Etika Bisnis Dalam Perspektif Ekonomi Islam

Authors

  • Mila Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Bengkalis
  • Mairani Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Bengkalis
  • Suci Kurniati Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Bengkalis

DOI:

https://doi.org/10.24256/m.v14i1.5148

Abstract

Etika bisnis dalam Islam adalah perilaku yang sesuai dengan nilai-nilai Islam, sehingga dalam menjalankan bisnis, seseorang tidak perlu merasa khawatir karena sudah diyakini sebagai tindakan yang baik dan benar. Nilai-nilai etika, moral, susila, atau akhlak ini mencakup kejujuran, kebenaran, keadilan, kemerdekaan, kebahagiaan, dan cinta kasih. Penerapan nilai-nilai ini akan menyempurnakan hakikat manusia seutuhnya. Setiap orang mungkin memiliki pengetahuan tentang nilai-nilai ini, tetapi bagi umat Islam, hanya ada dua sumber utama yang mengarahkan dan mengendalikan perilaku, yaitu Al-Quran dan hadis. Kedua sumber ini menjadi pedoman dalam setiap aspek kehidupan, termasuk dalam menjalankan bisnis. Etika atau akhlak memiliki peran yang sangat penting bagi kehidupan manusia, baik sebagai individu, anggota masyarakat, maupun sebagai anggota suatu bangsa. Kejayaan dan kemuliaan umat di dunia bergantung pada akhlak mereka, dan kerusakan di muka bumi juga disebabkan oleh kerusakan akhlak manusia. Kehidupan manusia memerlukan moral, tanpa moral, kehidupan manusia tidak mungkin berlangsung.

Downloads

Published

2024-06-10