TINJAUAN EKONOMI ISLAM TERHADAP PELAKSANAAN JUAL BELI DI PASAR ANDI TADDA KOTA PALOPO

Authors

  • .... ....... Institut Agama Islam Negeri Palopo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/joins.v2i2.1477

Abstract

ABSTRACT

The purpose of this study is to find out how the sale and purchase in the Andi Tadda Palopo market and to explain how the Islamic economic view of buying and selling in the Andi Tadda Palopo market. This research uses descriptive qualitative research methods. In this study using data subjects and data sources used by examining library materials as secondary data and research in the field which is primary data. The data collection technique used in this study is field research. In this study using inductive, deductive and comparative analysis techniques. The results of research conducted can be concluded that: 1). The sale and purchase that takes place in the Andi Tadda market is (Ba'i Musawamah) sale and purchase where the seller does not mention the cost of goods, but rather sets a specific price and opens opportunities for bargaining. 2). The Islamic economic view of the sale and purchase that takes place in the Andi Tadda Market is in accordance with the sale and purchase in Islam with the fulfillment of harmony, conditions, and not conducting transactions that are prohibited and unconsciously applies khiyar only traders and buyers do not know more about the meaning of khiyar itself.

Keywords: Buy and Sell

 

ABSTRAK

Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahuai bagaimana pelaksanaan jual beli di pasar Andi Tadda Palopo dan untuk menjelaskan tentang bagaimana pandangan ekonomi islam terhadap pelaksanaan jual beli di pasar Andi Tadda Palopo. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini menggunakan subjek data dan sumber data yang digunakan dengan cara meneliti bahan pustaka sebagai data sekunder  dan  meneliti  di  lapangan  yang  merupakan data  primer.  Adapun  teknik  pengumpulan data  yang digunakan dalam penelitian ini adalah field research. Dalam penelitian ini meggunakan teknik analisa induktif, deduktif  dan  komparatif.  Hasil  penelitian  yang  dilakukan  maka  dapat  diambil  kesimpulan  bahwa:  1). Pelaksanaan jual beli yang terjadi di pasar Andi Tadda adalah (Ba’i Musawamah) jual beli dimana pihak penjual tidak menyebutkan harga pokok barang, akan tetapi menetapkan harga tertentu dan membuka peluang untuk di tawar. 2). Pandangan ekonomi Islam terhadap pelaksanaan jual beli yang terjadi di Pasar Andi Tadda telah sesuai dengan jual beli dalam Islam dengan terpenuhinya rukun, syarat, dan tidak melakukan transaksi yang dilarang dan secara tidak sadar telah berlaku khiyar hanya pedagang maupun pembeli tidak mengetahui lebih dalam tentang makna khiyar itu sendiri.

Kata Kunci               : Jual Beli

DAFTAR PUSTAKA

 Masadi Ghufron, Fiqih Muamalah Kontekstual, Jakarta: PT.  Raja Grafindo Persada, 2002. Al-Gazali, Imam, Benang Tipis Antara Halal dan Haram, Surabaya: Putra Belajar 2002.

Ali Hasan, M., Berbagai Macam TransaksiDalam Islam (Fiqih Muamalah), Jakarta: PT  RajaGrafindo Persada, 2003.

 Arifin Muhammad,bin Badri, Riba dan tinjauan Praktis Perbankan Syariah, Jakarta: PustakaDarul Ilmi, 2000.

 Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta: PT. RienekaCipta, 2005.

 As-Siddiqy, Hasbi, Falsafah Hukum Islam, Jakarta: Bulan Bintang 1986.

 Bungin, M. Burhan, Metodologi Penelitian Kualitatif: Komunikasi, Ekonomi, dan Kebijakan publik Serta Ilmu-Ilmu Sosial lainnya, Jakarta, Kencana, 2004.

 Departemen Agama RI, Al-Qur’an Tawjid Dan Terjemahan, Bandung: PT. Sygma Examedia

Arkanleema.

 Fatah Idris, Abdul, Abu Ahmadi, Fiqih Islam Lengkap, Jakarta: PT. Rineka Cipta 1994. Hadi, Sutrisno, Metodologi Research, cetakatan II, Yogyakarta: UGM, 1997

Haroen, Fiqh Muamalat, jakarta: Gaya Media Pratama, 2000.

Husaini, dkk, Metode Penelitian Sosial, Jakarta: Bumi Aksara, 1995

 Lets Belajar,  http://lets belajar.blogspot.com/2011/11/pengertian-dan-tujuan-jual-beli. html, di Akses pada tanggal 8 Desember 2013.

 Lukaman Fauroni Muhammad, Visi Al-Quran Tentang Etika Dan Bisnis. jakarta: aslemba Daniyah,2002.

 Mas‟ud Zainal AbidinIbnu ,fiqih mazhab syafi’i, Surabaya, Putra Pelajar, 2002.

 Muhammad bin shalih Al-„Utsaimin Syaikh, shahih Fiqih Wanita: menurut Al-Qur‟an  dan

As-Sunnah, Jakarta; Akbar Media, 2009.

 Sabiq, Sayyid, Fiqh Sunnaj, diterjemahkan oleh Nur Hasanuddin dengan judul, Fiqh Sunnah, Jakarta: Pena Pundi Aksara, 2006.

 Sulaiman Ahmad Yahya Al-faifi Syaikh, Ringkasan Fiqh Sunnah Sayyid   Sahiq, Jakarta: Pustaka Al-Kautsar, 2013.

 Suryabrata, Sumardi, metode Penelitian, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 1998.

 Syafe‟I, Rahmad, Fiqh Muamalah, Bandung Pustaka Setia, 2001

 Syatul Mahmud, islam aqidah wa syariah, mesir: Dar al-Qalam, 1966.

 Tanirej Tukiran,  Hidayati Mustafidah, Penelitian Kualitatif, Bandung: Alfabeta, 2011. Umar, Ashari, Fiqh Wanita, Semarang: Asy-Syifa‟, 1998.

 

Published

01-12-2019

Issue

Section

Articles

Citation Check