PEMAHAMAN MAHASISWA PROGRAM STUDI EKONOMI ISLAM STAIN PALOPO TENTANG ETIKA WIRAUSAHA DALAM PANDANGAN EKONOMI ISLAM
DOI:
https://doi.org/10.24256/m.v4i2.660Abstrak
Tulisan ini membahas tentang pemahaman mahasiswa program studi ekonomi Islam STAIN Palopo tentang etika wirausaha dalam pandangan ekonomi Islam. Penelitian ini bertujuan : a. untuk mengetahui bagaimna konsep etika wirausaha dalam pandangan ekonomi Islam, b. untuk mengetahui bagaimana pemahaman mahasiswa Program Studi Ekonomi Islam STAIN Palopo tentang etika wirausaha dalam pandangan ekonomi Islam, c. untuk mengetahui bagaimana hambatan yang dialami dalam pelaksanaan etika wirausaha munurut ekonomi Islam.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif dengan sumber data yang digunakan data primer melalui data yang diambil langsung dari objek penelitian (field research) dan data sekunder melalui studi pustaka (library research), dengan teknik pengumpulan data melalui observasi dan wawancara. Adapun pedekatan yang digunakan adalah pendekatan normatif, sosiologis dan empiris berdasarkan permasalahan yang dikaji. Analisis data yang dilakukan denganmenggunakan teknik induktif dan deduktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Pandangan ekonomi Islam tentang etika wirausaha yaitu untuk mendidik moralitas para manusia. Karena, etika wirausaha dalam Islam menjunjung tinggi semagat saling percaya, kejujuran dan keadilan. (2) Pemahaman mahasiswa Program Studi Ekonomi Islam STAIN Palopo tentang etika wirausaha dalam pandangan ekonomi Islam semuanya paham, tapi masih perlu ditingkatkan lagi. Karena, dengan diterapkannya etika dalam berwirausaha merupakan salah satu faktor suksesnya suatu usaha. Hal itu sematamata dilakukan untuk mencari keridhoan Allah swt. (3) Hambatan yang dialami dalam pelaksanaan etika berwirausaha menurut ekonomi Islam yaitu kurangnya minat, ketertarikan, kemauan dan keinginan untuk menggali ilmu-ilmu pengetahuan tentang etika wirausahaReferensi
Arikunto Suharsimi. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Cet. II; Jakarta: Rineka Cipta,
Alam Buchari. Kewirausahaan. Ed. I; Bandung: Alfabeta, 2009.
Al-Nawiy Ramadhan Syamsuddin. Agar Bekerja Menuai Berkah. Cet,I: Jakarta: Insane Cendikia
Media Umat, 2007.
Azzahrah, etika bisnis dalam Islam. http//blogsop.com. Diakses pada tanggal 27 januari 2014 jam
45 wita
Aigustin Aismika. kewirausahaan-etika-dan-agama. http://blogspot. Akses pada tgl 07/08/13
Bogdan, Robert dkk. Kualitatif Dasar-dasar Penelitian. Surabaya: Usaha Nasional, 1993
Departemen Agama RI. Al-Qur’an dan Terjemahan. Bandung: Diponegoro, 2010.
Isma. kewirausahaan-menurut-pandangan-Islam. http:// Akses Jam 20.30 Wita Tgl/27/06/201
Iqrar, Kewirausahaan Berbasis Syariah, https//blogspot. Com. Diakses pada tanggal 31 Januari
jam 16. 45 wita
Kasmir. Kewirausahaan. Jakarta: PT Raja Grafindo, 2008.
Kabaronli. Etika Wirausaha dalam Islam. http// blogspot.com. Akses Jam 11. 15 Wita
Lestari Tajuddin. Etika Berwira usaha menurut perspektif islam. Skripsi STAIN Palopo, Jurusan
Syariah, 2013.
Kasim, Melani pengelolaan kewirausahaan menurut ajaran agama islam. http://.wordpress.com/tgl,08/09/13
Qardhawi Yusuf. Norma dan Etika Ekonomi Islam. Jakarta: Gema Insani Press, 1997.
Ruslan Rosady. Metode Penelitian Public Relations dan Komunikasi. Cet. IV; Jakarta: PT. Raja
Grafindo Persada, 2008.
Sujono Anas. Statistic Pendidikan. Cet. VI; Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1995.
Sukmadinata Syaodih Nana. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya,
Sugiyono. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta, 2008.
Suryana. Kewirausahaan Kiat dan Proses Menuju Kesuksesan. jakarta: Salemba Empat, 2006.
Sadono Sukirno. Pengantar Bisnis. jakarta: Kencana, 2004.
Suharyadi. Kewirausahaan Membagun Usaha Sukses Sejatk Usia Mudah. Jakarta: Salemba Empat,
Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif dan R & D. Cet. VII; t.tp:CV. Alvabeta 2009.
Wahid Aliaras Mudjiarto. Membagun Karekteristik dan Kepribadian Kewiraushaan. Yogyakarta:
Graha Ilmu, 2006.