Persepsi Nasabah terhadap Implementasi Prinsip Syariah dalam Produk dan Layanan Perbankan Syariah

Authors

  • andi Farhami lahila IAIN Palopo

DOI:

https://doi.org/10.24256/m.v12i1.5951

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis persepsi nasabah terhadap implementasi prinsip syariah dalam produk dan layanan perbankan syariah. Berdasarkan wawancara dengan nasabah, mayoritas merasa nyaman menggunakan layanan perbankan syariah karena prinsip-prinsip yang diterapkan sesuai dengan ajaran Islam, seperti larangan riba dan transaksi yang jelas tanpa spekulasi (gharar). Namun, beberapa nasabah mengungkapkan perlunya pemahaman lebih dalam mengenai perbedaan antara produk perbankan syariah dan konvensional serta menginginkan edukasi yang lebih transparan dan mudah dipahami. Meskipun nasabah menghargai prinsip syariah, terdapat tantangan terkait fleksibilitas layanan dan biaya yang dianggap lebih tinggi dibandingkan perbankan konvensional. Penelitian ini juga menunjukkan bahwa pemahaman yang baik tentang prinsip syariah berhubungan dengan sikap positif nasabah terhadap produk perbankan syariah, serta peningkatan kepuasan dan loyalitas nasabah. Faktor-faktor seperti pendidikan, kesadaran religius, dan pengalaman sebelumnya mempengaruhi persepsi nasabah terhadap produk syariah. Secara keseluruhan, penelitian ini menyarankan perlunya peningkatan edukasi dan transparansi untuk meningkatkan kepercayaan dan loyalitas nasabah, yang akan mendukung pertumbuhan sektor perbankan syariah.

Downloads

Published

2022-12-31

Issue

Section

Articles