyakarta: UGM

KBBI, 2007 : 1497. Menulis puisi melahirkan pikiran dan perasaan. Yogyakarta. Rineka Cipta

Koentjaraningrat, 1997: 45.Pengambilan sampel yang diteliti. Gorontalo: Angkasa

Ralph Waldo Emerson, 1980 : 8. Puisi mengajarkan sebanyak mungkin tentang kata – kata. Jakarta : PT.Gramedia

Noor Jehhan, 2009/ 2010. Penerapan metode mind mapping untuk meningkatkan berfikir kreatif dan hasil belajar siswa dengan tema peristiwa. Malang

Nuriddin, 2007 : 19. Manfaat pembelajaran keterampilan menulis. Bandung: UGM

Rani Mahardika, 2005. Penggunaan mind mapping untuk meningkatkan kreatifitas dan hasil belajar ilmu pengetahuan sosial (IPS). Malang

Sanjaya, 2006. Teknik Mengajar dan Penjabaran. Jakarta : Gramedia

Sudjiman, 1984. Kamus istilah sastra. Jakarta : PT.Gramedia

Suriamiharja, dkk. 1996 : 12. Menulis adalah kegiatan melahirkan pikiran dan perasaan.jakarta : pustaka umum

TarigaN, 1986 : 15 Kemampuan Bahasa yang Bersifat Produktif. Bandung : Pustaka umum

Tri Indah Mariana, 2011. Penerapan metode mind mapping untuk meningkatkan hasil belajar PKN siswa kelas IV SDN kalipare. Malang

Downloads

Published

2018-08-13

Citation Check