STRATEGI PEMASARAN PADA PT ANUGERAH ABADI GEMILANG UNIT DESA JALAJJA KECAMATAN BURAU KABUPATEN LUWU TIMUR (DITINJAU DARI PERSFEKTIF ISLAM)

Authors

  • MAHMUDDIN S IAIN Palopo, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.24256/joins.v3i2.1753

Abstract

Abstract

This research is used to describe how the marketing strategy at PT Anugerah Abadi Gemilang Unit of Jalajja village, Burau District, East Luwu Regency is viewed from an Islamic perspective, with the problem of how the marketing strategy carried out by PT Anugerah Abadi Gemilang to increase sales volume, how is the Islamic view of marketing strategies carried out by the PT Anugerah Abadi Gemilang Unit, the aim is to determine the marketing strategies carried out by PT Anugerah Abadi Gemilang in increasing sales volume, to find out the Islamic view of the strategies carried out by PT Anugerah Abadi Gemilang. The method used in this research is the sociological normative approach and the type of qualitative research, the research location is in Jalajja Village, the research subject is the leader of PT Anugerah Abadi Gemilang, the data sources are primary data sources and secondary data sources, data collection techniques are field research and library research. , as well as the data processing and analysis techniques used were comparative. Based on data from the results of the research conducted, it can be concluded that the marketing strategy at PT Anugerah Abadi Gemilang has an important role to play in increasing sales results, the forms of strategy that are taken are: Market division, marketing tricks, brochures and product displays. Marketing carried out by the PT Anugerah Abadi Gemilang Unit in accordance with the Islamic perspective is evidenced by several marketing activities used, including: Honesty and openness, but the buying and selling system carried out contains elements of usury in it.

Keywords: Marketing Strategy

 

Abstrak

Penelitian ini digunakan untuk memaparkan bagaimana strategi pemasaran pada PT Anugerah Abadi Gemilang Unit desa Jalajja Kecamatan Burau Kabupaten Luwu Timur ditinjau dari persfektif Islam, dengan masalah bagaimana strategi pemasaran yang dilakukan oleh PT Anugerah Abadi Gemilang untuk meningkatkan volume penjualan, bagaimana pandangan Islam tentang strategi pemasaran yang dilakukan oleh Unit PT Anugerah Abadi Gemilang, tujuannya adalah untuk mengetahui strategi pemasaran yang dilakukan oleh PT Anugerah Abadi Gemilang dalam meningkatkan volume penjualan, untuk mengetahui pandangan Islam terhadap strategi yang dilakukan oleh PT Anugerah Abadi Gemilang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu pendekatan sosiologis normatif dan jenis penelitian kualitatif, lokasi penelitian di Desa Jalajja, subjek penelitian adalah pimpinan PT Anugerah Abadi Gemilang, sumber data yaitu sumber data primer dan sumber data sekunder, tehnik pengumpulan data yaitu field research dan library research, serta tehnik pengolahan dan analisa data yang digunakan adalah komperatif. Berdasarkan data dari hasil penelitian yang dilakukan, dapat disimpulkan bahwa strategi pemasaran pada PT Anugerah Abadi Gemilang memiliki peran penting untuk meningkatkan hasil penjualan, bentuk-bentuk strategi yang dilakukan adalah: Pembagian pasar, Trik marketing, Brosur dan Pemajangan Produk. Pemasaran yang dilakukan oleh Unit PT Anugerah Abadi Gemilang sesuai dengan persfektif Islam itu dibuktikan dengan beberapa aktifitas pemasaran yang digunakan, diantaranya: Kejujuran dan keterbukaan, tetapi sistem jual beli yang dilakukan mengandung unsur riba didalamnya .

Kata Kunci : Strategi Pemsaran

 

References

DAFTAR PUSTAKA

Assuari Sofian , Manajemen Pemasaran,Jakarta: PT Raja Grafindo Persada, 2004

Ibrahim Johnny, Teori, Metode dan penelitian hukum normatif, (malang:Bayumedia Publising,2007 Irma (Bagian Penjualan PT Anugerah Abadi Gemilang) wawancara, 23 Juni 2016

Kementrian Agama RI, Al-Qur‟an dan terjemahannya, Jakarta: CV. Pustaka Agung Harapan, 2002 Kotler Philip dan Kelvin Lane Kaller, manajemen pemasaran, PT macana Jaya Cemerlang, 2007 Kotler Philip, Studi Kelayakan Bisnis, Yogyakarta: Andi Offset, 2010

Prof. Dr. Muhamad, Rubrik kajian kita, http://majalah pengusaha muslim.com/pemasaran-dalam-persfektif- Islam-2/ pada tanggal 11 mei 2016 pukul 09:12

Satori Djama‟an dan Komaria, Metode Penelitian, Jakarta: Kencana Media. 1995 Sugyono, Metode Penelitian Bisnis,Bandung: Alfabeta, 2008

Sukmadinata Nana Syaodih, Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2007 Swastha Basu, Manajemen Barang Dalam Pemasaran, ctk 1, 1987

Published

16-01-2021

Issue

Section

Articles

Citation Check