PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP KEPUASAN KONSUMEN ALFAMART (STUDI PADA MINI MARKET ALFAMART DI KELURAHAN BALANDAI KECAMATAN BARA KOTA PALOPO).

Authors

  • .... ........ IAIN Palopo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/joins.v1i2.593

Abstract

ABSTRACT

 Marketing is a social and managerial process in which there are individuals or groups who want to get their needs and desires by creating, offering, and exchanging things of value with one another. Marketing also includes important variables which are the main keys in achieving marketing goals. These variables include: product (product), price (price), promotion (promotion), people (pople), physical evidence (physical evidence), process (process) and place (place). These seven variables are usually referred to as the marketing mix. In the world of trade, if a company cannot develop a business strategy and marketing strategy properly, it will experience defeat in competition where marketing strategy is one of the main activities carried out by entrepreneurs to maintain their survival, to develop and to gain profits. This aims to determine the effect of the marketing mix on consumer satisfaction (study on Alfamart mini market in Balandai Village, Coal District, Palopo City).

The type of research used is the quantitative type. The data source used is primary data, which is obtained from distributing questionnaires to respondents. The technique used in determining the sample is accidental sampling. Data were processed and analyzed using multiple linear regression and using SPSS for Windows.

The results of this study indicate that the value of R2 is 0.422 or 42% and the value of Fcount> Ftable or 2.92> 2.36 and a significant value of 0.020 or 0.020 <0.05 (H0 is rejected and H1 is accepted). So it can be concluded that the marketing mix has a positive and significant effect on customer satisfaction.

Keywords: Product, Price, Promotion, People, Place, Physical evidence, Process and satisfaction.

ABSTRAK

Pemasaran adalah suatu proses sosial dan manajerial yang didalamnya terdapat individu atau kelompok yang ingin mendapatkan kebutuhan dan keinginan dengan menciptakan, menawarkan, dan bertukar sesuatu yang bernilai satu sama yang lain. Pemasaran juga meliputi variabel-variabel penting yang menjadi kunci utama dalam mencapai tujuan pemasaran. Variabel-variabel tersebut meliputi: produk (product), harga (price), promosi (promotion),orang (pople), bukti fisik (Physical evidences),Proses (Proces) dan tempat (place). Tujuh  variabel tersebut bisanya disebut sebagai bauran pemasaran (marketing mix). Dalam dunia perdagangan apabila suatu perusahaan tidak dapat menyusun strategi bisnis dan strategi pemasaran dengan tepat, maka akan mengalami kekalahan dalam bersaing di mana strategi pemasaran merupakan salah satu kegiatan pokok yang dilakukan oleh para pengusaha untuk mempertahankan kelangsungan hidupnya, untuk berkembang dan untuk memperoleh keuntungan.penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh marketing mix terhadap kepuasan konsumen (studi pada mini market alfamart dikelurahan balandai kecamatan bara kota palopo).

Jenis penelitian yang digunakan yaitu Jenis kuantitatif. Sumber data yang digunakan yaitu data primer, yang diperoleh dari penyebaran koesioner kepada responden. Teknik yang digunakan dalam penentuan sampel yaitu aksidental sampling. Data diolah dan dianalisis menggunakan regresi linier berganda serta menggunakan SPSS for Windows.

Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa nilai R2 0,422 atau 42% dan nilai Fhitung > Ftabel atau 2,92 > 2,36 dan nilai signifikan 0,020 atau 0,020 < 0,05 ( H0 ditolak dan H1 diterima). Sehingga dapat disimpulkan bahwa marketing mix memberikan pengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan konsumen.

Kata Kunci : Produk,Harga,Promosi,Orang,Tempat,Bukti fisik,Proses dan  kepuasan .

 

DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: Rineka Cipta, 2002.

Bakar Abu Imam Taqyuddin bin Muhammad al-Husaini, Kifayatul Akhyar fi Halli Ghayatil Ikhtishor, Semarang: Usaha Keluarga, 2000.

Bogdan dan Taylor, Pengantar Metode Penelitian, Jakarta: Universitas Indonesia (UI-Press), 1992.

Dahlan Abdul Azis, dkk., Ensiklopedia Hukum Islam, Jakarta: PT Ichtiar Baru van Hoeve, 2001.

Departemen Agama RI., al-Qur’an dan Terjmahnya, Semarang: CV., Karya Thoha Putra, 2005.

Dewantara, Adhy, Pengaruh Perputaran Modal Kerja terhadap Pengembangan Usaha pada Industry Meubel Sarina di Balandai Kota Palopo Skripsi Prodi Manajemen, STIEM Palopo, 2011.

Hadi, Amirul dan Haryono, Metodologi Penelitian dan Pendidikan. Cet. III; Bandung : Pustaka Setia, 2005.

Published

21-04-2019

Issue

Section

Articles

Citation Check